Sholawat Nariyah, Bacaan Shalawat serta Penjelasannya

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Sholawat Nariyah, Bacaan Shalawat serta Penjelasannya
اَللّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِى كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ


Artinya:
Ya Allah Tuhan Kami, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan yang sempurna atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW. Semoga terurai dengan berkahnya segala macam buhulan dilepaskan dari segala kesusahan, ditunaikan segala macam hajat, tercapai segala keinginan dan khusnul khotimah, dicurahkan rahmat dengan berkah pribadinya yang mulia. Kesejahteraan dan keselamatan yang sempurnah itu semoga Engkau limpahkan juga kepada para keluarga dan sahabatnya setiap kedipan mata dan hembusan nafas, bahkan sebanyak pengetahuan Engkau, Ya Tuhan semesta alam

Dari sekian banyak jenis sholawat yang ada, sholawat nariyah ini merupakan salah satu sholawat yang populer. Bedasarkan referensi yang ada, kami baru bisa menemukan petunjuk bahwasannya yang menciptakan sholawat ini adalah seseorang yang bernama As-Sanusy.

Hal tersebut diambil dari kitab Âtsâr ash-Shalawât al-Wâhidiyyah, akan tetapi kami masih belum bisa menentukan dan memastikan siapa nama lengkap dari As-Sanusyi dikarenakan yang menggunakan julukan ini sangatlah banyak.

Hanya saja, yang jelas sebutan As-Sanusyi ini adalah bentuk penobatan kepada tarekat sufi yang tersebar banyak di daerah maroko, yakni tarekat As-Sanusiyyah.

Banyak beredar kisah mengenai pembuat dari sholawat nariyah ini yang menyebutkan bahwasannya pembuatnya adalah Nariyah shahabat nabi. Hal ini belum dapat dipastikan ke validannya karena masih belum ada sumber jelas yang menceritakan kisah tersebut.

Perlu kita ketahui, bahwasannya membaca shalawat nariyah ini merupakan salah satu amalan yang disenangi oleh pengikut Nahdlatul Ulama.

Mereka percaya bahwasannya jika kita menghadapi masalah hidup yang sulit dipecahkan, maka tidak ada jalan lain selain dengan mengadukan persoalaan ini kepada Allah dan sholawat ini adalah merupakan salah satu jalan untuk mengadu kepada-Nya.
Baca Juga
  1. Dakwah Islamiyah Yang Relevan Di Ponpres
  2. Mengenal Sholat Sebagai Rukun Islam Ke Dua
  3. Shalawat Mukhathab, Bacaan Sholawat serta Penjelasannya
  4. Shalawat Munjiyat, Bacaan Sholawat serta Penjelasannya
  5. Shalawat Nur Al Anwar, Bacaan Sholawat serta Penjelasannya 
  6. Sholawat Al Nuraniyah atau Badawi Kubro, Bacaan Shalawat serta
  7. Sholawat Al-Fatih, Bacaan Shalawat serta Penjelasannya
  8. Sholawat Ibrahimiyah, Bacaan Shalawat serta Penjelasannya 
  9. Sholawat Nabi: Pengertian & Dalil-Dalil Berkenaan dengan Sholawat
  10. Sholawat Nariyah, Bacaan Shalawat serta Penjelasannya -
  11. Sholawat vs Shalawat, Mana yang Benar Penulisannya? 

Baca Juga:
  1. Alasan Kerennya Jadi Santri
  2. Dakwah Ala Santri Nusantara
  3. Dakwah Islamiyah Yang Relevan Di Ponpres
  4. Identitas Santri Dengan Karakter Yang Ramah
  5. Ideologi Santri Nusantara
  6. Kewaskitaan Organisasi Para Santri
  7. Memerangi Kemunafikan Ala Santri
  8. Santri Tidak Boleh Berbuat Sekehendaknya
  9. Sikap Santri Di Era Generasi Millenial
  10. Tantangan Dakwah Santri Zaman Mellennial
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT