Referensi Obrolan Secangkir Kopi Pahit

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Referensi Obrolan Secangkir Kopi Pahit
Blog Bitter Coffee Park dari perspektif Ilmu Sosial
Di warung kopi, para pengunjung bisa minum kopi bersama sambil berbincang-bincang, main catur atau nonton televisi.

Asas awal dalam kenyataannya, segmen pasar warung kopi dibatasi oleh nilai gender dalam masyarakat. 

Bahwa tidak semua orang dinilai pantas oleh masyarakat untuk minum di warung kopi. 

Berdasarkan jenis kelaminnya, hanya laki-lakilah yang dianggap wajar menjadi pelanggan ke warung kopi. 

Sebaliknya, perempuan sangat tidak lazim pergi ke warung kopi, konsekwensinya bila ada perempuan yang nekad menjadi pelanggan warung kopi, sebutan bukan perempuan baik-baik bisa dilekatkan padanya. 

Ketatnya pembagian nilai gender ini terutama berlaku di warung kopi yang berada di pedesaan. 

Keadaan ini tidak berlaku dengan ketat bagi masyarakat perkotaan, sehinggaTerkait dengan pembagian segmen konsumen berdasarkan gender ini, maka apa yang disajikan oleh warung kopi disesuaikan dengan selera pembelinya. 

Oleh sebab itu, demi menarik keuntungan sebanyak-banyaknya para pemilik kopi berlomba memuaskan selera pelanggannya yang hampir pasti laki-laki semua dengan hal-hal yang disukai laki-laki. 

Selain menu utama berupa kopi yang pada umumnya diidentikkan dengan laki-laki, warung kopi juga menyediakan pasangan abadinya, yakni rokok yang juga identik dengan laki-laki. 

Jadilah minum kopi sambil merokok menjadi aktivitas utama para pelanggan warung kopi. 

Menu lain, seperti makanan ringan, seperti pisang goreng, ubi goreng dan kue dapat dikatakan sebagai pelengkap sajian. 

Selain sajian tersebut, ditahun 2011 sebagian pemilik warung kopi menggunakan strategi klasik di wilayah Kota Tulungagung untuk membuat betah pelanggan laki-laki, yakni:
Mempekerjakan perempuan untuk menjadi pelayan yang berhadapan langsung dengan pelanggan.
Dari sinlah muncul fenomena Warung Pangku dikala itu.

Namun, perkembangan zaman mengubah sudut pandang tentang keberasaan kaum hawa di Warung Kopi. Setelah pensterilan Warung Kopi dari praktek Warung Pangku, kaum Hawa cenderung lebi familier berada di Warung Kopi sebagai penikmat cangkir kopi.

Dilihat dari perspektif ilmu sosial warung kopi inilah, Blog Bitter Coffee Park merupakan ruang publik yakni:
Tempat bertemunya pecinta Obrolan Warung Kopi untuk melakukan interaksi sosial di dunia Maya. 

Berbincang-bincang merupakan tradisi yang nyaris tidak terhindarkan ketika sebuah komunitas bertemu di Blog Bitter Coffee Park. 

Untuk itulah, dalam pergaulan sehari-hari dikenal istilah obrolan warung kopi, yakni perbincangan yang biasa terjadi di warung kopi sebagai Referensi Blog Bitter Coffee Park 

Beberapa tema obrolan yang biasa terjadi di Blog Bitter Coffee Parm antara lain:

  1. Kebijakan pemerintah, 
  2. Pergantian kekuasaan pemerintah, 
  3. Kehidupan pribadi tokoh terkenal, 
  4. Perselingkuhan, 
  5. Korupsi para pejabat, 
  6. Huru-hara rumah tangga seseorang, 
  7. Asmara, 
  8. Olahraga, 
  9. Hiburan dan lain-lain. 

Sebagai ruang publik mestinya Blog Bitter Coffee Park terbuka untuk semua orang. 

Siapa saja, dari kelas sosial manapun dan latar belakang profesi apapun dan berjenis kelamin apapun absah datang ke Blog Bitter Coffee Park dan melakukan pergaulan di dalamnya. 

Blog Bitter Coffee Park, adalah teman dari mereka yang sekedar ngobrol sana dan sini hingga mereka yang mencapai deal bisnis ratusan juta. Blog Bitter Coffee Park juga dapat menjadi saksi wajah ke-Indonesiaan kita dari dulu hingga kini seperti halnya Sebuah Warung Kopi.

Pesan yang tertuang dalam Blog Bitter Coffee Park:
Kita harus menyudahi menganggap yang bukan ilmu atau belum ilmu sebagai ilmu dan kebenaran. 
Jangan sampai kita salah sangka sehingga menganggap segala sesuatu sebagai sebab timbulnya perasaan terancam, kebingungan dan ketakutan. 

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

Referensi Perkembangan Getget Blog Bitter Coffee Park
BUSINESS
● Internet
Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standarsistem global Transmission Control Protocol/ Internet Protocol Suite (TCP/ IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internet working (antar jaringan). 

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board - IAB). 

Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti:
IP,  TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL. 

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah:
Email/ surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/ surat elektronikdan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. 

Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti:
Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter, Facebookdan lain sebagainya. 

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

● Market
Beberapa keputusan utama yang terlibat dalam keputusan pembelian dari pasar bisnis, diantaranya berkenaan dengan menentukan:
  1. Spesifikasi produk; 
  2. Batas harga; 
  3. Persyaratan waktu pengiriman; 
  4. Persyaratan layanan; 
  5. Persyaratan pembayaran; dan 
  6. Jumlah pemesanan. 

Keputusan yang diambil oleh para pembeli pada dasarnya dihubungkan dengan segi keinginannya dalam pemenuhan kebutuhan. Dan hal tersebut merupakan upaya dalam mencari suatu kepuasan. 

Dalam kegiatan pemasaran, pemahaman atas perilaku pembelian konsumen merupakan hal yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan. 

Sebuah alasan mengapa orang membeli produk tertentu (Product Buying motive) atau membeli pada penjual tertentu (Patronage Buying Motive), ini merupakan faktor yang sangat penting bagi penjual dalam menentukan program promosi yang efektif, desain produk, harga, saluran distribusi yang efektif dan beberapa aspek lain dari program pemasaran perusahaan. 

Motif yang ada pada seseorang akan mewujudkan tingkah laku yang diarahkan pada tujuan mencapai kepuasan. 

Sedangkan tingkah laku yang diarahkan pada tujuan dipengaruhi oleh pandangan seseorang. 

Oleh karena itu perlulah mengetahui mengapa konsumen bertingkah laku demikian. 

Dengan meninjau lebih jauh kita dapat mengetahui bahwa sebenarnya tingkah laku konsumen itu dimulai dengan suatu motivasi.

● Stock
Stock options adalah kontrak-kontrak yang memberikan kepada pemegangnya hak untuk membeli atau menjual suatu stock dengan menggunakan harga yang sudah ditentukan sebelum kontrak tersebut berakhir masa kadaluwarsanya. 

Apapun kata orang di luar sana, option adalah instrument keuangan yang ditujukan untuk investor sophisticated, bukan untuk pemula. 

Option memang sangat menguntungkan bagi yang menguasai ilmunya tapi juga sangat deadly di tangan orang yang tidak menguasainya.

DOWNLOAD
● DVD
DVD adalah cakram padat yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.

Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.

● Game 
Game adalah permainan yang menggunakan media elektronik, merupakan sebuah hiburan berbentuk multimedia yang di buat semenarik mungkin agar pemain bisa mendapatkan sesuatu sehingga adanya kepuasaan batin. Bermain game merupakan salah satu sarana pembelajaran. 

Game edukasi dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, untuk belajar mengenal warna, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. 

Desainer yang membuat game harus memperhitungkan berbagai hal agar game benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan yang memainkannya. 

Game edukasi di Indonesia bisa masyarakat temukan di berbagi toko buku, tempat hiburan, pameran atau bazar dan di sekolah-sekolah yang bekerja sama langsung dengan perusahaan pembuat game tersebut.

● Software 
> Office 
Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. 

Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer. 

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan bahasa peprograman yang ditulis oleh seorang perogramer untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware. 

Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat dijalankan. 

Perangkat lunak sistem operasi biasanya tersimpan di partisi C sehingga saat komputer mengalami masalah, partisi C yang terkena imbas. Perangkat lunak lain juga tersimpan di partisi C yang apabila komponen tidak lagi berjalan maksimal dapat diuninstal dan diinstal ulang. Data-data lain lebih baik disimpan di partisi D sehingga saat software terkena virus atau tidak berjalan normal kembali maka dapat diinstal ulang dan data penting dapat diselamatkan. 

Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu: 
  • Perangkat lunak aplikasi (application software) seperti pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti Open Office.org. 
  • Sistem operasi (operating system) misalnya Linux dan Windows. 
  • Perkakas pengembangan perangkat lunak (software development tool) seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan. 
  • Pengendali perangkat keras yaitu penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya. 
  • Perangkat lunak menetap/ Perangkat lunak tegar (firmware) seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh. 
  • Perangkat lunak bebas (free 'libre' software) dan Perangkat lunak sumber terbuka (open source software). 
  • Perangkat lunak gratis (freeware
  • Perangkat lunak uji coba (shareware/ trialware
  • Perangkat lunak perusak (malware)
PARENT CATEGORI
● Child Categori 1
  • Sub Child Categori 1 
  • Sub Child Categori 2 
  • Sub Child Categori 3

● Child Categori 2
● Child Categori 3
Child Categori 4

FEATURED
Unggulan sebuah Prodak

HEALTH
● Childcare
Dalam seharian pendidik harus menyiapkan kegiatan dan permainan yang menarik untuk anak-anak agar mereka tidak bosan dan tertarik untuk melakukan kegiatan tersebut. Setiap kegiatan yang dilakukan anak harus memberikan manfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. 

Kegiatan dan tema yang disiapkan, dipilih berdasarkan minat anak-anak. Selama mereka di Childcare, tidak ada televisi, pendidik hanya sesekali menggunakan ipad atau laptop untuk menunjukkan video tentang binatang atau film lain yang berhubungan dengan tema pada hari itu. Ipad dan laptop digunakan untuk menunjang kegiatan di Childcare. 

Pada pukul 5, biasanya anak-anak sudah mulai dijemput oleh orang tua. Anak-anak sangat senang ketika melihat orang tua mereka.

● Doctors
Organisasi kemanusiaan Dokter Lintas Batas (Médecins Sans Frontières/ MSF) mengundang Anda memasuki sebuah perjalanan visual tentang kenyataan yang dialami oleh pasien, pekerja medis, dan masyarakat di berbagai belahan dunia. 

Pameran foto ini menampilkan sisi kemanusiaan di balik wabah penyakit seperti Ebola, kesehatan perempuan di  wilayah miskin, dan krisis pengungsi terbesar di dunia saat ini. 

Tema No Borders dipilih untuk mengangkat semangat kemanusiaan yang tidak memandang ras, agama, maupun politik. 

Pameran ini juga menyuarakan betapa pentingnya melindungi keselamatan para pekerja kemanusiaan dan rumah sakit di tengah-tengah konflik. 

Staf lapangan MSF dari Indonesia akan turut hadir dalam rangkaian acara ini. 

MSF invites you to a visual and stimulating journey offering a glimpse of realities faced by our patients, health workers and people in different parts of the world. 
Three themes in powerful photos capture human suffering and the power of humanity amidst epidemics like Ebola, women’s health in impoverished areas, and the world’s worst refugee crisis that continues to unfold. The exhibition also highlights the call to protect hospitals and humanitarian workers in time of conflict and personally engage with MSF Indonesian field workers.

MUSIC
Terapi musik adalah proses interpersonal yang menggunakan musik untuk terapi aspek-fisik, emosional, mental, sosial, estetika, dan spiritual untuk membantu pasien dalam meningkatkan atau mempertahankan kesehatan mereka.

Dalam beberapa kasus, kebutuhan pasien ditangani langsung melalui musik; di kesempatan lain melalui hubungan yang berkembang di antara pasien dan terapis.

Terapi musik digunakan untuk individu dari segala usia dan dengan berbagai kondisi, termasuk untuk:
  • gangguan kejiwaan, 
  • masalah medis, 
  • cacat fisik, 
  • gangguan sensorik, 
  • cacat perkembangan, 
  • penyalahgunaan zat, 
  • gangguan komunikasi, 
  • masalah interpersonal, dan 
  • untuk orang-orang yang berada dalam proses penuaan. 
Terapi juga digunakan untuk:
  • meningkatkan konsentrasi belajar, 
  • meningkatkan harga diri, 
  • mengurangi stres, 
  • mendukung latihan fisik, dan 
  • memfasilitasi sejumlah aktivitas lainnya yang berhubungan dengan kesehatan. 
Salah satu catatan paling awal yang menyebutkan terapi musik berlokasi di (c. 872-950) Al-Farabi.

Makna risalah dari Akal menggambarkan efek terapi musik di jiwa.

Musik telah lama digunakan untuk membantu orang dalam mengatasi masalah emosi mereka. Pada abad ke-17, sarjana Robert Burton dalam The Anatomy of Melancholy berpendapat bahwa musik dan tari sangat penting dalam mengobati penyakit mental, terutama melankoli.

Dalam catatannya disebutkan, musik memiliki "kekuatan yang sangat besar untuk mengusir penyakit" dan menyebutnya sebagai "obat sangat ampuh dalam melawan keputusasaan dan melankolis."

Burton menunjukkan bahwa pada zaman purbakala, Canus, pemain biola Rhodian, menggunakan musik untuk "membuat seorang pria melankolis bergembira, kekasih lebih terpikat, seorang yang religius lebih saleh." 

Pada bulan November 2006, Dr Michael J. Crawford dan koleganya juga menemukan bahwa terapi musik membantu pasien skizofrenia.

Dalam Kekaisaran Utsmaniyah, penyakit mental diobati dengan musik

EDIT
● EDIT MENU 
The Edit menu is a menu-type graphical control element found in most computer programs that handle files, text or images. It is often the second menu in the menu bar, next to the file menu.

Whereas the file menu commonly contains commands about handling of files, such as open, save, and print, the edit menu commonly contains commands relating to the handling of information within a file, e.g. cut and paste and selection commands. In addition, it may also be home to the undo and redo commands, especially in word processors. It may also contain commands for locating information, e.g. find commands. In graphics-oriented programs, it often contains commands relating to the manipulation of images, for example the crop command. 

● ONLINE EDITTING 
Online editing is a post-production linear video editing process that is performed in the final stage of a video production. It occurs after offline editing. For the most part, online editing has been replaced by video editing software that operate on non-linear editing systems (NLE). High-end postproduction companies still use the Offline-Online Editing workflow with NLEs.

The term online originated in the telecommunication industry, meaning "Under the direct control of another device" (automation). Online editors such as the Sony BVE-9000 edit control unit used the RS-422 remote control 9-Pin Protocol to allow the computer-interface of edit controllers to control video tape recorders (VTR) via a series of commands. The protocol supports a variety of devices including one-inch reel-to-reel type C videotape as well as videocassette recorders (VCR) to Fast-Forward, Rewind and Play and Record based on SMPTE timecode. The controllers have the ability to interface with professional audio equipment like audio mixers with console automation.

The video quality first introduced with Avid'sMedia Composer in 1989 was incapable of producing broadcast quality images due to computer processing limitations. The term 'Online' changed from its original meaning to where the pictures are re-assembled at full or 'online' resolution. An edit decision list (EDL) or equivalent is used to carry over the cuts and dissolves created during the offline edit. This conform is checked against a video copy of the offline edit to verify that the edits are correct and frame-accurate. This workprint (cutting copy in the UK) also provides a reference for any digital video effects that need to be added. 

After conforming the project, the online editor will add visual effects, lower third titles, and apply color correction. This process is typically supervised by the client(s). The editor will also ensure that the program meets the technical delivery broadcast safe specs of the broadcaster, ensuring proper video levels, aspect ratio, and blanking width. 

Sometimes the online editor will package the show, putting together each version. Each version may have different requirements for the formatting (i.e. closed blacks), bumper music, use of a commercial bumper, differentclosing credits, etc. 

Projects may be re-captured at the lowest level of video compression possible-ideally with no compression at all.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT