Persahabatan Dengan Blog Bitter Coffee Park

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Persahabatan Dengan Blog Bitter Coffee Park
Selamat hari persahabatan sedunia, 30 Juni! 
  • Siapa diantara Sahabat Bitter yang mempunyai sahabat kecil yang masih awet hingga sekarang? Selain itu, 
  • Apakah Sahabat Bitter tahu pentingnya menjaga persahabatan? 
Ternyata, persahabatan itu bisa berdampak besar lho pada kesehatan fisik dan pikiran kita.

Setiap tahun ada beberapa hari yang dirayakan khusus untuk ibu, ayah, dan kekasih. Tak adil bukan jika tidak ada hari yang ditujukan untuk seseorang yang biasa menjadi sahabat terdekat kita.

Ternyata, ada peringatan hari untuk sahabat. Hari persahabatan ini biasanya diperingati setiap minggu pertama bulan Agustus. Jadi tahun ini, hari persahabatan jatuh pada 6 Agustus.

Ketika masih bersekolah, rasanya jauh lebih mudah ya untuk berteman. Dikelilingi oleh orang-orang yang seusia dengan minat yang sama, wajar saja kita dapat membentuk banyak pertemanan.

Namun, seiring bertambahnya usia, jumlah teman yang kita miliki cenderung menurun.

Ternyata ini merupakan hal yang wajar. 

Penurunan jumlah sahabat ini biasanya sesuai dengan peristiwa besar yang telah terjadi dalam hidupmu.

Ketika Sahabat Bitter lulus, mendapatkan pekerjaan, dan menjadi orang tua, jumlah orang dengan minat yang sama di sekitar Sahabat Bitter pun cenderung menurun.

Selain itu, kehidupan Sahabat Bitter pun menjadi sangat sibuk kan?
Walau hanya memiliki sedikit sahabat seiring bertambahnya usia, persahabatan ini bisa menjadi persahabatan yang lebih dekat dibandingkan dengan sahabat saat bersekolah dulu lho.

Di Hari Persahabatan Sedunia ini, mari pahami pentingnya menjaga persahabatan di bawah ini!

Banyak sahabat bisa memperpanjang umur Sahabat Bitter
Orang-orang yang memiliki hubungan sosial yang kuat cenderung berumur lebih panjang daripada orang yang terisolasi. Bahkan, menurut penelitian tahun 2010, pengaruh ikatan sosial pada rentang kehidupan terbilang dua kali lebih kuat dibandingkan dengan berolahraga.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti meneliti 148 studi tentang hubungan antara hubungan sosial dan kematian, yang mencakup lebih dari 300.000 peserta. Studi-studi ini mengatakan bahwa ukuran kekuatan hubungan sosial seseorang, mulai dari jumlah teman hingga kontribusi ke dalam masyarakat, semuanya berkaitan dengan menurunnya angka kematian.

Sahabat bisa membuat Sahabat Bitter menjadi lebih sehat
Menggunakan empat penelitian besar yang mencakup ribuan peserta, para peneliti membandingkan tekanan darah, indeks massa tubuh, lingkar pinggang dan ukuran lainnya. Para peneliti pun menemukan bahwa ukuran kesehatan ini lebih buruk pada orang-orang yang memiliki ikatan sosial yang lebih lemah.

Persahabatan dapat menjaga agar pikiran Sahabat Bitter selalu tajam
Memiliki teman yang membuat Sahabat Bitter merasa nyaman bisa menjadi kunci untuk kesehatan yang lebih baik. Sebuah studi pada tahun 2012 menemukan bahwa adanya hubungan antara resiko terkena penyakit demensia pada orang tua dengan perasaan kesepian mereka.

Studi ini diikuti oleh lebih dari 2.000 penduduk Belanda berusia 65 tahun ke atas selama tiga tahun. Tak satu pun dari peserta memiliki penyakit demensia pada awal penelitian, tetapi 13,4 persen dari mereka yang mengatakan mereka merasa kesepian pada awal penelitian lama kelamaan memiliki penyakit demensia selama masa studi, dibandingkan dengan 5,7 persen yang tidak merasa kesepian.

Nah, itulah dia pentingnya menjaga persahabatan! Hayo, apakah Sahabat Bitter ingat terakhir kali Sahabat Bitter memberikan hadiah kepada sahabat kalian?

Selamat Hari Persahabatan Sedunia ya, Sahabat Bitter!
Orang bijak berkata, 'jika ingin mengenal seorang pria, lihatlah bagaimana teman-temannya!' Kita semua memang terlahir dengan keluarga, tapi teman, umumnya kita yang memilih sendiri. Mereka turut membentuk kepribadian, mereka juga yang menguatkan di saat kita rapuh.

Dilansir Indian Expresss, tradisi ini awalnya dimulai di Amerika Serikat tahun 1935, tapi sebenarnya kalau dilihat lagi, perayaan itu telah ada sejak tahun 1919. Di setiap negara, hari persahabatan dirayakan di tanggal yang berbeda.

Oberlin, Ohio misalnya, merayakan hari persahabatan setiap tanggal 8 April. Sedangkan di India dan beberapa negara lainnya merayakan setiap minggu pertama bulan Agustus.

Joyce Hall, sebuah perusahaan kartu awalnya merayakan hari persahabatan pada 1930. Selama itu, hari persahabatan dipromosikan lewat kartu ucapan, tapi terkadang orang menduga ini hanyalah permainan untuk meningkatkan sifat konsumtif masyarakat.

Tapi di 1998, Nane Annan, istri dari Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan, mendeklarasikan beruang lucu Winnie the Pooh sebagai duta global dari persahabatan di PBB.

Di India, Nepal dan Bangladesh, membuat hari ini berharga. Teman biasanya akan memberikan gelang warna warni yang dipasang di bagian pergelangan tangan untuk mengekspresikan rasa sayang mereka. Tak hanya itu, mereka juga memberi hadiah kejutan dengan memberikan bunga atau kartu ucapan.

Wah, jadi tahu ya ternyata ada hari untuk persahabatan juga. Di Indonesia sendiri, sebuah kedai kopi ternama memberikan minuman beli satu gratis satu untuk memperingati hari persahabatan ini. Hari Persahabatan juga dirayakan di media sosial, seperti Facebook melalui posting gambar dan kartu ucapan.

Berikut kartu-kartu ucapan hari persahabatan dengan kata-kata indah persahabatan.

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT