Spiritual Alam Semesta (Tanda Pencapaian Spiritualitas Tinggi)

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Spiritual Alam Semesta (Tanda Pencapaian Spiritualitas Tinggi)
Keberhasilan mengolah Guru Sejati, tatarannya akan dapat dicapai apabila kita sudah benar-benar lepas dari basyor atau raga/ tubuh. Yakni jiwa yang telah merdeka dari penjajahan jasad. 

Bukan berarti kita harus meninggalkan segala kegiatan dan aktivitas kehidupan duniawi, itu salah besar !! 

Sebaliknya, kehidupan duniawi menjadi modal atau bekal utama meraih kemuliaan baik di dunia maupun kelak setelah ajal tiba. 

Maka seluruh kegiatan dan aktivitas kehidupan duniawi sudah tidak dicemari oleh hawa nafsu. Kebaikan yang dilakukan tidak didasari pamrih; sekalipun dengan mengharap-harap iming-iming pahala-surga, atau takut ancaman dosa-neraka. 

Melainkan kesadaran makrokosmos dan mikrokosmos akan kodrat manusia sebagai makhluk Tuhan, hendaklah memposisikan diri bukan sebagai seteruNya, tetapi sebagai “sekutu-Nya”, sepadan dan merasuk ke dalam gelombang Ilahiah. 

Kesadaran spiritual bahwa kemuliaan hidup kita apabila kita dapat bermanfaat untuk kebaikan bagi sesama tanpa membeda-bedakan masalah sara. 

Orang yang memiliki kesadaran demikian, hakekat kehendaknya merupakan kehendak Tuhan. 

Apa yang dikatakan menjadi terwujud, setiap doa akan terkabul. Ucapannya diumpamakan “idu geni” (ludah api) yang diucapkan pasti terwujud. Kalimatnya menjadi “Sabda Pendita Ratu”, selalu menjadi kenyataan.

Selain itu, tataran tinggi pencapaian “ilmu batin/ spiritual” dapat ditandai apabila kita dapat menjumpai wujud “diri” kita sendiri, yang tidak lain adalah Guru Sejati kita. 

Lebih dari itu, kita dapat berdialog dengan Guru Sejati untuk mendengarkan nasehat-nasehatnya, petuah dan petunjuknya. 

Guru sejati berperan sebagai “mursyid” yang tidak akan pernah  bicara omong kosong dan sesat, sebab Guru Sejati sejatinya adalah pancaran dari gelombang Yang Maha Suci. 

Di sana lah, kita sudah dekat dengan relung ’sastra jendra hayuning rat’ yakni ilmu linuwih, “ibu” dari dari segala macam ilmu, karena mata (batin) kita akan melihat apa-apa yang menjadi rahasia alam semesta,  sekalipun tertutup oleh pandangan visual manusia maupun teknologi.

Tanda-tanda pencapaian itu antara lain, kadang seseorang diizinkan Tuhan untuk mengetahui apa yang akan terjadi di masa mendatang, melalui vision, mimpi, maupun getaran hati nurani. Semua itu dapat merupakan petunjuk Tuhan. 

Maka tidak aneh apabila di masa silam nenek moyang kita, para leluhur bumi nusantara yang memperoleh kawaskitan, kemudian menuangkannya dalam berbagai karya sastra kuno berupa; suluk, serat, dan jangka atau ramalan (prediksi). 

Jangka atau prediksi diterima oleh budaya Jawa sebagai anugerah besar dari Tuhan, terkadang dianggap sebagai peringatan Tuhan, agar supaya manusia dapat mengoreksi diri, hati-hati, selalu eling-waspadha dan melakukan langkah antisipasi.

SALAM DAMAI, SALAM RAHAYU ALAM SEMESTA
Baca Juga
  1. Spiritual Alam Semesta
  2. Spiritual Alam Semesta (ANASIR ASING)
  3. Spiritual Alam Semesta (Hakekat Guru Sejati)
  4. Spiritual Alam Semesta (Hukum Alam Semesta)
  5. Spiritual Alam Semesta (Konsep Raga Sukma)
  6. Spiritual Alam Semesta (Mengoleh Guru Sejati)
  7. Spiritual Alam Semesta (Ngaji Kitab Garing Lan Teles)
  8. Spiritual Alam Semesta (Pentingnya Guru Sejati)
  9. Spiritual Alam Semesta (Perjalanan Malam)
  10. Spiritual Alam Semesta (Tanda Pencapaian Spiritualitas Tinggi)
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT