Memahami Sistem Klik Google AdSense

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Memahami Sistem Klik Google AdSense
Google AdSense adalah program kerja sama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik. (Sumber: wikipedia).

CTR (Click Through Rate)
CTR (Click through rate) atau RKT (dalam bahasa indonesia) merupakan sebuah istilah di Google AdSense yang menjelaskan jumlah klik yang diterima iklan dibagi dengan jumlah tayang halaman yang dipasangi iklan tersebut dikali 100%. 

Jumlah halaman tayang tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang dipasang pada halaman tersebut, jika didalam satu halaman kita memasang 3 unit iklan adsense, kemudian halaman tersebut tayang sebanyak 1 kali, maka jumlah tayangnya tidak lantas menjadi 3 namun tetap jumlah tayangnya adalah 1 kali, berikut ilustrasi untuk menghitung CTR, jika blog atau situs yang kita miliki memiliki 1000 pageviews dan iklan yang diklik berjumlah 10 klik, maka CTR situs Sahabat Bitter adalah (10/ 1000 x 100%) = 1%. 

CTR semakin tinggi CTR mengindikasikan jumlah klik yang banyak, CTR juga bisa menjadi tolak ukur google adsense untuk mengidentifikasi kecurangan klik, tugas kita sebagai publisher untuk mendapatkan penghasilan yang lebih baik dari google adsense adalah mengupayakan untuk meningkatkan nilai CTR.

Berikut beberapa tips untuk meningkatkan nilai CTR google adsense:
1. Tata Letak Iklan AdSense
Posisi terbaik untuk adsense adalah meletakan iklan adsense pada titik-titik strategis dalam halaman blog atau situs sahabat bitter, titik strategis adalah sebuah area dalam halaman blog yang memungkinkan mendapat banyak perhatian pengunjung, dengan meletakan iklan adsense pada lokasi tersebut disinyalir berpeluang untuk mendapatkan klik lebih banyak dari pengunjung.

Beberapa lokasi terbaik iklan adsense adalah sebagai berikut:
  1. Diatas Postingan setelah judul, ini bisa menjadi titik awal pengunjung ketika membaca isi artikel postingan dan bisa menjadi lokasi strategis untuk google adsense.
  2. Di sidebar, sidebar biasanya tempat memasang widget blog seperti popular post, arsip blog dan ini bisa dijadikan alternatif kedua oleh pengunjung untuk melihat artikel-artikel yang dianggap menarik oleh mereka, dan lokasi sidebar bisa menjadi lokasi strategis untuk meletakan iklan adsense.
  3. Di bawah Setelah postingan, lokasi ini juga bagus untuk meletakan iklan adsense, pengunjung pada umumnya akan membaca artikel sampai pada batas artikel tersebut, ini harus sahabat bitter manfaatkan untuk meletakan iklan adsense, di ujung berakhirnya artikel, sehingga iklan akan memiliki kesempatan diklik lebih baik.

2. Warna Iklan AdSense
Menggunakan warna yang tepat akan membantu membuat unit iklan AdSense Sahabat Bitter lebih terlihat oleh pengunjung situs sahabat bitter. 

Warna juga memainkan peran penting dalam apakah membuat pengunjung klik, atau menjauh dari iklan. 

Pilihlah warna yang cocok dengan template blog sahabat bitter, namun sedikit dibuat mencolok agar iklan adsense lebih kelihatan dan bisa mendapatkan perhatian khusus dari pengunjung.

3. Format Ukuran Iklan AdSense
Pilihlah format iklan yang tepat, satu iklan dengan iklan yang lainnya memiliki ukuran yang berbeda tergantung dari advertiser ketika mereka melakukan pendaftaran, biasanya antara iklan yang satu dengan iklan yang lain akan memiliki nilai klik (CPC) yang berbeda satu sama lain, sebagai publisher kita harus bisa memilih iklan yang memang banyak diminati oleh pengiklan atau advertiser, ketika bentuk iklan banyak bersaing, maka nilai CPC untuk iklan tersebut akan meningkat dan pada umumnya yang akan banyak ditampilkan di halaman situs yang relevan adalah iklan yang memiliki nilai CPC yang tinggi, beberapa pilihan iklan yang cukup baik adalah iklan dengan ukuran 300 x yyy atau iklan dengan ukuran yyy x 600.

4. Pilihlah Iklan Gambar Dan Text Iklan AdSense
Sahabat Bitter sebagai publisher diberi kebebasan untuk menentukan pilihan terhadap unit iklan yang sahabat bitter pasang, sahabat bitter bisa memilih gambar, text saja atau menggabungkan keduanya gambar dan text, sehingga iklan akan silih berganti menampilkan iklan bergambar dan iklan text saja.

Untuk mendapatkan nilai CTR yang lebih baik sebaiknya ketika kita memutuskan untuk memilih format iklan, pilihlah format iklan dengan gambar dan text sehingga iklan lebih bervariasi dan bisa meningkatkan klik dari pengunjung.

5. Jumlah Unit Iklan AdSense Dalam 1 Halaman
Adsense memberi batas pemasangan iklan untuk satu halaman adalah sampai 8 unit iklan, sahabat bitter harus selectif dalam memutuskan untuk memasang iklan dengan jumlah tertentu, memasang iklan dengan jumlah maksimal bisa saja mendapatkan peluang banyak klik dari pengunjung, namun bisa saja iklan tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengunjung, dan harus diketahui semakin banyak iklan nilai untuk tiap klik iklan tersebut akan berkurang, oleh karena itu pilihlah jumlah yang tepat untuk iklan yang kita pasang dalam halaman. 

Disini bitter menyarankan sampai dengan 3 iklan saja dalam tiap halaman, 2 iklan dengan ukuran 300 x sekian, sedangkan yang lainnya kita pilih berukuran sekian x 600.

6. Gunakan AdSense Untuk Pencarian
Kebanyakan website di web saat ini menggunakan konsep Content Management System (CMS), termasuk blog atau wordpress, dan satu hal yang sama di antara mereka adalah bahwa mereka menyediakan fungsi pencarian untuk konten situs. 

Gantilah dengan AdSense untuk pencarian, dengan demikian melalui fasilitas tersebut dapat meningkatkan nilai CTR menjadi lebih baik, bahkan sahabat bitter dapat melihat beberapa situs terkenal dari luar negeri banyak menggunakan fasilitas adsense pencarian, trik yang mereka pakai adalah, mereka tidak menyajikan menu khusus untuk artikel mereka, ketika pengunjung mencari sesuatu terpaksa pengunjung harus memanfaatkan kotak pencarian yang sudah terpasang adsense, dengan demikian peluang mendapatkan penghasilan adsense akan semakin baik.

7. Eksperimen
Teruslah bereksperimen sehingga bisa menemukan solusi yang tepat untuk iklan adsense yang sahabat bitter pasang, yang terpenting adalah bagaimana cara sahabat bitter mengupayakan agar sahabat bitter bisa mendapatkan nominal uang yang banyak dari google adsense, tentunya bukan dengan cara yang tidak diizinkan.

Memahami Page View, CPC, CTR Dan RPM Dalam Adsense
Ketika sahabat bitter berinteraksi dengan google adsense, sahabat bitter akan mengenal beberapa istilah yang sering sahabat bitter jumpai ketika memantau perkembangan pendapatan adsense yang sahabat bitter miliki, beberapa istilah tersebut diantaranya adalah Page Impression, CPC, CTR, CPM dan eCPM.

Debenarnya istilah tersebut adalah informasi analisa yang di berikan oleh google adsense untuk para publishernya, menyangkut data yang berkaitan dengan penghasilan adsense yang mereka dapatkan.

1. Page View
Page View/ Page impression atau impressi bisa sahabat bitter terjemahkan "Tampilnya halaman", adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung kode unit iklan ditampilkan oleh pengunjung blog atau situs, nilainya tidak dipengaruhi oleh jumlah iklan yang kita letakan pada halaman tersebut, jika iklan yang sahabat bitter letakan pada halaman yang ditampilkan berjumlah 3 buah unit iklan, kemudian halaman tersebut tampil sebanyak 10 kali, maka Page impressionnya tetap saja adalah 10.

Istilah Impression bukan hanya pada google adsense, namun istilah ini dikenal juga untuk webmaster tool, jika di google adsense impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan adsense tampil.

Sedangkan untuk di webmaster istilah impression berkaitan dengan jumlah halaman ditemukan oleh mesin pencari berdasarkan kata kunci yang dijadikan kriteria pencarian, semakin banyak impression maka itu menunjukkan bahwa halaman dalam blog sahabat bitter mudah ditemukan oleh mesin pencari.

2. Click
Untuk mendifinisikan klik yang berkaitan dengan unit iklan adsense adalah bahwa klik disini mengandung arti akumulasi jumlah klik yang diperoleh oleh setiap unit iklan adsense yang kita pasang.

3. CPC (Cost Per Click
CPC adalah istilah yang sering kita dengar dalam google adsense, CPC (Cost Per Click) adalah biaya yang ditawarkan oleh advertiser (si pemasang iklan) untuk tiap klik iklannya, setiap kali iklan adsense tersebut di klik pengunjung maka dollar yang akan kita dapatkan sejumlah nilai CPC untuk iklan tersebut. semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan dollar dari iklan tersebut.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya,

Google sangat merahasiakan nilai CPC untuk setiap iklannya, hanya advertiser dan pihak google adsense saja yang lebih tahu mengenai nilai CPC untuk tiap unit iklannya, namun untuk saat ini ada tool yang bisa kita gunakan untuk memprediksi nilai CPC.

Nilai CPC untuk tiap unit iklan berbeda satu sama lain tergantung dari kata kunci tertentu, salah satu tool yang sangat recomended untuk menemukan kata kunci yang memiliki nilai CPC tinggi atau lebih dikenal dengan istilah high paying keyword adalah SEMRush,

4. CTR (Click Through Rate)
CTR (Click throught rate) adalah perbandingan dalam bentuk persentase untuk menghitung antara jumlah klik dan jumlah unit iklan adsense yang bersangkutan tampil.

Jika iklan tampil sebanyak 1000 kali, kemudian iklan tersebut mendapatkan klik sejumlah 10 kali maka nilai CTR nya dapat sahabat bitter hitung sebagai berikut (10/1000 x 100%)=1%, jadi jika dalam 1000 kali tampil, iklan mendapatkan klik pengunjung sebanyak 10 kali, berarti nilai CTR untuk iklan tersebut adalah 1%.

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, perilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau perilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan.

Nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jika nilai CTR lebih dari 100%.

Berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali.

Sahabat bitter harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense sahabat bitter mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%.

Jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense sahabat bitter dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.

5. RPM (Rvenue Pet Thoushand Impression)
RPM  adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan $200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar $4 (nilai tersebut didapat dari perhitungan [jumlah penghasilan/ (impressi/ 1000)] = (200/ (50.000/ 1000) = 200/ 50 = 4.

6. Estimated Earning
Estimated Earning adalah perkiraan jumlah penghasilan yang sahabat bitter peroleh dari iklan adsense yang kita pasang, nilai estimated earning adalah hasil kali antara Jumlah click dengan CPC.

Semakin besar nilai CPC maka akan semakin besar pula estimated earning yang akan sahabat bitter perolehi, kemudian juga semakin banyak jumlah klik iklan itu akan semakin besar pula pendapatan yang sahabat bitter perolehi.

Mendapatkan Uang Dari Internet Dengan AdSense
Untuk mendapatkan uang dari internet saat ini bukan hanya sekedar wacana, karena sudah banyak sekali peluang yang bisa sahabat bitter lakukan sehingga hanya bermodalkan koneksi internet mendapatkan uang dari internet bisa menjadi kenyataan.

Mungkin untuk orang awam akan sedikit bingung namun untuk orang yang sudah mengetahui celahnya hal ini bukan merupakan sesuatu yang sulit, modal dasarnya adalah kemauan, ulet, kerja keras pantang menyerah dan koneksi internet itu sudah cukup untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari internet.

Ada banyak celah yang bisa sahabat bitter manfaatkan bagaimana memanfaatkan koneksi internet untuk mendapatkan penghasilan.

Jika aktivitas sahabat bitter kebetulan sering online dan berselancar diinternet peluang tersebut sebaiknya dimanfaatkan dengan baik, cobalah untuk mulai memikirkan bagaimana caranya bisa mendapatkan uang dari internet.

Salah satu yang akan bitter coba bahas pada artikel kali ini adalah mengenai salah satu Cara yang cukup efektif dan memang sudah terbukti menghasilkan uang melalui internet, cara itu adalah bermain google adsense.

Syarat Untuk Menjadi Publisher Google AdSense
Publisher adalah orang memiliki hak untuk mempromosikan iklan dari suatu penyedia iklan tertentu, salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet adalah menjadi publisher google adsense.

Google adsense adalah penyedia iklannya, advertiser adalah si pemasang iklan dan sahabat bitter ada diposisi publisher, untuk menjadi publisher adsense, bukan merupakah hal yang mudah.

Seperti halnya mencari kerja, untuk menjadi publisher adsense sahabat bitter wajib mengajukan lamaran pendaftaran terlebih dulu.

Baru ketika lamarannya diterima, sahabat bitter akan diberikan izin untuk memasang iklan dari google adsense, tentunya iklan tersebut akan menghasilkan uang, yang bisa sahabat bitter ambil.


Adsense saat ini adalah media periklanan yang sangat dipercaya dan terbukti banyak orang sukses baru dengan hanya menggeluti bisnis online adsense ini.

Untuk menjadi publisher adsesne ada beberapa syarat yang harus sahabat bitter persiapkan dengan baik yaitu:

a. Harus Memiliki Blog.
Salah satu modal dasar untuk mengajukan pendaftaran menjadi publisher google adsense adalah sahabat bitter diharuskan memiliki blog.

Blog tersebut adalah salah satu syarat ketika sahabat bitter mengajukan pendaftaran adsense.

Umtuk artikel kali ini sahabat bitter akan fokus ke blog untuk melakukan pendaftaran menjadi publisher adsense, melalui blog tersebut sahabat bitter bisa meletakan unit iklan adsense yang sahabat bitter dapatkan dari google adsense setelah pengajuan pendaftaran kita disetujui.

Jika sahabat bitter belum memiliki blog, mulailah dari sekarang buatlah blog terlebih dahulu.

b.  Rajin Menulis Artikel
Modal dasar ketika sahabat bitter memiliki blog adalah kemampuan menulis artikel dan terbitkanlah artikel-artikel yang bermanfaat.

Semakin banyak artikel yang sahabat bitter terbitkan seiring waktu akan meningkatkan trafik pengunjung.

Fokuslah untuk meningkatkan trafik dengan cara-cara yang benar, semakin banyak trafik maka peluang mendapatkan penghasilan dari internet melalui blog akan semakin besar.

Situs sekelas facebook atau situs-situs sekelas google, bisa menjadikan pemiliknya triliuner itu dikarenakan situs tersebut memiliki trafik dalam jumlah yang luar biasa banyak.

Sama halnya untuk blog yang sahabat bitter miliki semakin banyak pengunjung maka itu adalah faktor yang menentukan besar kecilnya penghasilan sahabat bitter dari internet, uang yang akan sahabat bitter dapatkan dari bisnis online berbanding lurus dengan trafik blog yang sahabat bitter dapatkan.

c. Diterima Menjadi Publisher Google AdSense
Setelah sahabat bitter memiliki syarat-syarat diatas, langkah berikutnya adalah mengajukan pendaftaran untuk menjadi publisher google adsense.

Jangan khawatir dengan modal, malahan untuk menjadi publisher adsense sahabat bitter tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis, namun kita sebelumnya harus menyiapkan blog terlebih dahulu agar mudah diterima, membuat blog.

Mengisi blog dengan artikel dan merangkul pengunjung, dan jika artikel kita sudah cukup banyak kemudian pengunjung mulai berdatangan, berarti itu tandanya blog tersebut sudah siap sahabat bitter daftarkan.

Cobalah untuk mendaftar adsense melalui blog, karena kemungkinan diterima sebagai publisher adsense semakin besar.

d. Usia Minimal 18 Tahun
Untuk menjadi publisher google adsense usia sahabat bitter minimal adalah 18 tahun.

Google adsense akan mereview pendaftaran sahabat bitter melalui email yang sahabat bitter gunakan sekaligus memeriksa data pribadi sahabat bitter yang sahabat bitter buat melalui email.

Jika usia sahabat bitter lebih kecil dari 18 tahun, sebenarnya sahabat bitter bisa daftar dengan menggunakan email yang sahabat bitter isi dengan data manipulasi terutama data untuk tanggal lahir sehingga sahabat bitter terkesan memiliki umur lebih dari 18 tahun.

Selama sahabat bitter tidak ketahuan, dan cara seperti itu memang sulit untuk dideteksi bahkan oleh google sendiri.

Cara Kerja Google AdSense Sehingga bisa Menghasilkan Uang

Adsense sebenarnya adalah media periklanan milik google yang dapat membantu si pengiklan atau advertiser untuk mengiklankan produk atau brand yang dimilikinya.

Google adsense sebagai pemilik raksasa situs pencarian yang memiliki pengunjung miliaran orang menyajikan media khusus untuk membantu mengiklankan iklan para pengiklan tentu saja dengan biaya khusus.

Aplikasi untuk memfasilitasi antara advertiser dengan google adalah google adwords dan melalui situs tersebutlah pengiklan dapat beriklan.

Karena banyaknya iklan, google membuat aplikasi khusus untuk membantu mempromosikan iklan yang dikelolanya, aplikasi tersebut adalah google adsense.

Untuk mempermudah mempromosikan iklannya google melakukan kerja sama dengan para blogger atau pemilik situs tertentu, melalui aplikasi google adsense.

Pemilik blog atau situs bisa mengajukan pendaftaran untuk menjadi publisher, tentu saja salah satu syaratnya adalah memiliki blog yang memang mendukung.

Decara kronologi kurang lebih akan seperti ini:
Advertiser ---->Google Adwords-------->GOOGLE<--------Google Adsense<-------Publisher 
Setelah iklan sahabat bitter pasang pada halaman blog, langkah Blogger adalah mengupayakan dengan cara yang benar untuk merangkul pengunjung sebanyak-banyaknya, semakin banyak pengunjung maka peluang pengunjung mengeklik iklan akan semakin besar, ketika iklan diklik maka sahabat bitter akan mendapatkan komisi dari iklan tersebut.

Pendaftaran yang sahabat bitter lakukan kemudian akan direview secara manual, dan jika blog sahabat bitter memenuhi kriteria mereka.

Sahabat bitter pada akhirnya akan diterima menjadi publisher adsense.

Sahabat bitter akan diberi halaman khusus google adsense melalui akun tersebut sahabat bitter akan diberi daftar unit iklan yang harus sahabat bitter pasang pada blog sahabat bitter, sekaligus juga disediakan rekening virtual yang berfungsi untuk memonitor penghasilan Google adsense sahabat bitter.

Melalui akun adsense tersebutlah sahabat bitter bisa mengelola adsense milik sahabat bitter untuk dipasang pada halaman blog yang kita miliki.

Metode yang digunakan google adsense untuk komisi para publishernya dikenal sebagai CPC (Cost per click) biaya per click, dengan kata lain sahabat bitter akan dibayar atau mendapatkan komisi dari iklan yang kita pasang jika ada pengunjung yang mengeklik iklan yang sahabat bitter pasang pada halaman blog sahabat bitter, dan sahabat bitter akan dibayar menggunakan dolar.

Perolehan uang yang sahabat bitter dapatkan akan bisa kita lihat informasinya melalui fasilitas yang terdapat dalam akun adsense.

Secara tidak langsung pendapatan sahabat bitter dari klik pengunjung, akan masuk melalui rekening virtual yang terdapat dalam akun adsense milik sahabat bitter.

Uang tersebut tentu saja bisa sahabat bitter ambil, saat ini ambang batas pembayaran Google adsense adalah minimal 100$, jika uang sudah terkumpul minimal USD $100 baru uang tersebut dapat sahabat bitter cairkan.

Cara termudah mengambilnya yaitu menggunakan Western union pengambilan bisa sahabat bitter lakukan melalui kantor pos atau bank-bank yang bekerja sama dengan western union.

Cara Aman Bermain Google Adsense
Saat ini untuk menjadi publisher Google adsense sepertinya bukan hal yang mudah.

Sahabat bitter dituntut untuk memenuhi persyaratan yang memenuhi kebijakan mereka, dan hanya blog-blog yang menurut mereka memenuhi persyaratan saja yang akan diterima menjadi publishernya.

Suatu kebanggaan tersendiri ketika sahabat bitter berhasil diterima menjadi publisher adsense.

Yang harus sahabat bitter lakukan setelah berhasil diterima adalah menjaga akun adsense sahabat bitter agar terus berjalan dan tidak terkena banned.

Karena perlu diketahui adsense adalah salah satu media periklanan yang super sensitif dan rawan banned. kesalahan sedikit saja bisa menyebabkan akun sahabat bitter di nonaktifkan.

Jenis Banned Google Adsense
Ada beberapa jenis banned pada google adsense yang harus sahabat bitter waspadai yaitu:

A. Banned Blog
Banned blog adalah iklan adsense tidak mau tampil pada blog tertentu, banned yang satu ini biasanya terjadi karena konten blog tidak sesuai dengan kebijakan Google adsense, sepertinya sahabat bitter masih punya harapan ketika mengalami banned pada blog, untuk keluar dari banned blog tidak terlalu sulit, sahabat bitter bisa melakukan upaya perbaikan isi konten yang dianggap melanggar dan mengajukan banding, jika dianggap sudah bersih, biasanya adsense akan menerima kembali blog tersebut untuk dipasangi iklan

B. Banned Akun AdSense
Banned akun adsense adalah salah satu bentuk banned google adsense yang harus kita waspadai, jika terkena banned yang satu ini tamatlah riwayat google adsense sahabat bitter, banned akun adsense biasanya terjadi karena sahabat bitter tidak mentaati segala peraturan dan kebijakan google adsense, dan ini dianggap banned level tinggi, karena satu kali saja akun adsense kena banned maka google biasanya tidak akan percaya lagi author blog yang bersangkutan, yang menyebabkan setiap kali sahabat bitter melakukan pendaftaran kembali dan terdeteksi bahwa sahabat bitter adalah author yang sama yang pernah akun adsensnnya kena banned, google tidak akan menerima kembali.

Untuk mantan banned akun google adsense, agar berpeluang kembali diterima menjadi publisher, jalan satu-satunya sebaiknya menggunakan email baru yang belum pernah didaftarkan sebelumnya, dan blog baru yang belum pernah didaftarkan sebelumnya.

Jika tidak, kemungkinan diterima kembali menjadi publisher adsense sepertinya akan sulit.

Cara Aman Bermain Google Adsense Agar Tidak Di Banned
Apa yang harus sahabat bitter lakukan setelah berhasil diterima menjadi publisher adsense adalah memelihara dan melindungi akun adsense sahabat bitter dari hal-hal yang dapat menyebabkan banned.

Berikut mengenai tips cara aman bermain google adsense, sebagai berikut:

 1. Jangan pernah mengeklik Iklan sendiri
Ini salah satu yang benar-benar dilarang dan jangan pernah sahabat bitter lakukan adalah jangan merasa bisa mengelabui google, kemudian sahabat bitter mengeklik iklan sendiri, baik secara langsung dengan mengunjungi blog sahabat bitter kemudian mengekliknya, atau dengan melalui mesin pencari kemudian sahabat bitter masuk ke blog kita dan mengekliknya.

Google sangat sensitif dan punya deteksi canggih untuk menemukan setiap kecurangan para pubishernya, setiap tindakan ilegal yang kita lakukan ujung-ujungnya akan terdeteksi dan resikonya akun google adsense kesayangan sahabat bitter harus sahabat bitter relakan untuk dibanned.

2. Memasang iklan Google adsense sesuai kebijakan
Sebaiknya sahabat bitter harus memperhatikan dengan teliti setiap kebijakan cara memang iklan yang dianjurkan, jangan pernah coba-coba untuk melanggar kebijakan, jika sahabat bitter menginginkan usia akun adsense sahabat bitter panjang.

Berikut beberapa pelanggaran dalam hal cara memasang iklan adsense:

A. Jangan Memasang iklan sticky atau lekat 
Ketika halaman blog discroll iklan lekat biasanya tidak ikut scroll, tetap statis dan tetap kelihatan.

Jika apa yang sahabat bitter lakukan seperti ini sebaiknya perbaiki, jika sahabat bitter melakukan teknik ini dan masih belum dibanned, tunggu saja mungkin tinggal menunggu waktu pada akhirnya blog sahabat bitter akan kena banned dan/ atau mungkin akun adsense sahabat bitter yang kena banned.

B. Jangan Memasang iklan tepat dibawah tulisan perintah untuk melakukan klik iklan
Sebaiknya hal ini jangan dilakukan, yaitu memasang iklan dibawah tulisan yang memerintahkan secara langsung agar pengunjung mengeklik iklan.

Di mata adsense ini dilarang dan jika ketahuan konsekuensinya banned pada akun adsense sahabat bitter.

C. Memodifikasi tampilan dan warna iklan 
Sebaiknya ini juga jangan dilakukan, jangan sekali-kali memodifikasi tampilan sahabat bitter secara manual.

Jika tidak akun adsense sahabat bitter berujung banned, sebaknya sahabat bitter pasang iklan dan jangan pernah memodifikasinya baik itu dari struktur unit iklan maupun dari tampilan secara manual, lebih baik iklan tampil apa adanya.

3. Berhati-hati ketika membuat artikel blog
Adsense adalah salah satu media periklanan yang sangat sensitif sekali terhadap segala aturan main dan kebijakan yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, salah satunya pada umumnya iklan adsense tidak mau tampil pada sebagian halaman jika dalam artikel yang sahabat bitter buat terdapat kata-kata yang dianggap melanggar TOS Google adsense.

Pada intinya setiap kali sahabat bitter menerbitkan artikel, sebaiknya artikel yang sahabat bitter terbitkan seharusnya di tinjau terlebih dahulu untuk memastikan bahwa iklan adsense yang sahabat bitter pasang muncul, jika diindikasi iklan adsense tidak mau muncul pada halaman artikel tersebut sebaiknya kita periksa kembali kata-kata dalam artikel tersebut,

Biasanya kata-kata yang tidak direkomendasikan Adsense dapat memicu dibannednya blog adsense sahabat bitter, kadang kata-kata tersebut sahabat bitter cantumkan karena ketidaksengajaan, oleh karena itu sahabat bitter harus senantiasa berhati-hati ketika mempublish artikel yang digunakan untuk monetisasi adsense.

4. Memfilter komentar blog sebelum diterbitkan
Sebaiknya sahabat bitter harus hati-hati ketika bermain adsense, boleh saja artikel yang sahabat bitter buat tidak melanggar sedikit pun dan artikel yang sahabat bitter buat sangat orisinal dan tidak mengandung kata-kata yang dilarang.

Pintu masuk yang memungkinkan kata-kata yang dilarang adsense tercantum pada blog sahabat bitter tanpa sahabat bitter sadari, yaitu komentar blog.

Ingat sebaiknya sahabat bitter harus memfilter setiap komentar blog yang masuk karena pada umumnya ada para komentator yang mencantumkan nama komentator dengan kata-kata yang dilarang adsense, juga isi komentar yang berbau kata-kata yang melanggar aturan adsense.

Jika ditemukan komentar seperti itu sebaiknya kita filter dengan menghapus isi komentarnya dan jika perlu hapus seluruh bagian komentarnya, demi keamanan  blog yang sahabat bitter cintai, agar tidak mendapatkan  banned blog.

5. Jangan meminta untuk mengeklik iklan
Jangan pernah meminta teman untuk mengeklik iklan, baik itu mengirimkan permintaan melalui email secara langsung atau melalui postingan atau pesan media sosial, Google pada akhirnya akan bisa mendeteksi setiap pelanggaran.

Sebaiknya jangan pernah sahabat bitter lakukan dengan cara apapun jika tidak tunggu saja akun adsense sahabat bitter dibanned.

6. Jangan menggunakan artikel copy paste
Google sangat menghargai hak atas kekayaan intelektual, salah satunya adalah sangat menghargai produk asli sebuah artikel.

Jika ditemukan dalam blog sahabat bitter bahwa artikel yang kita buat adalah artikel copy paste tanpa modifikasi dan tanpa mencantumkan link sumber aktif, ini akan memicu iklan adsense sahabat bitter dibanned pada blog tersebut, atau bisa juga blog sahabat bitter yang dihapus.

Sebaiknya hati-hati ketika melakukan copy paste, jika sahabat bitter memang tukang copy paste, jangan lupa untuk meletakan link sumber aktif dan sebaiknya jangan sama 100%.

Jika tidak bisa jadi blog hasil copy paste sahabat bitter dilaporkan pemilik artikel, dan akhirnya blog sahabat bitter bisa dihapus atau mungkin risiko terkecilnya artikel sahabat bitter akan di indeks agar tidak pernah ditemukan mesin pencari.

Jangan pula sahabat bitter merasa pintar dengan mengakali jadwal penerbitan artikel copy paste sahabat bitter dengan memundurkan jadwal penerbitan secara manual, sehingga terkesan artikel terbit sebelum artikel aslinya dimana sahabat bitter melakukan copy paste, ingat pengaturan jadwal di postingan adalah untuk jadwal yang terpublish di blog, jadwal sebenarnya behind  the sceene tetap masih bisa terdeteksi google.

Jika ada laporan dari pemilik aslinya google bisa dengan mudah mendeteksi mana artikel copy paste dan mana artikel aslinya.

Jika terbukti pada akhirnya blog sahabat bitter bisa dihapus dari dunia maya. 
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT