Cara Kami Membuat Visi dan Misi di Blog Bitter Coffee Park

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
"Cara Kami Membuat Visi dan Misi di Blog Bitter Coffee Park"
Sebuah Blog pasti memiliki sebuah tujuan dan harapan dan dalam hal ini maka, setiap Blog perlu memiliki Visi dan Misi.

Begitu juga Blog Bitter Coffee Park mengembangkan Visi dan Misinya untuk maksud dan tujuan pembuatan Blog Bitter Coffee Park.
Dalam hal pencapaian suatu tujuan diperlukan perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa dikatakan bahwa Visi dan Misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan.

Bagi para blogger yang aktif dalam kegiatan organisasi tentu tidak asing lagi dengan kalimat Visi dan Misi, karena suatu organisasi, kelompok atau badan suatu instansi pasti mempunyai Visi dan Misi untuk mewujudkan tujuannya.

Sebelum kita mengetahui Visi dan Misi, Bitter memberi pemahaman dahulu tentang Visi dan Misi secara umum terlebih dahulu. Ketika akan membuat Visi dan Misi Blog Bitter Coffee Park ada beberapa pertanyaan penting yang perlu dijawab.
  • Mengapa Blog Bitter Coffee Park tersebut ada? 
  • Siapa yang memerlukan Blog Bitter Coffee Park ini? 
  • Apa yang bisa diberikan Blog Bitter Coffee Park kepada stakeholder? 
  • Apa yang membuat Blog Bitter Coffee Park ini berbeda dengan Blog-Blog yang sejenis?
PENJELASAN TENTANG VISI
Visi adalah suatu pandangan yang terdapat pada seorang blogger yang mempunyai pandangan jauh tentang tujuan-tujuan dan apa yang harus dilakukan untuk menggapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.

Dalam kamus bahasa Indonesia terdapat beberapa arti yaitu:
  • Penglihatan atau pengamatan. 
  • Apa yang tampak dalam khayalan. 
  • Pandangan atau wawasan ke depan. 
  • Kemampuan untuk melihat pada inti persoalan. 
  • Kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan.
Pernyataan visi yang baik bagi seorang blogger harus memenuhi beberapa kriteria sebagai berikut:

1. SUCCINCT
Pernyataan visi harus singkat sehingga tidak lebih dari 3-4 kalimat.

2. APPEALING
Visi harus jelas dan memberikan gambaran tentang masa depan yang akan memberikan semangat pada penulisan artikel-artikel yang bermanfaat.

3. FEASIBLE
Visi yang baik harus bisa dicapai dengan sumber daya, energi, waktu. Visi haruslah menyertakan tujuan dan objektif yang stretch bagi pembaca artikel.

4. MEANINGFUL
Pernyataan visi harus bisa menggugah emosi positif pembaca artikel-artikel blog namun tidak boleh menggunakan kata-kata yang mewakili sebuah emosi.

5. MEASURABLE
Pernyataan visi harus bisa diukur sehingga dimungkinkan untuk melakukan pengukuran kinerja sehingga seorang blogger bisa mengetahui apakah visi sudah bisa dicapai atau belum.

PENJELASAN TENTANG MISI
Pernyataan misi merupakan sebuah pernyataan yang digunakan seorang blogger sebagai cara untuk mengomunikasikan tujuan dari sebuah blog dalam pembuatan artikel-artikelnya.

Walaupun sering tidak berubah dalam jangka waktu yang lama, seorang blogger tidak lazim memperbarui pernyataan misi mereka dan umumnya terjadi ketika blog mereka berkembang.

Pernyataan misi biasanya ringkas dan pernyataan sederhana yang menunjukkan ikhtisar apa tujuan blog tersebut dan di sektor manakah blog tersebut bekerja.

Misi yang tepat berfungsi sebagai penyaring untuk memisahkan apa yang penting dan apa yang tidak, menyatakan dengan jelas kemanakah yang artikel ditujukan dan bagaimana cara menyediakan artikelnya, serta mengomunikasikan orientasi atau arah blog tersebut menuju kepembaca artikel

Pernyataan misi yang baik haruslah memenuhi beberapa kriteria seperti berikut:

1. SIMPLE AND CLEAR
Pernyataan misi harus dicukup diwakili oleh 2-3 pernyataan saja. Semua pernyataan tersebut harus sederhana dan jelas dimengerti serta tidak menggunakan jargon-jargon.

2. BROAD AND LONG-TERM IN FUTURE
Pernyataan misi seorang blogger harus cukup luas mengakomodasikan perkembangan blognya di masa mendatang. Misi seorang blogger harus bisa menunjukkan gambaran yang akan dicapai di masa depan dengan jelas. Pernyataan misi seorang bligger harus tetap valid pada 20 tahun mendatang sama seperti kondisi sekarang.

3. FOCUS ON THE PRESENT
Pernyataan misi seorang blogger tidak boleh terlalu berorientasi pada masa depan sehingga kurang bisa fokus pada kondisi blognya di masa sekarang.

4. EASY TO UNDERSTAND
Misi seorang blogger harus mudah dimengerti oleh pembaca artikel blognya. Misi yang mudah dimengerti akan lebih memudahkan pembaca artikel dengan misi tersebut kepada stakeholder.

KESIMPULAN TENTANG VISI DAN MISI
Sebuah misi berbeda dengan visi, di mana misi adalah penyebab dan visi adalah efek dari penyebab tersebut.

Sebuah misi merupakan sesuatu yang harus dicapai, sedangkan visi merupakan sesuatu yang harus dikejar untuk mencapai apa yang dimaksud dalam misi tersebut. Dalam dunia blogger, pernyataan visi dan misi dikenal pula dengan visi dan misi blogger.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT