Mengenal Manfaat Dupa Bagi Kehidupan Sehari-hari

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
"Mengenal Manfaat Dupa Bagi Kehidupan Sehari-hari" 
Dupa atau hio atau kemenyan adalah sebuah material yang mengeluarkan bau dan mengeluarkan asap ketika dibakar.
Banyak upacara keagamaan menggunakan dupa. Dupa juga digunakan untuk pengobatan.

Dupa ada dalam berbagai bentuk dan proses, namun, dupa dapat terbagi menjadi "pembakaran langsung" dan "pembakaran tidak langsung" tergantung bagaimana dupa digunakan.

Suatu bentuk tergantung dari budaya, tradisi dan rasa seseorang.
---------------------------------------------------------------------------------
SEJARAH SINGKAT TENTANG DUPA
---------------------------------------------------------------------------------
Asal Dupa diperkirakan dari kebiasaan umat Hindu/ Budha di India/ China. Seiring dengan imigrasi ke Asia Tenggara, terutama ke Indonesia, berpengaruh pada Agama sebagian besar penduduk di Indonesia. Kerajaan Hindu Majapahit yang berkuasa mempunyai pengaruh besar di daerah Jawa – Bali.

Konon, Dupa di Bali berasal dari sabut kelapa yang dipilin-pilin menjadi tali lalu ditusuk dengan kayu/ bambu seperti Sate/ cilok. Mungkin karena sering mati dan asapnya terlalu banyak, lambat laun bahan dupa diganti serbuk kayu seperti saat ini.

Biasanya orang menamakannya dengan HIO, YOSHUA, DUPA. Dupa adalah suatu material yang mengeluarkan bau asap yang wangi. Fungsi dupa adalah sebagai alat upacara keagamaan umat Hindu, Budha, Konghucu dll.

Bentuk Dupa ada berbagai macam seperti: Bentuk Batang dari ukuran 11cm s/d 42cm, magis stik, bentuk kerucut, spiral, bentuk hewan, dll. Di Indonesia bagian timur, produksi pembuatan dupa terpusat di daerah Malang Raya, Lumajang, Bali, Surabaya dan Semarang. Sebagian besar hasil produksinya dikirim ke bali dalam bentuk karung plastik (40kg). Dupa tersebut masih dalam kondisi ½ jadi. Proses pewangian dan pembungkusan kecil dilakukan oleh orang bali sendiri.
---------------------------------------------------------------------------------
BUDAYA JAWA
---------------------------------------------------------------------------------
“Niyat ingsun ngobong dupo, kukuse  dumugi angkoso, kang anggondo arum pinongko tali rasaningsun manembah dumateng Gusti Kang Akaryo Jagad.”
---------------------------------------------------------------------------------
Terjemahan :
Aku berniat membakar dupa, asapnya yang membubung ke angkasa, berasa harum sebagai tali yang mengikat rasaku untuk menyembah kepada Tuhan Sang Pencipta Alam Semesta
---------------------------------------------------------------------------------
Kalimat pembuka tersebut diatas,  biasanya diucapkan oleh praktisi Kejawen atau aliran kepercayaan terhadap Tuhan YME, pada awal menyalakan dupa atau hio sebelum praktik ritual dimulai.
Setelah itu, dupa yang menyala lalu digerakkan dengan cepat agar api yang menyala dipucuknya padam, tinggal nyala diujung dupa dan membiarkannya terus menyala dan mengeluarkan bau harum.

Kemudian dupa tersebut, biasanya berjumlah ganjil, bisa 3, 5 atau 9 sekaligus, ditancapkan ke media (bisa gelas atau tempat khusus) yang berisi beras atau pasir yang bersih.

Mengapa harus membakar dupa?
Dengan membakar dupa atau hio dan juga biasanya ditambah membakar kemenyan di tungku perapian, sebenarnya merupakan sebagai sebuah tindakan untuk menciptakan suasana yang hening dan sakral. 
Tentu saja juga untuk menciptakan ruangan atau tempat yang harum. 
Dengan demikian proses berjalannya acara ritual dapat lebih terkonsentrasi, tidak terganggu oleh kebisingan dan bau yang tidak sedap.
---------------------------------------------------------------------------------
SUDUT PANDANG AGAMA ISLAM
---------------------------------------------------------------------------------
Eksistensi dupa (kemenyan) dalam masyarakat modern terasa sangat tabu dan justru diidentikkan dengan hal-hal yang berbau mistis, perdukunan dan klenik. Padahal, dupa sendiri merupakan bentuk parfum/pewangi yang berfungsi memberi keharuman pada ruangan yang disukai dan dicontohkan nabi. Berikut dasar haditsnya,
“Apabila ibnu umar beristijmar (membakar dupa) maka beliau beristijmar (memakai wewangian dan bukhur (dupa)) dengan uluwah yang tidak ada campurannya, dan dengan kafur yang di campur dengan uluwah, kemudian beliau berkata; "Seperti inilah Rosululloh SAW, beristijmar". 
(HR. An Nasa’i)

Meski di era modern saat ini, keberadaan dupa telah tergeser dengan adanya parfum ruangan praktis buatan pabrik, namun hal itu tak serta merta memadamkan manfaatnya. Seperti halnya dalam acara-acara keagamaan, dupa sering dipakai daripada parfum pabrik dalam acara istighosah, maulid, dsb.

Dupa memang dipakai tidak hanya dalam ritual agama Islam saja, di agama lain seperti budha, konghucu juga memakai dupa dalam ritual ibadahnya. Namun, tentunya berbeda jenis dan tujuan. Dupa dalam Islam digunakan dengan niat atau tujuan sebagai pengharum ruangan bukan untuk menghadirkan roh, makhluk halus dsb. Oleh karena itu, dupa yang dipakai berbau sangat wangi.

Namun, di lain kesempatan ada yang berpendapat bahwa penggunaan dupa selain dimaksudkan untuk mengharumkan ruangan juga untuk mengundang kehadiran malaikat. Malaikat sangat suka bau wangi dan sangat benci bau tidak sedap yang menyengat. Ini didasarkan pada hadits yang mengatakan,
“Rasulullah SAW melarang memakan bawang merah dan bawang bakung. Lalu ada satu keperluan yang menyebabkan kami memakannya. Beliau bersabda: 
“Barangsiapa yang memakan tanaman yang busuk baunya ini, maka janganlah mendekati masjid kami. Karena malaikat rahmat merasa terganggu sebagaimana manusia merasa terganggu (oleh bau busuknya)”’ 
(Dari Jaabir ra. diriwayatkan oleh Imam Muslim)

Keberadaan Malaikat-malaikat itu di dalam rumah atau di tempat majelis sangat diidamkan umat Islam. Karena mereka itu merupakan malaikat-malaikat rahmat yang menyampaikan rahmat dari Allah untuk si penghuni rumah dan para jamaah majelis. Rumah yang ditinggal malaikat Rahmat senantiasa harmonis, sanak saudara rukun semua.
---------------------------------------------------------------------------------
SPIRITUAL SCIENCE RESEARCH FOUNDATION
(SSRF)
---------------------------------------------------------------------------------
Melalui penelitian spiritual, Spiritual Science Research Foundation (SSRF) telah mengembangkan dupa SSRF yang sesuai dengan jenis aroma tertentu tersebut.

Itulah sebabnya mengapa dupa SSRF merupakan alat terapi spiritual yang sangat baik untuk meningkatkan kemurnian spiritual suatu tempat atau seseorang dan membantu dalam latihan spiritual seperti meditasi dan menyebut Nama Tuhan YME serta melawan energi-energi negatif tidak nyaman.

Nama-nama/ jenis dari aroma khusus dengan kemampuan penyembuhan dengan spiritual yang optimal diperoleh melalui kemampuan indra keenam para pencari yang mendalam.

Kemudian berbagai aroma ini serta berbagai jenis dari masing-masing aroma pun diuji.

Pencari Tuhan di SSRF dengan indra keenam yang mendalam (ESP) mengambil pembacaan dimensi spiritual (halus) dari aroma-aroma tersebut.

Setiap aroma tersebut diuji untuk keefektifannya dalam terapi spiritual.

Pengalaman-pengalaman dimensi spiritual (halus) mereka dicatat secara independen dan kemudian dikumpulkan.

Dalam semua kasus, pembacaan-pembacaan independen sesuai satu sama lainnya dan satu-satunya perbedaan adalah pada kedalaman pengalamannya.
---------------------------------------------------------------------------------
MANFAAT DUPA UNTUK KESEHATAN
---------------------------------------------------------------------------------
Bau berpengaruh langsung terhadap otak manusia. Hidung manusia memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 100.000 jenis aroma yang berbeda yang mempengaruhi kita dan itu terjadi tanpa kita sadari.

Aroma tersebut mempengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan mood atau suasana hati, emosi, ingatan dan pelajaran kita. Seperti contoh misalnya kita menghirup aroma :
JASMINE
Meningkatkan keseimbangan, pikiran positif, kepekaan, ketenangan jiwa, rasa bahagia, gairah suami istri, kejernihan pikiran. Dapat juga mengurangi depresi, rasa cemas, stres, sedih, dan iri hati.
LAVENDER
Aromanya dapat mengusir nyamuk, merelaksasikan saraf otak, mempermudah tidur, meningkatkan ketenangan, rasa nyaman. Dan dapat mengurangi depresi atau frustrasi, rasa tertekan dan emosi yang tidak stabil
PEPERMINT
Meningkatkan konsentrasi, vitalitas, rasa percaya diri, pikiran positif, keyakinan dan tujuan hidup. Mengurangi rasa lelah, putus asa, sakit kepala, dan rasa takut.
YLANG YLANG
Menyeimbangkan hormone, memberikan semangat, meningkatkan sensualias, perasaan gembira, kehangatan, rasa percaya diri, rasa nyaman dan damai. Mengurangi rasa tegang, lemah diranjang, perasaan frustasi, rasa labil, dan rasa bersalah.
GREEN TEA
Membangkitkan semangat, memperbaiki konsentrasi
VANILA
Menimbulkan kesan hangat dan manis, meningkatkan rangsangan suami istri.
AMBER
Memberikan rasa gembira dalam melakukan aktivitas
GANESHA
Untuk membuka dan melancarkan jalan usaha atau pekerjaan
MEDINI
Untuk membersihkan aura alam sekitar kita.
JASMINE
Membangkitkan pikiran positif, memberikan rasa ketenangan dan meningkatkan kreatifitas.
OM SHANTI
Memberikan kedamaian dalam kehidupan.
NAGALINGGA CHAMPA
Memberikan keberanian dalam melakukan sesuatu yang benar.
RED ROSE
Memberikan vibrasi disenangi dan disukai oleh siapa pun seperti saat orang melihat bunga mawar, dan juga membangkitkan gairah /semangat hidup.
SAI PRIYA
Memberikan keberanian dalam kehidupan manusia.
SANDAL WOOD
Meningkatkan kehangatan, rasa percaya diri, kejujuran, ketenangan jiwa, rasa nyaman dan mengurangi gangguan konsentrasi.
SEVEN HERB CHAMPHOOR
Terdiri dari 7 champhoor terbaik, dapat membantu dalam membersihkan kekotoran atma kita.
STRESS RELIEF
Untuk meringankan beban pikiran, mengurangi stres, untuk relaksasi.
YOGA
Membantu membawa kita ke dalam suasana yoga yang penuh konsentrasi.
PUSHKARINI
Membersihkan diri kita dari vibrasi negatif sebelum kita berdoa
YAGNA
Terdapat bahan Agnihotra di dalam dupa yang membantu kita terbebas dari Aura Negatif, meningkatkan Energi positif dalam diri kita untuk menangkal/ menolak Aura negatif yang mengganggu.
WOODSS
Membangkitkan semangat dan energi kita dalam melakukan pekerjaan.
FOR BUSINESS
Membantu kelancaran dalam usaha/ bisnis supaya Tuhan memberikan rahmatnya kepada kita.
MONEY DRAWING
Mengharapkan rejeki akan lebih lancar seperti air yang mengalir.
FAST LUCK
Membantu mempercepat proses datangnya  rejeki keberuntungan.
GOLD RAIN
Mengharapkan rejeki/ keberuntungan kita akan terus meningkat seperti nilai emas
OM
Sangat bagus untuk sarana Meditasi, dengan wangi yang lembut dapat membawa ketenangan dan konsentrasi
THREE IN ONE
Terdapat  tiga aroma dalam 1 bungkus: 
  • Lily : untuk persembahan kepada Tuhan. 
  • Intimate  : untuk kasih sayang, dan menciptakan keharmonisan. 
  • Fancy :  untuk  Kemakmuran.
CLEAN HOME
Membantu kita dalam membersihkan tempat atau ruangan yang kotor dan ada gangguan.
HOUSE PROTECTION
Membantu melindungi rumah atau tempat kita dari gangguan negatif.
AGAINST JEALOUSY
Menghindarkan kita dari iri hati dan membantu supaya orang tidak dengki kepada 
---------------------------------------------------------------------------------
Didalam hal ini saya lebih suka menggunakan Dupa Kresna Murti karena Dupa Harum Aroma Teraphy Kredna Murti Penbar Aura Kedamaian, Ketenangan dan Cinta Kasih, Bukan Kesaktian.

Dengan Metode Meditasi sehingga terciptalah Dupa Harum Aroma Teraphy KRESNA MURTI, dimana proses Penciptanya/ Pengisian energi yang terkandung di dalam Dupa ini memakai konsep Sunyaning Sunya/ Pusatnya Hampa (Sunya Bunter).

Khasiat Dupa Aroma Teraphy Kresna Murti & Wisnu Murti :

  1. Membersihkan Aura Negative (ilmu hitam, roh jahat) dalam radius 21 m2.
  2. Memancarkan Energi Cinta Kasih dan Kedamaian, juga Ketenangan.
  3. Mempercepat Kontak Bathin bagi Praktisi Rohani saat Meditasi / Sembahyang.
  4. Menetralisir Rumah/ Pekarangan yang Tenget atau Angker.
  5. Menangkal semua Jenis Ilmu Hitam/ Santet
  6. Mengatasi semua Gangguan Mahluk Halus dan bisa menyadarkan orang yang Kesurupan
  7. Dan banyak lagi manfaat lainnya

Proses penciptaan dupa ini adalah tidak menggunakan Ilmu-ilmu Kesaktian, Japa Mantera, Rerajahan/ Simbol-simbol Magis, Gni Astra, dll.

Akan tetapi murni menggunakan tehnik Meditasi dengan konsep Sunyaning Sunya (Sunya Bunter) sehingga bisa dipakai oleh semua umat beragama.

Cara Penggunaanya
Untuk Pekarangan Rumah.
Tancapkan 3 stick Dupa Aroma Teraphy Kresna Murti/ Wisnu Murti dimana saja setiap hari.
Untuk mengatasi Gangguan Ilmu Hitam.
Tancapkan 11 stick Dupa Aroma Teraphy Kresna Murti/Wisnu Murti ditengah pekarangan rumah anda.
Untuk Mengusir Tuyul atau mahluk Halus sejenisnya.
Tancapkan 5 Stick Dupa Aroma Teraphy Kresna Murti/ Wisnu Murti di halaman atau dadalam rumah anda
Untuk menyadarkan orang yang sedang kesurupan.
Nyalakan 5 stick Dupa aroma Teraphy Kresna Murti/ Wisnu Murti lalu hirup asapnya dalam-dalam melalui Hidung orang yang kesurupan.
Untuk Toko atau Warung :
Nyalakan 1 stick dupa aroma teraphy Krisna Murti/ Wisnu Murti di warung atau toko anda dan tempatkan ditempat yang aman. 
Jika Toko/ warung anda buka samapi malam, Nyalakan 1 stick lagi di sore harinya.
Bila Terjadi Hal yang darurat atau gangguan Gaib.
Nyalakan dan tancapkan 3 stick dupa aroma teraphy Krisna Murti/ Wisnu Murti disetiap sudut Pekarangan rumah anda
---------------------------------------------------------------------------------
Demikian Ulasan tentang manfaat Dupa, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Baca Juga:
  1. Agama Kapitaya: Agama Universal Dari Tanah Jawa 
  2. Aliran Kejawen Sapto Darmo 
  3. Islam Kejawen Dan Sanepanan Ajaran Islam 
  4. Kanjeng Ratu Ayu Kencono Sari 
  5. Kaweruh Ngelmu Sejati (Sang Hyang Jagad Girinata) 
  6. Mengenal Manfaat Dupa Bagi Kehidupan Sehari-hari 
  7. Penciptaan Kanjeng Ratu Kidul 
  8. Sanepo Pandowo Limo Lan Kurowo 
  9. Sitem Feodalisme Sebuah Gelar Suku Jawa 
  10. Suku Jawa (Dinasti Sanjaya) Dan Jawa Dwipa, Negerei Para Dewa 
☆☆☆☆☆

2 comments:

  1. Doktercapsa
    Merupakan Website Judi Online Pertama di Indonesia yang Menggunakan Uang Asli Indonesia Dengan Minimal Deposit Rp.20.000 dan Withdraw Rp 20.000 , Customer Service Doktercapsa Juga Tentunya Sudah Terlatih Secara Profesional Untuk Melayani Member Secara Sopan Dan Ramah Secara 24 Jam NONSTOP Setiap Harinya , Doktercapsa.com Sudah Berhasil Menghadirkan 8 Jenis Permainan di Hadapan Anda Semua Tanpa Adanya ADMIN maupun Robot Ikut Serta di Dalam Pertandingan Anda. Segera Daftarkan Diri Anda Untuk Bergabung Dan Bermain Menggunakan Jasa Dari Agen Kami.DOKTERCAPSA

    BandarQ

    Domino99

    Doktercapsa

    Agen Poker

    Agen Domino99

    Agen Capsa

    Agen Sakong

    Gabung Sekarang Juga Dan Dapatkan Ratusan Juta Bersama Kami

    Alt Doktercapsa

    Doktercapsa

    Login Doktercapsa

    Daftar Doktercapsa

    ツKunjungi Juga Blogspot Resmi Kami ツ

    Support Doktercapsa

    Support Doktercapsa

    Support Doktercapsa

    Support Doktercapsa

    Support Doktercapsa





    ReplyDelete
  2. RaksasaPoker Agen Domino Server Terbaru dan BandarQ Terpercaya Indonesia
    Website Judi Online Yang memberikan Pelayanan Terbaik dan mempunyai Server Yang Berkualitas Di Dalam Permainan Asli tanpa Robot Ataupun Admin Ikut Serta Bermain Serta Memberikan Kemudahan Dalam Melakukan Proses Transaksi Deposit Dan Wirthdaw Hanya 2 Menit Dana Anda Pasti Sudah Di Proses.RAKSASAPOKER

    BandarQ

    Domino99

    Raksasapoker

    AgenPoker

    AgenDomino99

    AgenCapsa

    Gabung Sekarang Juga Dan Dapatkan Ratusan Juta Bersama Kami

    Alt Raksasapoker

    Raksasapkr

    Login Raksasapoker

    Daftar Raksasapoker

    ReplyDelete

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT