Perjalanan Siddhayatra (Kemaharajaan Sriwijaya)

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Perjalanan Siddhayatra
Candi Borobudur
☆☆☆☆☆
Kemaharajaan Sriwijaya telah ada sejak 671 sesuai dengan catatan I Tsing.

Dari prasasti Kedukan Bukit pada tahun 682 di diketahui imperium ini di bawah kepemimpinan Dapunta Hyang.

Bahwa beliau berangkat dalam perjalanan suci siddhayatra untuk "mengalap berkah”, dan memimpin 20.000 tentara dan 312 orang di kapal dengan 1.312 prajurit berjalan kaki dari Minanga Tamwan menuju Jambi dan Palembang.

Diketahui, prasasti Kedukan Bukit adalah prasasti tertua yang ditulis dalam bahasa Melayu. Para ahli berpendapat bahwa prasasti ini mengadaptasi ortografi India untuk menulis prasasti ini.

Pada abad ke-7 ini, orang Tionghoa mencatat bahwa terdapat dua kerajaan yaitu Malayudan Kedah menjadi bagian kemaharajaan Sriwijaya.

Berdasarkan prasasti Kota Kapur yang berangka tahun 686 ditemukan di pulau Bangka, kemaharajaan ini telah menguasai bagian selatan Sumatera, pulau Bangka dan Belitung, hingga Lampung.

Prasasti ini juga menyebutkan bahwa Sri Jayanasa telah melancarkan ekspedisi militer untuk menghukum Bhumi Jawa yang tidak berbakti kepada Sriwijaya, peristiwa ini bersamaan dengan runtuhnya Tarumanagara di Jawa Barat dan Holing (Kalingga) di Jawa Tengah yang kemungkinan besar akibat serangan Sriwijaya.

Kemungkinan yang dimaksud dengan Bhumi Jawa adalah Tarumanegara.

Sriwijaya tumbuh dan berhasil mengendalikan jalur perdagangan maritim di Selat Malaka, Selat Sunda, Laut China Selatan, Laut Jawa, dan Selat Karimata.
Baca Juga
  1. Dinasti Syailendra (Candi Borobudur) - 
  2. Era Kerajaan Medang - 
  3. Kedatuan Sriwijaya (Kerajaan Sumatera) - 
  4. Kerajaan Sriwijaya - 
  5. Perjalanan Siddhayatra (Kemaharajaan Sriwijaya) - 
  6. Runtuhnya Wangsa Syailendra - 
[Baca: Sanepo Telo Widoro Upas]
☆☆☆☆☆

Baca Tags Terkait:

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT