Cara Kerja Garansi Shopee

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Cara Kerja Garansi Shopee
Bagaimana cara kerja Garansi Shopee?
•FAQ
adalah suatu perlindungan dari Shopee untuk Pembeli dengan cara menahan dana Pembeli sampai Pembeli mengkonfirmasikan bahwa barang sudah diterima dengan baik atau pihak Jasa Kirim mengkonfirmasi bahwa pesanan sudah sampai ke lokasi pengiriman. Setelah pihak Shopee menerima konfirmasi tersebut, dana akan diteruskan ke Penjual.

Periode terdiri dari Masa Pengemasan dan Estimasi Masa Pengiriman, dimulai dari tanggal konfirmasi pembayaran pesanan, dengan perhitungan:

= Masa Pengemasan + Estimasi Masa Pengiriman

Masa Pengemasan tertera di halaman produk sebagai , tetapi akan otomatis berakhir ketika Penjual mengkonfirmasikan pengiriman barang dalam aplikasi dan sistem telah berhasil membaca resi pengiriman.


Masa Pengiriman mengikuti aturan berikut ini:
  • Khusus untuk pengiriman dengan Jasa Kirim yang didukung oleh Shopee;
  • Apabila Penjual memasukkan nomor resi pengiriman yang sah ke dalam aplikasi Shopee; dan
  • Garansi Shopee akan berakhir 1 hari setelah sistem Jasa Kirim menyatakan paket telah sampai.

Masa pengiriman pesanan dari DKI Jakarta ke DKI Jakarta = 5 hari + (Dikirim dalam).

Masa pengiriman pesanan daerah lainnya (bukan sesama DKI Jakarta atau antar daerah lainnya) = 8 hari + (Dikirim dalam).

Apabila pembeli klik , maka dana akan langsung dilepas dan diteruskan ke Penjual.

Untuk pesanan yang telah dikirimkan oleh Penjual
Pembeli harus mengkonfirmasi penerimaan barang atau mengajukan pengembalian selama transaksi pembelian masih dalam proses pengiriman atau paling lama 1x24 jam terhitung dari saat pihak Jasa Kirim menyatakan barang telah diterima oleh Pembeli. 

Dana akan secara otomatis diteruskan kepada Penjual 1x24 jam setelah Jasa Kirim menyatakan bahwa paket telah diterima oleh Pembeli atau saat masa garansi telah habis untuk transaksi yang terdata sebagai transaksi "Termasuk Ongkos Kirim".

Untuk pesanan yang BELUM dikirimkan oleh Penjual
Penjual harus memastikan bahwa resi pengiriman telah terdata pada nomor pesanan sebelum masa "Dikirim dalam" berakhir, dan resi pengiriman telah terlacak oleh pihak Jasa Kirim paling lama 2 hari setelah masa "Dikirim dalam" atau dana akan secara otomatis dikembalikan kepada Pembeli. 

Pembeli juga dapat mengajukan pengembalian dana apabila status pesanan masih dalam status "Dikemas".
☆☆☆☆☆

Baca Juga: