Mengenal Trik dan Tips Jual Beli On-Line SHOPEE

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Mengenal Trik dan Tips Jual Beli On-Line SHOPEE
Memgenal Belanja On-Line Shopee
Shopee (Hanzi: 蝦皮購物) adalah platform perdagangan elektronik yang berkantor pusat di Singapura di bawah SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke:
  • Malaysia, 
  • Thailand, 
  • Taiwan, 
  • Indonesia, 
  • Vietnam, dan 
  • Filipina.
Karena elemen mobile yang dibangun sesuai konsep perdagangan elektronik global, Shopee menjadi salah satu dari "5 startup e-commerce yang paling disruptif" yang diterbitkan oleh Tech In Asia.
Shopee
Shopee-logo.jpg
BahasaEnglish
Indonesian
Thai
Chinese
Vietnamese
Didirikan2015; 4 tahun lalu
MarkasSingapore
Wilayah operasiSoutheast Asia, Taiwan
Tokoh pentingChris Feng, Forrest Li
SektorPerdagangan elektronik
Perusahaan indukSea Limited (NYSESE)
Situs webshopee.sg(Singapore)
shopee.com.my(Malaysia)
shopee.ph(Philippines)
shopee.co.id(Indonesia), shopee.tw(Taiwan)
shopee.co.th(Thailand)
shopee.vn (Vietnam)
Pemilik Shopee
Shopee sendiri dipimpin oleh Chris Feng. Chris Feng adalah salah satu mantan pegiat Rocket Internet yang pernah mengepalai Zalora dan Lazada.

Sejarah Shopee
Pada tahun 2015, Shopee pertamakali diluncurkan di Singapura sebagai pasar mobile-sentris sosial pertama dimana pengguna dapat menjelajahi, berbelanja, dan menjual kapan saja. Terintegrasi dengan dukungan logistik dan pembayaran yang bertujuan untuk membuat belanja online mudah dan aman bagi penjual dan pembeli.

Setelah itu Shopee yang berpusat di Singapura, melakukan ekspansi ke negara ASEAN lain dan membuka:
  1. Shopee Indonesia, 
  2. Shopee Malaysia, 
  3. Shopee Thailand, 
  4. Shopee Taiwan, 
  5. Shopee Vietnam dan 
  6. Shopee Filipina.
Model Bisnis Shopee
Shopee pertama kali dimulai sebagai pasar pelanggan untuk pelanggan (C2C) tetapi telah beralih ke model hibrid C2C dan Bisnis untuk Pelanggan (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk distribusi brand ternama.

Shopee bermitra dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal, serta penyedia jasa transportasi daring.

Pangsa Pasar Shopee
Pada tahun 2017, platform ini mencatat 80 juta unduhan aplikasi dan lebih dari 180 juta produk aktif dari lebih dari empat juta wirausaha. Pada Q4 2017, melaporkan nilai perdagangan bruto (GMV) sebesar US $ 1,6 miliar, naik 206 persen dari tahun sebelumnya.

Di Malaysia, Shopee menjadi portal perdagangan elektronik ke-3 yang paling banyak dikunjungi di Q4 2017, menggantikan Lelong dan melampaui peringkat Lazada sebagai aplikasi terbaik di Google Play dan iOS App store.

Demikian pula di kalangan konsumen di Indonesia, survei yang dilakukan pada bulan Desember 2017 oleh The Asian Parent mengungkapkan bahwa:
Untuk ibu-ibu Indonesia, Shopee adalah platform belanja pilihan pertama (73%), diikuti oleh Tokopedia (54%), Lazada (51%) dan Instagram (50 %).

Penawaran Umum Perdana Di Shopee
Perusahaan induk Shopee, Sea Group, mengajukan penawaran umum perdana di New York Stock Exchange (NYSE) pada bulan Oktober 2017 sebesar US $ 1 miliar. 
  1. Tencent pemegang saham utama Sea Group dengan pangsa 39,7%;
  2. Blue Dolphins Venture yang merrupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh pendiri Sea Group, Forrest Li memegang 15%;
  3. Forrest Li sendiri memiliki 20%; dan 
  4. Chief Technology Officer, Gang Ye memegang 10%.
Prestasi dan Penghargaan Shopee
E-commerce Terbesar di Asia Tenggara
Lembaga analisis data aplikasi independen, App Annie merilis data bahwa Shopee menjadi e-commerce dengan jumlah total download app terbanyak di Asia Tenggara dengan Lazada yang menempati posisi kedua. 
Shopee memiliki nilai total GMV di tahun 2018 sebanyak US $ 2,7 miliar, naik 153 persen dari tahun 2017.
Netizen Brand Choice Award
Shopee menerima "The Indonesian Netizen Brand Choice Award 2017" untuk kategori Belanja Online pada Maret 2017. Penghargaan ini merupakan bagian dari komitmen Warta Ekonomi untuk mengapresiasi perusahaan dan brand di seluruh negeri yang telah menunjukkan dampak positif signifikan pada platform digital, khususnya di media sosial.

Marketing Award Shopee
Shopee menerima penghargaan sebagai salah satu pemenang “The Best in Marketing Campaign” di ajang penghargaan bergengsi Marketing Award 2017 yang dipersembahkan oleh Majalah Marketing pada September 2017 lalu. 

Terpilihnya Shopee merupakan pengakuan atas suksesnya kampanye pemasaran yang terpusat pada pengguna pada tahun sebelumnya, seperti Mobile Shopping Day 2016 dan Kampanye Ulang Tahun “Paling Murah” yang memberikan kontribusi signifikan terhadap performa bisnis Shopee dan industri perdagangan elektronik secara umum.

Bright Awards Indonesia 2017
Shopee menerima penghargaan di ajang “Bright Awards Indonesia 2017” untuk kategori Iklan Paling Berkesan (The Brightest Ad) mengungguli 6 nominator lainnya. 

Terpilihnya Shopee merupakan hasil pengakuan dari pemungutan suara masyarakat Indonesia atas suksesnya iklan Shopee yang bertajuk “Parodi Jokowi”. Iklan ini mengusung tema kedekatan lokal Presiden Joko Widodo, yang sering memberikan sepeda untuk masyarakat Indonesia.

Peraturan Komunitas Shopee
Shopee bertujuan membangun komunitas yang bersahabat dan positif di Shopee. 

Oleh karena itu kami membuat Peraturan Komunitas sebagai petunjuk bagi semua pembeli dan penjual agar tetap terjaga lingkungan online yang aman dan menyenangkan dalam kegiatan transaksi. 

Melalui petunjuk ini Sahabat Bitter dapat mengetahui hal yang disarankan dan dilarang di Shopee! 
Dengan menggunakan Shopee, Sahbat Bitter berarti sudah menyetujui Syarat Layanan Shopee. 

Shopee memberikan komitmen untuk menjaga lingkungan komunitas yang aman dengan adanya kerja sama dari semua pihak.

Empat Hal Yang Disarankan Shopee
1. Berjualan, bukan memasang iklan
Shopee dirancang sebagai tempat untuk membantu transaksi antara pembeli dan penjual, bukan platform untuk memasang iklan. Oleh karena itu, semua produk yang Sahabat Bitter daftarkan harus berupa produk yang ingin Sahabat Bitter jual.

Berikut adalah beberapa contoh dari iklan:
  1. Menghubungkan halaman produk Sahabat Bitter ke situs web yang lain.
  2. Deskripsi produk atau gambar yang mengarahkan pembeli untuk menghubungi Sahabat Bitter via platform lain seperti Whatsapp atau Facebook dan platform komunikasi lainnya (itu karena Shopee mengerti pentingnya komunikasi antara pembeli dan penjual. Oleh karena itu, Shopee telah menyediakan fitur Chat & Tawar untuk memfasilitasi hal tersebut).

2. Buat daftar tampilan toko Sahabat Bitter terlihat lebih menarik
Pembeli akan lebih tertarik jika Sahabat Bitter menggunakan kualitas foto yang bagus dalam daftar produk toko Sahabat Bitter. 

Tunjukkan keahlian Sahabat Bitter dalam mengambil foto dan berikan foto dengan kualitas terbaik. 

Mulailah memberikan informasi tentang produk secara akurat dengan mencantumkan deskripsi produk secara detil! 

Informasi yang lengkap membantu pembeli untuk berbelanja dengan aman. 

Melayani pembeli dengan sepenuh hati dapat memberikan kesempatan toko Sahabat Bitter untuk memperoleh rating yang bagus dan mendapatkan masukan yang baik dari para pembeli.

3. Jadilah penjual dan pembeli yang sopan
Shopee ingin menjaga lingkungan yang aman bagi setiap orang untuk menikmati pengalaman menyenangkan dalam berbelanja mobile. 

Pastikan konten Sahabat Bittrr agar tetap pantas dan sesuai dengan norma, hal ini berarti tidak mengandung bahasa atau kata-kata vulgar, kata-kata kasar, spam dan lain-lain. 

Sebagai komunitas di Shopee, kami meminta setiap pengguna untuk saling menghormati dan berkelakuan baik. 

Baik penjual maupun pembeli, ikuti petunjuk di sini untuk memastikan transaksi yang aman dan menyenangkan bagi setiap orang!

4. Jagalah reputasi toko Sahabat Bitter
Ciptakanlah pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pembeli Sahabat Bitter dengan membalas pesan mereka secara cepat dan tepat. 

Pembeli dengan tingkat kepuasan yang tinggi akan lebih cenderung untuk berbelanja lagi dan memberikan penilaian yang bagus untuk toko Sahabat Bitte4. 

Jagalah reputasi toko Sahabat Bitter dengan menyiapkan stok barang yang cukup dan mengirimkan pesanan secara tepat waktu. 

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya pembatalan pesanan maupun pengembalian barang/ dana. 

Untuk memastikan bahwa setiap pengguna memiliki pengalaman berbelanja yang menyenangkan, Shopee akan mengirimkan notifikasi peringatan kepada penjual yang memiliki reputasi toko yang buruk. 

Pada beberapa kasus tertentu, Shopee dapat memberhentikan fitur-fitur eksklusif dari toko Sahabat Bitter (contoh: program gratis ongkir, penjual terpilih Shopee), menurunkan peringkat pencarian produk Sahabat Bitter, membatasi atau menangguhkan akses ke akun toko Sahabat Bitter.

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga reputasi toko Sahabat Bitter: 
  1. Pantau serta perbaharui stok barang Sahabat Bitter setidaknya satu kali dalam sehari;
  2. Berikan deskripsi produk secara detil dan jelas, dilengkapi dengan foto asli dari produk yang Sahabat Bitter jual;
  3. Tanggapi pesan pembeli secara cepat dan tepat waktu;
  4. Pastikan kondisi barang Sahabat Bitter dalam keadaan baik sebelum pengiriman dilakukan ;
  5. Kemas pesanan secara hati-hati untuk menghindari kerusakan dalam pengiriman;
  6. Respon permintaan pengembalian barang/ dana secara cepat 
Jika Sahabat Bitter ingin membatalkan pesanan dikarenakan kejadian-kejadian yang tidak terduga, pastikan untuk segera memberitahukan pembeli dengan memberikan alasan yang jelas 

Lima  Belas Hal Yang Dilarang Shopee
1. Melanggar Ketentuan Umum Produk Shopee
Produk yang dijual di Shopee harus menampilkan informasi yang jelas dan dapat dimengerti. 

Mohon untuk hanya menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris untuk setiap produk yang dijual, karena sistem kami akan menghapus produk yang menggunakan bahasa lain demi kenyamanan pengguna. 

Shopee juga akan membatasi jenis produk yang dapat diperjualbelikan di Shopee sesuai Kebijakan Barang yang Dilarang dan Dibatasi.

2. Nama dan rincian produk tidak relevan
Shopee ingin seluruh pengguna Shopee mendapatkan informasi yang relevan ketika membuka sebuah halaman produk. 

Pastikan agar Foto, Nama dan Deskripsi Produk Sahabat Bitter sesuai dan benar-benar menampilkan produk yang ingin dijual. 

Setiap halaman produk hanya dapat digunakan untuk menjual satu jenis benda dan satu merk saja, kecuali jika produk yang dijual memang merupakan produk yang dijual secara paketan (bundling).

3. Foto produk yang mengandung unsur pornografi
Shopee merupakan platform yang dapat diakses oleh siapapun dan Shopee ingin menjaga kenyamanan seluruh pengguna. 

Sahabat Bitter dilarang mengunggah foto yang terlalu vulgar dan tidak sopan seperti foto yang menampilkan bagian dari alat kelamin manusia.

4. Mencantumkan kata-kata spam
Shopee melarang penggunaan kata-kata spam agar pengguna dapat mencari produk dengan mudah. 

Kata-kata spam merupakan kata yang tidak relevan atau tidak berkaitan dengan produk yang dijual.

Menambahkan nama merek, kata kunci atau hashtag yang tidak relevan akan menghambat proses pencarian produk, serta dapat menyebabkan produk dihapus atau diblokir oleh sistem Shopee. 

Contoh kata-kata spam yang dilarang: 
  • Menggunakan berbagai merek dalam satu nama produk. Contoh: Sepatu Olahraga Nike Adidas Puma Reebok Under Armour
  • Menggunakan kata kunci yang tidak relevan pada nama produk. Contoh: Jual sepatu celana jilbab gamis bagus. Selalu pastikan nama produk hanya memuat satu jenis barang yang sesuai dengan produk. 
  • Mencantumkan merek lain pada deskripsi produk selain produk yang dijual. Contoh: Produk kami merupakan produk terbaik yang setara dengan produk Adidas, Nike, Puma, Vans dan sebagainya. 
  • Mencantumkan angka atau huruf yang tidak relevan pada nama produk. Contoh: Kardigan Cotton On 234976779788666 atau Tas Consina QWERTYYIOPOPAS. 
  • Mencantumkan pengulangan kata berlebihan di nama produk. Contoh: Sepatu diskon diskon. 
  • Mencantumkan atribut merek yang salah atau tidak sesuai. Contoh: Jika produk yang dijual adalah Adidas, pastikan atribut dicantumkan dengan benar, bukan merek lain yang tidak relevan. 

5. Mengupload produk duplikat
Produk dikatakan sebagai duplikat apabila produk diupload berkali-kali tanpa ada perbedaan signifikan di antara mereka. 

Pengguna dilarang untuk mengupload produk duplikat dari akun manapun, termasuk apabila pengguna membuat akun berbeda untuk menjual produk yang sama dan berjualan dengan akun duplikat. 

Hal ini dapat menyebabkan produk Sahabat Bitter diblokir secara otomatis oleh sistem kami.


6. Menggunakan halaman produk lama untuk mengunggah produk baru
Halaman produk yang sudah memiliki penilaian dilarang keras digunakan untuk menjual produk yang berbeda.
Berikut contoh dari penyalahgunaan halaman produk:
  • Produk yang pertama dijual adalah sepatu wanita dengan banyak penilaian dari Pembeli. 
  • Saat stok sepatu wanita sudah habis atau produk sudah tidak dijual, Penjual mengubah foto, nama dan deskripsi sepatu wanita dengan tas wanita. 
  • Dengan demikian, tas wanita tersebut langsung memiliki banyak penilaian yang sebenarnya adalah penilaian untuk sepatu wanita. 
  • Hal ini menyebabkan penilaian menjadi tidak akurat. 
Apabila Shopee mendeteksi hal tersebut, produk Sahabat Bitter akan dibatasi. 

Sahabat Bitter dapat mengembalikan rincian halaman produk ke produk awal paling lambat dalam 3 (tiga) hari atau produk akan dihapus.

7. Manipulasi harga
Memanipulasi harga adalah sebuah pelanggaran dalam peraturan Shopee. Contohnya: mendaftarkan sebuah produk dengan harga yang sangat rendah dengan tujuan bukan untuk dijual ataupun dibeli oleh pengguna Shopee. 
Hal ini dapat menyebabkan produk Sahabat Bitter diblokir secara otomatis oleh sistem Shopee.

8. Mengarahkan Pembeli untuk transaksi di luar Shopee
Dilarang keras untuk mengarahkan Pembeli untuk melakukan transaksi di luar Shopee, seperti dengan mencantumkan nama, logo dan link tempat jual beli lain pada nama/ deskripsi produk/ toko Sahabat Bitter. 

Hal ini dapat menyebabkan produk Sahabat Bitter dihapus atau diblokir oleh sistem Shopee. 

Sahabat Bitter juga dilarang mencantumkan kontak pribadi seperti nomor handphone, whatsapp, maupun platform media sosial lain.

9. Pemalsuan identitas
Penipuan dan pemalsuan identitas adalah pelanggaran berat di Shopee. 

Hargai hak orang lain dan tuliskan dengan jelas jika Sahabat Bitter menggunakan foto orang lain (bukan foto sebenarnya).
Berikut adalah contoh pemalsuan identitas:
  • Mengumpulkan dan menggunakan data orang lain tanpa sepengetahuan mereka (seperti data diri, foto, dan data pribadi lainnya).
  • Menyalahgunakan identitas orang lain untuk meningkatkan kredibiltas akun Sahabat Bitter.
Bantu Shopee untuk menciptakan komunitas yang kuat! 
Jika Sahabat Bitter menemukan pemalsuan identitas atau hal yang dijelaskan di atas, segera hubungi Kontak Shopee di situs resmi Shopee

10. Barang palsu dan imitasi
Hanya produk asli yang dapat didaftarkan di Shopee. 

Perlu diperhatikan bahwa barang-barang palsu adalah illegal dan dilarang di Indonesia. 

Shopee berhak untuk melaporkan dan menghapus barang-barang yang terbukti palsu.

11. Penggunaan logo Shopee tanpa izin
Setiap penggunaan logo/ watermark Garansi Harga Termurah dan/ atau logo terkait Shopee lainnya untuk tujuan promosi dan/ atau tujuan marketing lainnya harus mendapatkan izin resmi dari pihak Shopee. 

Shopee berhak melakukan penghapusan dan/ atau penyesuaian konten, termasuk membatasi akun pengguna apabila diperlukan, untuk setiap penggunaan logo/ watermark Garansi Harga Termurah dan/ atau logo terkait Shopee lainnya yang terdeteksi tidak memiliki izin.

12. Menjual jasa
Shopee tidak mengizinkan pengguna untuk menjual jasa dalam bentuk apapun.

13. Kebijakan pengembalian barang
Penjual diperbolehkan untuk menetapkan kebijakan pengembalian barang sendiri selama tidak berlawanan dengan Kebijakan Pengembalian Barang Shopee.

14. Pelanggaran terhadap syarat layanan dan penipuan
Semua kode voucher dan Gratis Ongkir, diberikan kepada Penjual untuk membantu meningkatkan dan mengembangkan penjualan pengguna. Hal-hal di bawah ini dilarang keras dilakukan pada platform kami:
  • Pemalsuan informasi penjualan;
  • Penyalahgunaan diskon produk dan Gratis Ongkir;
  • Penyalahgunaan Voucher; dan
  • Penipuan dalam bentuk apapun

15. Mengganggu aktivitas berjualan pengguna lain
Shopee berhak membekukan akun dan/ atau membatalkan transaksi dan/ atau memberikan poin penalti apabila pengguna ditemukan melakukan tindakan yang mengganggu aktivitas berjualan pengguna lain.

Shopee memantau semua akun pengguna dan memastikan bahwa pengguna mematuhi semua peraturan komunitas Shopee. 

Pelanggaran terhadap peraturan ini dapat berdampak namun tidak terbatas pada tindakan di bawah ini:
  1. Penghapusan akun pengguna secara permanen;
  2. Pembekuan dana Garansi Shopee untuk investigasi jika diperlukan; dan
  3. Gugatan perdata dan/ atau pemberian ganti rugi materiil dan immaterial.
Setiap orang memiliki peranan penting dalam menjaga keamanan komunitas Shopee. 

Shopee terbuka bagi setiap orang untuk menggunakan platform Shopee dalam transaksi jual-beli. 

Dengan sikap saling menghargai, kita dapat menciptakan komunitas terbaik dalam berbelanja mobile. 

Jika Sahabat Bitter menemukan pelanggaran, Sahabat Bitter dapat memberitahu tim Shopee dengan melaporkan produk atau pengguna tersebut di sini. 

Perlu diperhatikan bahwa hal ini tidak menjamin penghapusan akun atau produk karena masih akan diproses melalui kebijakan Shopee.
☆☆☆☆
Inilah beberapa trik untuk membantu penjualan Sahabat Bitter
Menjual di Shopee sangat mudah. 

Tapi bagaimana caranya memastikan produk Sahabat Bitter laris terjual? 
Jangan khawatir, Sbopee punya beberapa tips untuk Sahabat Bitter :

1. Pastikan foto produk Anda menarik
Foto yang baik akan membantu penjualan Sahabat Bitter. 
Jika Sahabat Bitter menjual pakaian, ambil foto dengan model yang mengenakan pakaian tersebut atau tata dengan gantungan pakaian.

Pilih latar belakang dengan warna yang datar dan ambil fotonya dengan pencahayaan yang terang agar barang Sahabat Bitter terlihat menonjol.

Jangan lupa bereksperimen dengan sudut pandang yang unik, hal ini dapat membuat foto dan produk Sahabat Bitter terlihat lebih menarik.

2. Berikan deskripsi produk yang jelas
Selamat, pelanggan Sahabat Bitter telah melihat foto produk Sahabat Bitter dan saat ini ingin melihat rincian produk Sahabat Bitter.

Sahabat Bitter akan mendapatkan pembeli! 
Pastikan Sahabat Bitter telah memberikan semua informasi yang perlu diketahui mengenai produk Sahabat Bitter, seperti alasan menjual, harga asli, kondisi, warna, ukuran, bahan dan segala kerusakan maupun kecacatan.

3. Tetapkan harga yang paling baik
Hampir semua pelanggan mengutamakan pertanyaan: “Berapa harganya?” Tidak ada yang baru dalam hal ini; orang-orang selalu mencari barang bagus dengan harga miring. Barang murah akan laris dibeli, akan tetapi Sahabat Bitter dapat menghasilkan lebih banyak uang bila menunggu beberapa saat. Bandingkan dengan harga yang telah ditetapkan penjual lain, periksa apakah Sahabat Bitter dapat memberikan penawaran yang lebih baik.


4. Berikan pelayanan yang memuaskan
Usahakan perhatian, ramah dan cepat tanggap terhadap pelanggan Sahabat Bitter. 
Beberapa sentuhan personal akan memberikan pengalaman yang jauh lebih baik.

Sahabat Bitter dapat memberikan pengiriman pada hari yang sama, potongan harga untuk pengambilan barang langsung sendiri, catatan-catatan terima kasih ataupun tunjangan lain yang dapat membantu.

5. Lakukan promosi berkala
Promosi akan membuat pelanggan Sahabat Bitter senang dan semangat untuk promosi selanjutnya.

Cobalah beberapa teknik promosi untuk melihat mana yang paling menguntungkan Sahabat Bitter. 

Sahabat Bitter tetapi pastikan untuk tidak terlalu berlebihan.

Sahabat Bitter ingin pelanggan Sahabat Bitter menyukai produk Sahabat bitter, bukan cara penjualan Sahabat Bitter.

6. Publikasikan produk Sahabat Bitter di Media Sosial
Sebarkan katalog Sahabat Bitter dengan menggunakan fungsi penyebaran Media Sosial Shopee untuk menyebarkan toko Sahabat Bitter dengan cepat.

Kalau bisa, ajak teman Sahabat Bitter untuk membantu menyebarkannya! 
Mereka akan dengan senang hati membantu Sahabat Bitter menyebarkan atau bahkan ikut membeli produk Sahabat Bitter.

7. Simpan salinan slip pengiriman dan dokumen-dokumen pengiriman lainnya
Berikan informasi terbaru pada pelanggan Sahabat Bitter dengan mengirimkan foto slip dan dokumen pengiriman untuk menunjukkan bahwa Sahabat Bitter sudah mengirimkan barang mereka.

Dokumen-dokumen ini juga dapat digunakan sebagai bukti bahwa Sahabat Bitter telah menyelesaikan peran Sahabat Bitter sebagai penjual bila pelanggan lupa mengkonfirmasi penerimaan barang, atau bila barangnya hilang.

Dokumen-dokumen pengiriman barang dapat menjadi salah satu cara untuk menunjukkan bahwa toko Anda laris dan diakui.

8. Ikuti trend!
Jika seseorang membeli produk Sahabat Bitter, 
Sahabat Bitter dapat berasumsi bahwa dia juga tertarik dengan produk-produk sejenis di toko Sahabat Bitter.

Berikan mereka alasan untuk kembali dengan menambahkan produk-produk baru, atau bila tidak memungkinkan, luncurkan kembali produk lama Sahabat Bitter.

Hal ini akan membuat pelanggan Sahabat Bitter tetap setia datang ke toko Sahabat Bitter.
☆☆☆☆☆
Inilah beberapa tips berbelanja di Shopee!
Apakah Sahabat Bitter siap menemukan ribuan barang-barang baru ataupun yang pernah dipakai di Shopee?
Jika Sahabat Bitter tertarik dengan barang fashion, gadget, aksesoris ataupun mainan, Shopee memiliki beberapa tips untuk membantu Sahabat Bitter berbelanja:

1. Shopee menjamin keamanan transaksi Sahabat Bitter!
Shopee mengerti bahwa keamanan sangat penting bagi Sahabat Bitter. 
Oleh karena itu, Shppee merekomendasikan Sahabat Bitter untuk menggunakan metode pembayaran yang disediakan oleh Shopee yang termasuk dalam perlindungan Garansi Shopee: dengan transfer bank ke rekening bersama Shopee.

Dengan Garansi Shopee, Sahabat Bitter akan terlindungi disetiap pembelian barang.

Jangan khawatir bila Shopee tidak mendapatkan barang Sahabat Bitter, karena uang Sahabat Bitter akan tersimpan dengan aman di Shopee dan tidak akan diteruskan kepada penjual sebelum Sahabat Bitter menerima barang tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Garansi Shopee, silahkan klik di sini.

2. Kenali penjual dengan baik
Ketika Sahabat Bitter pertama kali membeli barang dari penjual tertentu, akan lebih baik jika Sahabat Bitter mencari tahu terlebih dahulu mengenai penjual tersebut.

Selain penilaian yang diberikan untuk penjual, lihat juga ulasan-ulasan produk dan beberapa produk lainnya yang ada di toko penjual tersebut.

3. Baca aturan toko
Setiap toko memiliki peraturannya sendiri:
Apakah mereka menerima tukar barang, tawar harga, pilihan untuk bertemu langsung atau jasa kurir, serta yang lainnya?
Penjual biasanya menampilkan peraturan tersebut di halaman profilnya.

Penjual akan sangat menghargai bila Sahabat Bitter membacanya terlebih dahulu, dan hal tersebut akan membantu pengalaman berbelanja Sahabat Bitter agar lebih mudah dan menyenangkan.

4. Manfaatkan fitur-fitur di dalam aplikasi Shopee
Pantau produk dan penjual yang Sahabat Bitter sukai dengan menandainya sebagai favorit Sahabat Bitter atau menambahkannya ke dalam keranjang belanja Sahabat Bitter.

Hal ini akan membantu Sahabat Bitter untuk membandingkan harga dan memungkinkan Sahabat Bitter untuk menghubungi penjual ketika Sahabat Bitter memutuskan untuk membeli.

Sahabat Bitter juga dapat menghubungi penjual secara langsung dengan fungsi Chat & Tawar di Shopee untuk bernegosiasi mengenai harganya ataupun untuk meminta informasi tambahan dan fotonya.

Percakapan melalui aplikasi akan tercatat dan dapat digunakan sebagai bukti bila terjadi penipuan.

5. Periksa kembali setiap detailnya
Sebelum memesan, periksa kembali setiap detail mengenai barang dan transaksinya:
Warna, ukuran, kondisi, waktu pengiriman, alamat Sahabat Bitter, nomor kontak, dan lainnya. 
Bila perlu, jangan ragu-ragu untuk meminta informasi lebih atau foto bukti barang.

6. Periksalah barang pesanan Sahabat Bitter
Transaksi tidak langsung selesai setelah Sahabat Bitter menerima barang.

Periksa barang Sahabat Bitter dengan sesama, dan bila barang Sahabat Bitter cacat atau tidak seperti penjelasan yang tertera, Sahabat Bitter dapat meminta pengembalian barang dalam waktu 24 jam.

Jika Sahabat Bitter memilih untuk bertransaksi offline, pastikan barangnya sesuai dengan pesanan Sahabat Bitter sebelum Sahabat Bitter memberikan uangnya kepada penjual.

7. Berikan penilaian dan ulasan
Ingatlah untuk selalu memberikan penilaian dan ulasan mengenai produk dan penjual setelah transaksi selesai.

Biarkan pembeli lainnya membaca pengalaman Sahabat Bitter yang dapat membantu mereka dalam berbelanja.

Tanggapan Sahabat Bitter juga akan membantu penjual untuk memajukan tokonya dan memungkinkan Shopee untuk terus-menerus meningkatkan pengalaman para pengguna.
☆☆☆☆☆
Nah, itulah tadi Trik dan Tips jual beli On-Line di Shopee, apakah Sahabat Bitter tertarik untuk mulai berwirausaha di Shopee?
Silahkan Sahabat Bitter Pikirkann sensidi.
☆☆☆☆☆

Baca Juga: