Mengenal Media Sosial Terbaru Quora Di Jagat Media Sosial Indonesia

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Mengenal Media Sosial Terbaru Quora Di Jagat Media Sosial Indonesia
Apakah Sahabat Bitter telah menggunakan Media Sosial Quora? ATAU jangan-jangan Sahabat Bitter baru tahu tentang media sosial ini?

Pada Hari Rabu 6 Februari 2019, blog Bitter Coffee Park telah menggunakan Media Sosia Quora dalam menyapaikan dan mengembangkan Blognya.

Dalam pendaftarannya pun cukup simpel, karena cukup menggunakan akun Google Sahabat Bitter dan semuanya Beres.

Bisa jadi alternatif lain setelah Google Plus di tutup oleh Google loooo...

Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang didirikan pada Juni 2009 dan diluncurkan pada tahap beta privat di bulan Desember 2009. Situs ini mulai dibuka untuk umum pada 21 Juni 2010.

Quora mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu dan memperbolehkan pengguna untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban.

Kompetitor Quora yang cukup signifikan adalah situs-situs bookmark sosial seperti Reddit, dan situs-situs jejaring sosial seperti Yahoo! Answers, LinkedIn, Answerbag dan Answers.com.

Dalam pembuatan Quara bisa di bilang pesaing dari Media Sosial Facebook yang sudah melekat di hati Pengguna Media Sosial di Indonesia.

Quora didirikan oleh Adam D'Angelo (mantan chief technical officer di Facebook) dan Charlie Cheever. 

D'Angelo keluar dari Facebook pada Januari 2010 untuk membuat Quora dan berkata bahwa dia terinspirasi untuk membuat Quora karena dia berpikir bahwa "banyak sekali situs questions-and-answers di Internet, tetapi tidak ada yang cukup bagus". 

Basis pengguna Quora tumbuh dengan pesat pada bulan Desember 2010.

Pada Maret 2010, Quora menerima modal dari Benchmark Capital sekaligus memberikan nilai start-up ini senilai 86 juta dolar.

TESTIMO
Salah satu kelebihan Quara adalah, Sahabat Bitter bisa membuat Artikel salayaknya Sahabat Bitter membuat Webaite pribadi.

Saling bertanya dan menjawab dalam menyampaiakn Opini dan pendapat.

Sahabat Bitter tidak akan menemukannya sendiri dengan mudah, kecuali ada penghuni yang cukup baik hati untuk mengundang Sahabat Bitter ke tempat yang disebut-sebut surga para introver itu.

Layaknya tempat berwisata, tempat ini dipenuhi manusia dari berbagai belahan dunia. 

Seperti pergi ke bar hotel kelas atas, Sahabat Bitter akan bertemu dengan orang-orang yang dengan latar belakang yang tidak terduga seperti penyanyi opera, pilot,astronot, orang yang selamat dari tragedi Holocaust, jurnalis, produser film, penulis, arkeolog, dan bahkan mantan narapidana.

Yang jelas ini semua akan lebih menambah wawasan Sahabat Bitter.

Sahabat Bitter bisa disebut orang yang sangat beruntung jika bisa bertemu dengan para penghuninya di dunia nyata di luar dari pertemuan khusus yang diadakan untuk para anggota sewaktu-waktu, mengingat jumlahnya yang sangat sedikit dibanding penghuni tempat lain seperti si burung biru, wajah buku, atau bunyi jam.

Di sini Sahabat Bitter akan mengenal sisi lain dari para introver yang adalah ciri khas mayoritas anggotanya. 

Mereka dengan aktif mengetikkan kata demi kata di gawai masing-masing, dan mengirim buah pikiran mereka yang sering tidak digubris oleh teman dan keluarga mereka di dunia nyata. 

Mereka juga senang menanyakan hal-hal yang dianggap aneh dan tak berguna bagi kebanyakan orang.

Banyak yang menemukan kedamaian sejati di sini, dimana sang moderator dengan setia mengusir orang-orang yang berniat merusak tempat yang indah ini. 

Para penghuni juga diberikan senjata yang cukup ampuh untuk melawan manusia yang dipenuhi kebencian yang berniat mengotori tempat ini.

Dan tidak heran bila banyak yang merasa nyaman di sini karena mereka sudah lelah dengan tempat lain yang penuh dengan orang beracun.

Sahabat Bitter akan melihat bahwa para penghuninya cukup cerewet, seringkali berkebalikan dengan kelakuan mereka di dunia nyata.

Indonesia kebetulan adalah salah satu negara yang cukup beruntung, karena pemilik tempat ini baru-baru saja menyetujui terbentuknya daerah khusus untuk penghuni yang bisa dan tertarik dengan bahasa Indonesia dan hal-hal terkait negeri itu sendiri.

Oh tapi sebaiknya Sahabat Bitter mengingat beberapa hal sebelum berkunjung ke tempat ajaib tapi nyata ini.

Banyak di antara para penghuni senang sekali dengan bahasa yang baku, disertai tanda baca yang pas.

Ya saya tahu ini hal yang melelahkan bagi kebanyakan orang, mungkin termasuk Sahabat Bitter yang sedang membaca curhatan panjang ini.

Tapi ini adalah secuil tempat dimana Blog Bitter Coffee Park bisa melakukan hal yang sepantasnya dilakukan ini dengan leluasa.

Perlu juga diingat bahwa meski para penghuni di sini banyak yang memiliki otak yang cemerlang, mereka sangat tidak senang membantu Sahabat Bitter mengerjakan pekerjaan dari sekolah. 

Mereka adalah orang-orang dengan penganut aliran keras bahwa PR dan skripsi harus dikerjakan sendiri, dan jangan kaget bila mereka menjawab pertanyaan Sahabat Bitter dengan sangat bagus tapi sangat tidak membantu. 

Jika Sahabat Bitter tidak sadar dan menjiplak seluruh jawaban yang mereka sajikan, kemungkinan besar Sahabat Bitter justru akan dicap sebagai plagiator oleh guru dan dosen Sahabat Bitter.

Sahabat Bitter juga perlu tahu bahwa ini bukan tempat yang berguna jika Sahabat Bitter berniat menggunakannya untuk mencari popularitas. 

Sahabat Bitter akan dikecewakan kalau Sahabat Bitter ke sini berniat untuk mencari sebanyak-banyaknya dukungan naik dari para penghuni. 

Sekalipun Sahabat Bitter mendapatkannya, hal itu hampir tidak berpengaruh akan kehidupan Sahabat Bitter di dunia nyata.

Untuk Sahabat Bitter yang entah bagaimana caranya telah berhasil menemukan tempat ini, selamat bergabung!

Mungkin awalnya Sahabat Bitter hanya ingin membaca karangan penghuni lainnya, namun lama-kelamaan Sahabat Bitter akan memberanikan diri untuk meninggalkan jejak tulisan Sahabat Bitter sendiri di sini.

Lain kali Sahabat Bitter merasa bosan, cobalah lirik orang-orang di sekitar Sahabat Bitter. 

Di antara sekumpulan layar gawai yang warna-warni, cobalah perhatikan baik-baik jika ada yang berwarna merah. 

Siapa tahu Sahabat Bitter beruntung, dan Sahabat Bitter berhasil menemukan para penghuni yang konon lebih sulit ditemukan dari teleskop Hubble yang mencari planet berpenghuni di luar angkasa. 

Hati-hati untuk tidak tertipu dengan tempat terkenal lain yang layarnya juga warna merah, iya yang simbolnya tombol play itu.

Untuk Sahabaat Bitter yang telah dengan setia dan sabar membaca tulisan Blog Bitter Coffee Park, terima kasih. 

Sebagai imbalan atas jasa Sahabat Bitter, Bitter Coffee Park akan memberi sebuah tips yang sangat berguna jika Sahabat Bitter mau berinteraksi dengan para penghuni.

Terkhusus untuk penghuni daerah Indonesia, banyak dari mereka adalah penganut Indomieisme. 

Jika Sahabat Bitter ingin menjalin hubungan akrab dengan mereka, Sahabat Bitter cukup menunjukkan seberapa besar kecintaan Sahabat Bitter akan santapan tersebut, dan alhasil mereka akan dengan senang hati menyambut Sahabat Bitter.

BAGI PARA PEMULA
Bagi Sahabat Bitter yang baru mengenal Media Sosial Quara janganlah kuatir atau bengung dalam mengaksea media sosial ini.

Bitter Coffee Park akan mencoba membuat ulasan singkat agar Sahabat Bitter dapat langsung mencoba menggunakan media sosial Quara ini.

Berikut ini yang perlu dilakukan oleh Quora pemula : 
  • Jangan menggunakan nama yang aneh-aneh. Gunakan akun Quoramu dengan nama asli kalau bisa dengan nama lengkap. 
  • Pasang foto di akunmu. Disarankan menggunakan foto aslimu. 
  • Tulis kredensial di profilmu mulai dari nama sekolah, kampus, tempat kerja dan profesimu. 
  • Tuliskan deskripsi tentang dirimu di profil akunmu. 
  • Ikuti topik-topik yang kamu minati. 
  • Mulailah coba dengan memberikan pertanyaan terlebih dahulu. 
  • Baca jawaban dari para penjawab yang ada di berandamu. Beri dukungan jika kamu menyukai jawaban tersebut. Pelajari cara menjawab di Quora. 
  • Beranikan dirimu untuk menjawab pertanyaan yang kamu tahu atau mungkin kamu kuasai. 
  • Saat menjawab pertanyaan perhatikan hal-hal berikut ini:
  1. Usahakan jangan menjawab dengan 1 kalimat. 
  2. Menjawab dengan menggunakan bahasa Indonesia yang benar. 
  3. Jangan menjawab dengan bahasa terlalu gaul. 
  4. Gunakan Cetak miring kalimat dalam bahasa asing. 
  5. Gunakan gambar untuk mempermudah pembaca memahami apa yang kamu tulis. 
  6. Lalu cantumkan sumbernya sebagai bentuk penghargaan kepada web link yang kamu ambil. 
  7. Cantumkan sumber bacaan yang kamu ambil. 
  8. Mulailah berinteraksi dengan para pengguna Quora. 
  • Caranya dengan berbalas komentar tapi harus mengikut aturan BNBR: ‘Be Nice, Be Respectful’. Aturan itu juga berlaku saat kamu menjawab sebuah pertanyaan. 
  • Jangan terlalu mengharapkan upvote (dukungan) dari jawabanmu. 
  • Teruslah menjawab dengan sepenuh hati kamu. 
  • Jika isi tulisanmu bagus dan bermanfaat bagi orang lain maka dengan sendirinya jawabanmu akan diberi dukungan oleh para pengguna Quora. 
Sekian, semoga bermanfaat ya. Terima kasih telah membaca artikel Blog Bitter Coffee Park ya.

Jangan Lupa Ikuti Quora Blog Bitter Coffee Park Ya.. bila sudah gabung... [Klik Ikuti]
☆☆☆☆☆
Dama Novantono
Dama Novantono
Penulis di Blog Bitter Coffee Park
Filosofi Blog BITTER COFFEE PARK
Pesan yang tertuang dalam BITTER COFFEE PARK:
Kita harus menyudahi menganggap yang bukan ilmu atau belum ilmu sebagai ilmu dan kebenaran.
Jangan sampai kita salah sangka sehingga menganggap segala sesuatu yang ada di Artikel Blog BITTER COFFEE PARK sebagai sebab timbulnya perasaan terancam, kebingungan dan ketakutan.
Oleh karena itu, koreksi dari Sahabat Bitter tentang Tulisan-Tulisan Artikel yang ada bisa menjadi Referensi yang baru.
Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

Salam Hangat.... 
Salam Secangkir Kopi...

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT