Jokowi Save Korban Gempa Lombok

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Jokowi Save Korban Gempa Lombok
Presiden Joko Widodo (Jokowi)bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi hendak meninjau langsung penanganan bencana gempa di sana.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan, Jokowi bertolak ke NTB melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Senin (13/8/2018) menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 pukul 13.20 WIB. Setibanya di NTB, Jokowi akan meninjau posko pengungsian gempa Lombok yang terjadi pada Minggu, 5 Agustus 2018 lalu.

Tiba di Bandar Udara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat sekitar pukul 16.08 WITA, Presiden melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pamenang, Kabupaten Lombok Utara dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Lombok Utara adalah daerah yang paling terdampak gempa karena berdekatan dengan pusat gempa.

Bey menjelaskan, berdasarkan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga hari ini menyebutkan 436 orang meninggal dunia akibat gempa bumi 7 SR. Korban meninggal dunia tersebar di Kabupaten Lombok Utara 374 orang, Lombok Barat 37 orang, Kota Mataram 9 orang, Lombok Timur 12 orang, Lombok Tengah 2 orang dan Kota Lombok 2 orang.

Sementara itu, lanjut Bey, korban luka-luka tercatat 1.353 orang, dengan rincian 783 orang luka berat dan 570 orang luka ringan. Korban luka-luka paling banyak terdapat di Lombok Utara sebanyak 640 orang.

Berdasarkan data dari Posko Tanggap Gempa Lombok hingga Senin ini, tercatat ada 352.736 pengungsi. Sebaran pengungsi terdapat di Kabupaten Lombok Utara 137.182 orang, Lombok Barat 118.818 orang, Lombok Timur 78.368 orang, dan Kota Mataram 18.368 orang.

Selain korban jiwa, kata Bey, BNPB juga mencatat kerusakan fisik yang meliputi 67.875 unit rumah rusak, 606 sekolah rusak, 6 jembatan rusak, 3 rumah sakit rusak, 10 puskesmas rusak, 15 masjid rusak, 50 unit mushola rusak, dan 20 unit perkantoran rusak. Hasil sementara hitung cepat kerusakan dan kerugian akibat gempa di NTB mencapai lebih dari Rp5,04 triliun.

Di Kabupaten Lombok Utara Presiden akan meninjau dapur umum, trauma healing, posko pengungsian korban bencana dan rumah sakit lapangan. Presiden juga akan menyerahkan bantuan secara langsung kepada para korban.

Setelah itu, Presiden akan menuju tenda untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan ke Provinsi NTB antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda Trisno Hendradi, Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono dan Staf Khusus Presiden Siti Ruhaini Dzuhayatin. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau beberapa tenda pengungsian korban bencana gempa di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam tinjauannya itu, Jokowi menunaikan salat Magrib berjemaah dengan para pengungsi.

Informasi yang dihimpun, Senin (13/8/2018), salat Magrib itu dilaksanakan saat Jokowi melakukan peninjauan penanganan para pengungsi di Dusun Karangkates, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Saat peninjauan itu, Jokowi juga berdialog dengan warga.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi semangat kepada anak-anak sekolah, korban gempa di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau korban gempa di Dusun Trengan, Kecamatan Pemenang Timur, Kabupaten Lombok Utara.

Jokowi pun sempat berdialog dengan sejumlah siswa sekolah korban gempa.
Saya perwakilan dari siswa sekolah ingin menanyakan sekolah yang saat ini hancur. Sementara kami akan mendekati ujian nasional. Bagaimana cara kami agar kami bisa mengikutinya dengan baik?.
tanya seorang anak kepada Jokowi, Selasa (14/8/2018).

Mendengar hal itu, Jokowi berupaya menguatkan hati para anak sekolah yang berada di pengungsian. 

Dirinya mengajak mereka untuk tetap bersemangat serta menunggu pembangunan kembali sekolah-sekolah mereka yang rusak akibat gempa.
Anak-anakku semua, ini adalah sesuatu yang tidak kita duga. Kita harus menerima ini dengan tawakal. Kita harus bersemangat lagi. Sekolah akan segera dibangun dalam dua minggu ini.
kata Jokowi.

Adapun untuk pelaksanaan ujian yang dikhawatirkan oleh anak tersebut, Jokowi memastikan bahwa hal itu akan menjadi perhatian khusus bagi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Hal yang sama sebelumnya juga pernah terjadi di beberapa daerah lain di Indonesia di mana pihak terkait memfasilitasi anak-anak sekolah untuk dapat mengikuti ujian dengan baik.
Saya kira tidak akan menyulitkan anak-anak, semua akan dipermudah. Ini di Banjarnegara pernah kejadian, di Aceh, Pidie, pernah kejadian. Jadi saya mengalami dan melihat seperti ini persiapannya kurang lebih sama, penanganannya juga sama.
tambah Jokowi.
Lima Arahan Jokowi

Informasi yang disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin, rapat terbatas tersebut digelar di tenda yang dibangun di halaman RSUD Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Sejumlah arahan diberikan Jokowi agar penanganan pasca gempa dapat berjalan dengan baik dan segera memulihkan perekonomian wilayah setempat.

PERTAMA
Memastikan betul jumlah rumah rusak berat maupun rusak sedang dan rusak ringan.

Jokowi mengatakan data-data terkait kerusakan rumah milik warga saat ini sangat dibutuhkan untuk memudahkan pemerintah pusat mendistribusikan bantuan yang akan diberikan kepada tiap kepala keluarga.

Bagi warga yang rumahnya rusak berat, pemerintah telah menetapkan akan memberikan bantuan Rp 50 juta.

KEDUA
Jokowi memerintahkan agar bantuan bagi warga yang tempat tinggalnya mengalami kerusakan berat diserahkan mulai Selasa (14/8).

Jokowi menargetkan seribu kepala keluarga telah mendapatkan bantuan esok hari.

D segera di serahkan bantuan untuk rumah yang rusak berat.

Jokowi harapkan besok paling tidak minimal bisa seribu diserahkan.

Kemudian setelah itu penyerahan bantuan untuk perbaikan rumah lainnya segera dilaksanakan terus.

KETIGA
Jokowi ingin agar aktivitas perekonomian di daerah terdampak gempa dapat segera dipulihkan.

Dalam instruksinya, Jokowi meminta jajarannya turut memprioritaskan perbaikan fasilitas-fasilitas penunjang perekonomian.

Untuk fasilitas-fasilitas umum yang berkaitan dengan ekonomi, misalnya pasar, agar ini didahulukan. Terutama pasar-pasar yang rusaknya ringan agar segera diperbaiki dan masyarakat didorong untuk beraktivitas ekonomi kembali.

KEEMPAT
Jokowi ingin warga setempat diberi edukasi mengenai pembangunan rumah yang tahan gempa untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi jika bencana tersebut kembali melanda di kemudian hari.

Harus di mulai pembangunan rumah harus dengan konstruksi Risha (Rumah Instan Sederhana Sehat).

Konstruksi Risha ini nanti akan dikawal oleh Kementerian PU sehingga betul-betul rumah yang ada sebanyak yang tadi sudah disebutkan betul-betul rumah yang tahan gempa.

KELIMA
Jokowi menginstruksikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat turut membenahi fasilitas-fasilitas pendidikan dan kesehatan yang rusak maupun hancur karena gempa.

Jokowi minta Kementerian PU untuk fasilitas umum yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan satu per satu dimulai.

Jangan sampai terlalu lama tidak disentuh sehingga anak-anak nanti tidak bisa belajar dan kegiatan belajar-mengajar di sekolah juga dapat harapkan bisa pulih kembali.
Saat Jokowi Imami Salat Magrib

Seusai perbincangan, Jokowi lantas menunaikan salat Magrib. Dari foto yang diterima, Jokowi mengambil wudu di tempat penampungan air bersih untuk para pengungsi. Tampak Gubernur NTB TGH Zainul Majdi turut mengambil wudu.

Salat Magrib kemudian digelar di bawah tenda yang dibangun seadanya. Sajadah juga tak banyak. Untuk mengganti sajadah, kain khas Lombok digelar untuk saf jemaah.

Tenda tersebut juga didirikan dengan tiang-tiang dari bambu. Untuk penutupnya, dipasang 'dinding' yang dibuat dari plastik karung.


Saat hendak salat, awalnya Jokowi mempersilakan TGB menjadi imam. Tetapi TGB dan warga justru meminta Jokowi yang menjadi imam. Salat Magrib pun dilaksanakan bersama warga di tenda pengungsian tersebut.

Sebelumnya, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Jokowi menyambangi lokasi pengungsian Desa Gondang, Kecamatan Gangga.
Di lokasi tersebut, Kepala Negara sempat berdialog dengan warga, menghibur anak-anak di tenda pengungsian, dan melaksanakan ibadah salat Magrib berjemaah bersama warga setempat.
ucap Bey dalam keterangan tertulis.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT