Misteri Sandi Rahasia Kryptos yang Membingungkan di Monumen CIA

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Misteri Sandi Rahasia Kryptos yang Membingungkan di Monumen CIA
Teka-teki misteri dunia yang belum terjawab tak hanya terjadi di peradaban jaman kuno saja. Di masa modern pun ada sebuah pesan rahasia yang tersembunyi pada ukiran Monumen patung kriptografi (Kryptos).

Bangunan monumen ini sendiri berada di dalam markas besar Agent CIA Pusat di Langley, Virginia USA. Pesan itu berisikan kode-kode rahasia dan sudah berpuluh-puluh tahun tidak ada yang mampu memecahkan pesan misterius dalam tulisan tersebut.

Monumen Kryptos dibuat oleh seorang seniman patung bernama James Sanborn pada 3 November tahun 1990. Dalam monumen itu ada 2000 karakter tulisan, 869 abjad rahasia yang kesemuanya tidak tersusun dan berantakan. Kryptos sendiri dalam bahasa Yunani mengandung makna ‘tersembunyi’.

Diduga sang seniman ingin menyampaikan sebuah pesan rahasia untuk menantang para Agen CIA memecahkannya. Namun sudah 16 tahun lamanya sejak monumen itu didirikan sampai sekarang, tidak ada satupun para agen CIA yang sanggup menjawab teka-teki Kryptos ciptaan James Sanborn.

Bahkan sebagian dari mereka sampai malas bekerja, karena sangat penasaran ingin memecahkan jawaban itu.

Hingga di tahun 1999 Jim Gillogly, seorang anggota CIA yang dikenal sebagai pakar komputer dengan menggunakan bantuan aplikasi software buatannya, berhasil memecahkan 3 enskripsi pesan rahasia Kryptos, dan menyisakan 1 enskripsi dengan 97 karakter yang belum terungkap.

Meski James Sanborn masih hidup sampai kini, ia berkata tidak akan membocorkan pesan rahasia itu kepada para CIA.

‘Sampai aku mati pun, aku tidak akan membocorkan rahasia itu, biarlah waktu yang nanti akan menjawab teka-teki Kryptos. Yaa itu realita, para agen CIA pun sampai menjulukiku sebagai agen setan paling menyebalkan karena aku tidak mau memberitahukan rahasiaku, ungkap James Sanborn sambil tertawa penuh kemenangan.
☆☆☆☆☆☆

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT