Surat Untuk Sahabat Sejatiku

Di sini aku memikirkanmu, aku ingin menuliskan surat ini untukmu sahabatku.

Sejak pertama kita bertemu, aku tidak ingat persisnya bagaimana kita bisa bersama tetapi aku bersyukur sekali memilikimu dalam hidupmu.

Berjalan bersama, mengukir cerita-cerita persahabatan indah yang lengkap dari cerita kesal,sedih, marah, bahagia, bangga, dan rindu.
Kamu sahabatku yang selalu ada saat aku membutuhkan kasih sayang dan benuk perhatian tulus. Aku beruntung karena kamu selalu ada untukku bahkan untuk mendengarkan cerita-cerita yang mungkin hanya membuatmu lelah. Tetapi perhatianmu mengalahkan segala rasa sedih yang ada.

Mungkin kamu dikirim oleh Tuhan untuk melengkapi kisah hidupku.

Aku tidak pernah menyangka bahwa perjalanan kita jauh hingga sekarang.

Meskipun sekarang kita tidak lagi melewatkan hari-hari bersama lagi, tetapi aku akan dengan senang hati menghubungimu untuk bertanya, 
Apa kabarmu hari ini?
Bagaimana dengan kisah persahabatan kita di masa depan? 
Kita tidak pernah tahu, tetapi kita selalu berangan-angan untuk memberi kabar.

Aku percaya bahwa ketulusanku menyayangimu sebagai sahabat akan selalu sampai direlung hatimu.

Kita akan bertemu kembali untuk bercerita kisah-kisah seru di masa kita menimba ilmu bersama.

Aku akan dengan senang hati menunggu kabar dari sahabat sepertimu.

Terimakasih untuk menjadi sahabatku, sekarang dan untuk selamanya.
My life is not complete without you.
Aku sayang padamu.
☆☆☆☆☆
Kata “sahabat” berasal dari “sahiba” yang berarti menyertai. Dengan kata lain, sahabat adalah orang selalu menyertai kita di dalam kehidupan. Ikatan sebuah persahabatan bahkan bisa lebih erat dibandingkan dengan pasangan hidup dilihat dari sudut pandang yang berbeda tentunya.

Sahabat sejati sesungguhnya bisa merasakan rasa sakit ketika kita merasakan sakit dan juga akan sangat bahagia ketika kita bahagia, begitupun sebaliknya.

Sahabat yang sejati tentunya tidak akan memiliki niat untuk menghianati, meninggalkan ataupun menjerumuskan kita ke jalan yang salah. Sahabat sejati sesungguhnya akan selalu menyertai kita disaat kita berada dibawah maupun ketika kita diatas.

Ibarat kata, sahabat akan mematai-matai orang yang kita sukai sedangkan teman bisa merebut orang yang kita suka. Jadi, sahabat sejati akan selalu condong dengan sesuatu yang memiliki kebaikan untuk kamu.


Bahkan dalam islam, sahiba atau sahabathubungannya lebih indah. Seorang sahabat sejati akan membantu kita dalam kebaikan dan pasti akan menasehati kita dalam keburukan.

Arti sahabat yang paling dalam adalah tidak memiliki rasa iri, dengki maupun niat lain yang bisa mencelakakan kita.

Bahkan seorang sahabat yang benar-benar baik tidak akan pernah memiliki niat memberi atau menerima dengan asas pemanfaatan. Ikhlas lillahita’ala.

Biasanya, sahabat sejati dimulai dengan pertemanan saat kita masih kecil. Semakin dewasa hubungan itu akan semakin erat seiring dengan permasalahan yang menghampiri individu satu sama lain.

Sebuah permasalahan bisa menyatukan bahkan mempererat hubungan persahabatan. Tentunya permasalahan tersebut bisa dipecahkan oleh kedua belah pihak, maka keterkaitan dan keyakinan hati akan bertambah.

Cobalah untuk mencoba memecahkan masalah bersama sahabat, entah itu masalah dalam sekolah, keluarga atau masalah pribadi.

Seorang sahabat sejati akan memberikan solusi sesuai dengan permasalahan yang kamu hadapi. Jikapun Ia tidak bisa memberikan solusi, setidaknya Ia mampu mendengarkan masalahmu.

Secara tidak sadar kamu sudah membuat hati lega ketika mau menceritakan masalah yang sulit diterima akal dan perasaan.

Sahabat adalah keluarga yang bisa kamu pilih sendiri. Ketika kamu merasa sedih, kamu bahkan lebih banyak bercerita pada sahabatmu daripada ke keluarga sendiri. Untuk menunjukkan rasa sayang itu, kamu bisa mengungkapkan kata-kata indah untuk sahabat.

Persahabatan bukanlah tentang siapa yang datang lebih dahulu dalam hidupmu dan siapa yang kenal kamu lebih lama. Seringkali orang-orang yang datang dalam hidupmu dan tidak pernah meninggalkanmu lah yang perlu kamu perhatikan.

Karena mereka yang memutuskan untuk tetap tinggal meski sudah tahu segala keburukan dan kebodohanmu itulah sahabat sejatimu. Di bawah ini ada beberapa kata-kata indah untuk sahabat yang bisa kamu gunakan untuk menunjukkan rasa sayangmu pada mereka.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang berbahagia disaat sahabatnya mendapatkan kebahagiaan.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang berani menegur dan memberikan nasehat di saat sahabatnya melakukan kesalahan.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang siap berbagi keluh kesah dan penderitaan yag sedang di alami oleh sahabatnya.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang memberi semangat di saat sahabatnya kehilangan semangat.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang dengan sepenuh hati memberikan dorongan kala sahabatnya mulai putus asa.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang selalu memberikan energi kebaikan untuk sahabatnya.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang selalu mengajak pada jalan yang diridho Allah SWT.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang tidak akan pernah membiarkan sahabatnya bergelimang dosa.

Seorang sahabat sejati adalah seorang sahabat yang tidak hanya ingin diberikan perhatian dari sahabatnya tetapi ia pun memberikan perhatian kepada sahabatnya.

Seorang sahabat sejati tetap saling menasihati dalam kebaikan dan jalan kebenaran walau itu pahit adanya.

Seorang sahabat sejati akan tetap menjadi sahabat sejati tidak lekang oleh waktu dan jarak.

Semoga kita menemukan seorang sahabat sejati yang saling terikat atas dasar kecintaan pada Allah SWT.
☆☆☆☆☆

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT