Kenari Roller

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Kenari Roller
Hampir semua manusia pasti mengetahui burung Kenari, terutama kaum pria.

Mereka kebanyakan memeliharanya hanya sebatas hobi, dan ada pula yang menggunakannya untuk sumber penghasilan.

Sebab dengan mengembangbiakkannya, kita menjadi mempunyai peluang bagus ke depannya.

loading...

Alasan mayoritas orang menyukainya itu, karena suaranya merdu sekali, memiliki bulu dan warnanya mempesona. Selain itu memaster Kenari juga mudah.

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.

Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis lainnya.

Keneri Roler adalah suatu jenis Kenari yang berasal dari keturunan Jerman, dikembangkan di area penggunungan di sekitar sana yang bernama Hartz. Oleh karena itu, burung ini juga sering dipanggil dengan nama Harzer. Keunggulan yang paling menakjubkan, yaitu mempunyai suara yang begitu merdu, kualitasnya di atas rata-rata. Pakan yang diberikan kepadanya setiap hari, sangatlah mempengaruhi kicauannya. Jadi rawatlah lebih intensif ya, kalau kamu ingin memilikinya.

Kabarnya disaat perlombaan diadakan, kita bisa mengenali ciri-ciri Kenari Roller, yaitu dengan menaruhnya ke dalam sangkar, lalu bagian depannya ditutupi kain. Kemudian jika penutupnya dibuka, maka burung tersebut harus berkicau. Itu semua otomatis terjadi, sebab telah dilatih dahulu sebelumnya. Pada umumnya cara memasternya dengan memutarkan suara dengan CD, dan Kenari itu menirukan dengan kicauaanya yang luar biasa.

Di dunia ini jenis Kenari Roller memiliki beraneka ragam ukuran, rata-ratanya sekitar 7,5 cm. Karakteristik burung ini, yaitu saat berkicau suaranya bisa ngerol, warnanya ada yang hijau dan juga kuning, mempunyai garis pada bagian punggungnya, di bawah dagunya ada gelembung suaranya. Selain itu nada kicauannya kalau tinggi melengking, sedangkan jika rendah tak kalah merdunya, dan suaranya pun bervariasi sebab Kenari ini termasuk Song Canary.

Dalam perawatannya, lebi baik jangan menjemurnya secara berlebihan, karena buung ini tak tahan saat cuaca panas. Berilah kandang yang ada simulasi cahayanya, lengkapilah dengan lampu spektrum. Selanjutnya perlu diketahui, bahwa proses perkawinan jenis Kenari Roller yang jantan, cenderung sikapnya kasar kepada yang betina. Akan tetapi setelah itu akur kembali, dan selang beberapahari akan menghasilkan telur sekitar 4 butir yang warnanya putih kombinasi bintik coklat.
☆☆☆☆☆

Baca Jenis-Jenis Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT