Kenari Norwich

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Kenari Norwich
Hampir semua manusia pasti mengetahui burung Kenari, terutama kaum pria.

Mereka kebanyakan memeliharanya hanya sebatas hobi, dan ada pula yang menggunakannya untuk sumber penghasilan.

Sebab dengan mengembangbiakkannya, kita menjadi mempunyai peluang bagus ke depannya.

Alasan mayoritas orang menyukainya itu, karena suaranya merdu sekali, memiliki bulu dan warnanya mempesona. Selain itu memaster Kenari juga mudah.

loading...

Burung kenari (Serinus Canaria) pertama ditemukan Oleh Pelaut Perancis Jean de Berthan Cout di Kepulauan Canary pada abad ke-15.

Negara Belanda yang kini lebih dikenal sebagai negara pengekspor kenari Indonesia, semula mendatangkan kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia kemudian kenari tersebut dikawinkan dengan kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis lainnya.

Konon saat ada pembantaian dari bangsa Spanyol, penenun bangsa Flam lari ke Inggris tepatnya di wilayah Norwich. Mereka adalah pemelihara pertama jenis Kenari Norwich. Disanalah burung ini telah dilestarikan, dan diberi sebutan nama John Bull. Kabarnya Kenari ini tergolong dalam spesies postur, sebab dia tidak menonjolkan suara dan warnanya, tetapi cenderung lebih mengedepankan fisiknya. Burung ini sejak tahun 1800 terkenal sebagai jagoan dari kota Norwich, bahkan sampai dijadikan logo klub sepak bola Norwich City FC.

Kenari Norwich memiliki nama latin, yaitu Serinus canaria domesticus. Sudah tak asing lagi kalau ada 2 jenis Kenari Norwich, yaitu ada yang berkepala polos atau versi standar, dan ada juga versi berjambul. Adapun ciri-ciri dari burung ini, antaralain bentuknya serba kebulatan, memiliki punggung yang lebar dan pendek, bulunya tebal, dadanya bidang. Selain itu ekor, sayap, serta paruhnya pendek, dan warnanya ada yang hijau, kuning serta putih, akan tetapi yang paling banyak dijumpai adalah yang berwarna hijau.Panjang tubuhnya dari paruh sampai ujung ekor bisa mencapai 16 cm.

Pakan Kenari Norwich yang paling disukai, yaitu repe seed serta canary seed. Sebaiknya jangan lupa diberilah vitamin, sayuran, dan sotong secara rutin, demi kehesatannya. Buatkanlah kandang yang ada tangkringannya, namun letaknya agak tinggi agar burung ini bisa melihat ke bawah ketika bernyanyi.

Selain itu mandikanlah dengan teratur, dan kalau kukunya sudah panjang potonglah. Serta yang tak kalah pentingnya, sangkarnya harus sering dibersihkan. Hindarilah kandang yang basah, serta dingin, agar fisiknya tidak drop, dan pastikanlah burung ini aman dari gangguan predator, seperti tikus dan sebagainya.

Perlu diketahui bahwa menernak Kenari Norwich bukanlah hal yang mudah, lumayan cukup sulit. Harus benar-benar memperhatikan kualitas bulu dari dua jenis Kenari induk yang akan dikawinkan , supaya keturunannya bagus.

Biasanya musim kawin burung ini, terjadi saat bulan Desember sampai April.Biasanya proses pengeraman telurnya juga agak sulit, sehingga banyak peternak yang harus lebih keatif mencarikan solusinya, misalnya dengan memindahkan telurnya untuk dierami Kenari kawannya.

Di negara Inggris Kenari Norwich mempunyai harga pasaran sekitar $80 – $150. Kalau kamu berencana membelinya, tenang saja karena banyak yang menjualnya baik itu peternak, klub nurung, maupun di internet juga ada yang memasarkannya.Di Indonesia harganya cukub beragam, tergantung variasinya. Kabarnya kalau yang baru berumur 9 bulan Kenari Norwich harganya Rp. 1.250.000, dan yang paling mahal hanya sampai Rp. 3.000.000. Namun harga sewaktu-waktu dapat berubah.
☆☆☆☆☆
Baca Jenis-Jenis Lainnya:

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT