Heraklius Di Kerajaan Ubur-Ubur Serang Banten

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Heraklius Di Kerajaan Ubur-Ubur Serang Banten
Masyarakat saat ini diresahkan dengan pernyataan seorang wanita bernama Ratu Aisyah dan suaminya Rudi Chairil Anwar dari kota Serang, Banten, yang mengaku sebagai pemilik Kerajaan Ubur-ubur. 

Dalam sebuah video siaran langsung Aisyah mengklaim bahwa ia adalah utusan dewa.
Akulah Heraklius yang memiliki tugas dari 12 bintang dan 12 dewa.
kata Aisyah sebagaimana dikutip dalam videonya.

Sejarah Heraklius
Heraklius (bahasa Latin: Flavius Heraclius Augustus, bahasa Yunani: Φλάβιος Ἡράκλειος ca. 575 – 11 Februari 641) adalah Kaisar Bizantium (Romawi Timur) sejak 610 sampai 641 M.

Didalam sejarah, Heraklius dinobatkan sebagai Kaisar Bizantium, setelah berhasil melengserkan Pochus. 

Pada masa kekuasaannya Bizantium beberapa kali terlibat dalam pertempuran dengan Kerajaan Persia Sassaniyah, dalam memperebutkan sejumlah wilayah kekuasaan di kawasan Asia Barat seperti Suriah dan Anatolia.

Pada tahun 626, Pasukan Bizantium berhasil mengalahkan tentara Persia Sassaniyah dalam Perang Niniveh, setelah memperoleh kemenangan dalam pertempuran atas Sassaniyah, wilayah kekuasaan Bizantium menjadi semakin luas. 

Untuk merayakan kemenangannya tersebut, Kaisar menziarahi Gereja Makam Suci yang terletak di Palestina, pada saat merayakan kemenangannya di Palestina, Heraklius mendapat kiriman surat dari Rasulullah Muhammad SAW yang memintanya untuk menganut agama Islam. 

Meski menolak masuk Islam, Heraklius tetap menghargai surat Rasulullah.

Meski pernah dekat dan sempat menjalin persahabatan dengan kaum muslim, pada masa kekuasaannya, Kekaisaran Bizantium beberapa kali terlibat konflik dengan kaum muslim, seperti dalam Perang Mu'tah, Perang Tabuk dan Perang Yarmuk, yang pada ahirnya menyebabkan sebagian wilayah kekuasaan Bizantium di rebut oleh orang-orang Arab Muslim.

Menurut Ahli Psikiater
Mendengar pernyataan seperti itu banyak warga net menanggapi bahwa penganut Kerajaan Ubur-ubur tidak masuk akal bahkan gila. Nah bagaimana komentar dari para ahli kejiwaan?

Psikiater dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) dr Gitayanti, SpKJ, mengatakan bisa jadi itu adalah delusi, sebuah tanda dari gangguan kejiwaan. Dijelaskan bahwa delusi ini biasanya terjadi ketika proses berpikir dan keseimbangan kimiawi di dalam otak terganggu.

Ada yang berasa titisan tuhan, atau titisan dewa dan sebagainya. Ada yang memiliki tujuan ada juga yang tidak. Kalau dia wahamnya jadi ratu ubur-ubur harus dibawa berobat ya.

Psikiater lainnya, dr Fransiska Kaligis, SpKJ, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) menambahkan bahwa orang-orang yang berdelusi sebetulnya menyadari perbuatan mereka.

Orang tersebut sadar, namun karena memiliki gangguan maka ia akan meyakini bahwa keyakinan tersebut betul. 

Yang terganggu pada orang tersebut adalah tilikan terhadap keyakinan. Jadi dia menganggap dirinya betul.

Pengamanaan Kelompok Kerajaan Ubur-Ubur
Pada hari Rabu (15/8/2018) di Serang, Banten Kapolres Serang Kota mengamankan 12 orang yang mengaku sebagai Anggota Ubur-Ubur. 

Pemeriksaan dilakukan paska kelompok ini diamankan oleh pihak keamanan untuk menghindari persekusi dan main hakim sendiri dari warga.

Dari 12 orang tersebut, Aisyah dan suaminya Rudi Chairil Anwar termasuk yang diperiksa. 

Dari keterangan mereka, tidak ada satu pun dari anggota kerajaan tersebut yang bisa menjelaskan kenapa kerajaan mereka dinamai ubur-ubur.

Katanya mereka pemberian nama Komunitas Kerajaan Ubur-ubur hanya spontanitas, filosofinya tidak ada yang bisa menyampaikan. Katanya kalau ubur-ubur bersatu bisa menenggelamkan kapal.

Biologi Binatang Ubur-Ubur
Ubur-ubur adalah sejenis binatang laut tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidaria, ubur-ubur yang dimaksud disini adalah hewan dari kelas Schypozoa, sehingga sering disebut ubur-ubur sejati agar tidak dibingungkan dengan hewan lain yang juga disebut ubur-ubur seperti: Ctenophora (ubur-ubur sisir) dan Cubozoa (ubur-ubur kotak). 

Sebagai anggota Cnidaria, mereka memiliki dua bentuk tubuh yaitu polip yang menempel di dasar laut dan medusa yang dapat berenang bebas dan berbentuk cangkir terbalik.

Umumnya mereka berukuran 2 sampai 40 cm, tapi ubur-ubur yang lebih besar bisa mencapai 1-2 meter, misalnya spesies terbesarnya Cyanea capillata atau lebih dikenal dengan Surai singa. 

Schypozoa dapat ditemukan di lautan di seluruh dunia, dari permukaan sampai laut dalam. Schypozoa tidak ditemukan di air tawar. 

Schypozoa memakan beragam makanan seperti Krustasea atau Ikan yang mereka buru menggunakan organel nematosista yang terdapat di tentakelnya. 

Nematosista sendiri adalah ciri khas filum Cnidaria, berupa sel berbentuk jarum yang berfungsi menusuk dan mengirim racun ke mangsanya.

Ubur-ubur yang berbentuk seperti jeli ini telah ada di Bumi selama lebih dari 500 juta tahun dan ada di setiap samudera.

Manfaat Binatang Ubur-Ubur
Meski terkenal suka menyengat manusia dan bisa menjatuhkan korban, ternyata hewan yang sering kali dijadikan hidangan di Jepang serta China ini punya banyak kegunaan. 

Adanya mereka pun punya kegunaan tingkat tinggi untuk kita manfaatkan.

Sikap MUI Terhadap Kelompok Ubur-Ubur
Hal yang tidak lazim dilakukan oleh Aisyah dan kelompoknya dalam penyebaran menyebarkan ajaran yang dinilai oleh MUI sebagai hal yang menyimpang dari ajaran Islam.

MUI Kota Serang sebelumnya menilai praktik paranormal Kerajaan Ubur-ubur bukan bagian dari ajaran Islam. 

MUI turun langsung untuk mengecek kebenaran tentang ajaran yang dilakukan oleh Aisyah dan suaminya bernama Rudi Chairil Anwar itu.

Setelah melakukan pertemuan dengan pemilik Kerajaan Ubur-ubur, MUI menilai apa yang diajarkan Aisyah dan suaminya dinilai bukan Islam. 

Tapi ada beberapa ajaran yang dilakukan oleh pasangan tersebut yang menyinggung ajaran Islam dan membuat resah warga.

Apakah ada tindakan orang-orang ini dalam hal penistaan atau pelecehan terhadap agama-agama tertentu?

Oleh sebab itu, kepolisian harus mempertimbangkan apakah tindakan para kelompok ini termasuk pada penistaan dan pelecehan golongan tertentu sebagaimana dimaksud dalam pasal 156 KUHP.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT