Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Cara Membersihkan Nikotin Dalam Tubuh
Nikotin bisa menyebabkan kecanduan fisik yang dapat bertahan selama bertahun-tahun, membuat usaha berhenti merococ menjadi sesuatu yang amat sulit dilakukan.

Nikotina adalah senyawa kimia organik kelompok alkaloid yang dihasilkan secara alami pada berbagai macam tumbuhan, terutama suku terung-terungan (Solanaceae) seperti 7embacau dan tomat. Nikotina berkadar 0,3 sampai 5,0% dari berat kering 7embacau berasal dari hasil biosintesis diakar dan terakumulasi di daun.

Nikotina merupakan racun saraf yang potensial dan digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis insektisida. Pada konsentrasi rendah, zat ini dapat menimbulkan kecanduan, khususnya pada rococ. Nikotina memiliki daya karsinogenik terbatas yang menjadi penghambat kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker, akan tetapi nikotina tidak menyebabkan perkembangan sel-sel sehat menjadi sel-sel kanker.

Setiap menghisap rococ, nikotin akan masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya diserap ke dalam aliran darah. Hanya dalam waktu 8 detik, nikotin ini akan sampai ke otak dan merubah kerja otak. Proses ini berlangsung cepat karena nikotin bentuknya mirip dengan acetylcholine yang normal terdapat di dalam otak.

Nikotin selanjutnya akan meningkatkan denyut jantung dan frekuensi pernafasan. Nikotin juga akan meningkatkan kadar gula darah. Hal ini menyebabkan seorang perokok akan merasa lebih segar setelah merococ.

Nikotin yang terdapat di dalam sel saraf otak juga akan merangsang pengeluaran dopamin. Zat ini merupakan zat yang dapat meningkatkan rasa puas, nyaman dan kesenangan. Pada orang normal, efek dopamin biasanya dicetuskan oleh makanan, rasa nyaman dan kasih sayang dengan orang yang dicintai. Itulah sebabnya mengapa perococ merasakan kenikmatan pada saat menghisap rococ.

Dalam 40 menit, setengah dari efek dopamin akan menghilang. Nah, di saat seperti inilah timbul keinginan untuk menghisap satu batang rococ lagi. Hal inilah mengapa seorang perococ akan terus merococ tanpa putus untuk mendapatkan konsentrasi dopamin yang mereka inginkan di dalam otak.

Nikotin akan menyebabkan ketergantungan yang mirip dengan ketergantungan akan obat-obatan narkotika karena nikotin mampu merubah beberapa fungsi otak seperti yang dijelaskan diatas.

Selain nikotin, satu batang rokok mengandung setidaknya 4.000 zat kimia yang berbahaya. Diantara zat-zat tersebut yang paling berbahaya adalah tar dan karbon monoksida. Tar dapat menyebabkan kanker paru, empisema dan penyakit saluran nafas lainnya. Karbon monoksida dapat menyebabkan masalah pada jantung.

Perococ juga akan merasakan gangguan pada penciuman dan pengecapan. Menurunkan stamina berolah raga, penuaan dini, dan perubahan warna gigi.

Salah satu cara untuk menghentikan kecanduan rococ adalah dengan membersihkan nikotin yang ada dalam tubuh.

Berikut akan dibahas cara menghilangkan nikotin dari dalam tubuh. 
CARA MENGHILANGKAN NIKOTIN DARI DALAM TUBUH
Minum Banyak Air
  1. Agar tetap sehat, setiap orang harus minum setidaknya 1,8 – 2,0 liter air per hari. 
  2. Namun, nikotin dapat dibersihkan dari tubuh lebih cepat jika Anda minum setidaknya 2,3 liter air selama beberapa hari. 
  3. Perlu juga menjadi perhatian, hati-hati jika mengonsumsi air dalam jumlah berlebihan dapat membuat gangguan keseimbangan mineral dalam tubuh yang justru menimbulkan penyakit lain.
Olahraga Rutin
  1. Selain banyak minum air, berolahraga adalah cara yang bagus untuk membersihkan tubuh dari kotoran melalui keringat, termasuk nikotin.
  2. Jalan, joging, atau olahraga lain (seperti tenis) baik untuk membersihkan nikotin dari tubuh. 
  3. Olahraga setidaknya perlu dilakukan 30 menit setiap sesi dengan frekuensi hingga 5 kali per minggu. 
  4. Jangan berlebihan melakukan olahraga karena justru bisa berakibat buruk bagi paru-paru dan jantung.
Makan Buah Dan Kurangi Fast Food 
  1. Tingkat keasaman dan vitamin dalam buah-buahan seperti jeruk dan apel dapat bekerja untuk membersihkan tubuh dari nikotin. 
  2. Selain itu, kurangi makanan cepat saji dan makanan berat untuk setidaknya beberapa hari. Makanan berat bisa diganti dengan biskuit, buah, sayuran, dan makanan rendah kalori.
Hindari Hal Yang Manis
  1. Hindari alkohol, gula, dan kopi setidaknya untuk beberapa hari selama periode upaya pembersihan nikotin. 
  2. Alkohol bisa memperlambat nikotin keluar dari tubuh dan memicu keinginan untuk merococ kembali.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT