Misteri The Codex Gigas, Kitab Iblis Lucifer

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang: 
Misteri The Codex Gigas, Kitab Iblis Lucifer
Misteri Codex Gigas (Giant Book) sebagai manuskrip kuno peninggalan abad pertengahan terbesar ini bukanlah isapan jempol, atau hoax. Karena sampai kini Codex Gigas yang dijuluki Kitab Iblis Lucifer masih dapat kita jumpai di Perpustakaan Nasional Swedia, Stockholm.

Ukurannya sangat besar dengan berat 75 kg, terdiri 320 lembar naskah yang terbuat dari 160 kulit sapi dan membutuhkan dua orang pria dewasa untuk mengangkatnya.

Menurut catatan sejarah di abad ke 13, pada masa itu ada seorang biarawan asal ordo benediktus di Podlazice, Bohemia yang kini kita kenal sekarang sebagai Republik Ceko. Biarawan tersebut diketahui melanggar aturan keras Biara, sehingga ia dikurung ditengah-tengah dinding tembok dalam keadaan berdiri seumur hidup.

Karena ia tahu tidak akan sanggup untuk menjalani hukuman kejam ini, biarawan tersebut berjanji untuk membuatkan sebuah buku yang berisi tentang nilai-nilai kebaikan, pengetahuan umat manusia yang bisa memuliakan nama biara di mata jemaat untuk selamanya. Ia pun berjanji akan menyelesaikan buku itu hanya dalam waktu semalam saja.

Merasa salah bicara, ia pun menyadari sangat mustahil untuk bisa menyelesaikan hanya dalam semalam saja. Namun karena tak mau mendapat hukuman, akhirnya biarawan tersebut meminta pertolongan kepada Lucifer, si Raja Iblis yang terbuang dari Surga.

Kemudian ia melakukan perjanjian, jika Lucifer bisa menyelesaikan, ia akan menyerahkan jiwanya saat ia nanti meninggal dunia. Buku itu pun akhirnya dapat diselesaikan, dan si biarawan tidak jadi dihukum.Di kemudian hari, ia pun akhirnya melarikan diri dari biara.
Namun betapa terkejutnya pimpinan biara saat buku kitab itu diperiksa, ternyata berisi pengetahuan tentang legenda penciptaan setan, ritual pemujaan dan asal muasal mereka diusir dari Kerajaan Surga.

Beberapa lembar halaman di kitab tersebut juga berisi gambar Lucifer yang disertai ucapan terima kasih untuk si raja iblis atas pertolongannya. Sahabat Bitter, Meskipun Codex Gigas menjadi salah satu peninggalan misteri dunia paling menyeramkan, namun kitab iblis Lucifer tersebut sampai sekarang tidak dilarang dan boleh dipelajari oleh kita untuk sekedar menambah ilmu pengetahuan.
☆☆☆☆☆

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT