Kisah Nyata Toriq Pegunungan Argopuro (Pelajar Hilang di Bukit Piramid Dipercaya Dibawa Makhluk Halus)

Gunung Argapura (sering dieja Gunung Argopuro) adalah sebuah gunung berapi kompleks yang terdapat di Jawa Timur, Indonesia. Gunung Argapura mempunyai ketinggian setinggi 3.088 meter. Gunung Argapura merupakan bekas gunung berapi yang kini sudah tidak aktif lagi.

Kompleks Yang-Argapura
Gunung ini berada kawasan Suaka Margasatwa Pegunungan Yang, sehingga kompleks ini sering disebut Yang-Argapura

Kompleks Yang-Argapura merupakan kompleks gunung berapi raksasa yang mendominasi bentang alam antara Gunung Raung dan Gunung Lemongan di Jawa Timur, Indonesia. 

Di kompleks ini terdapat untaian lembah sedalam 1.000 m. 

Pendakian Gunung Argapura memang terbilang memberikan tantangan tersendiri, pasalnya meskipun hanya memiliki ketinggian sekitar 3.088 mdpl, namun jalur pendakiannya cukup panjang. 


Tak heran jika disebut trek pendakian terpanjang di Pulau Jawa yaitu sekitar 63 Km.

Puncak Yang-Argapura
Gunung Argapura merupakan puncak tertinggi dari Pegunungan Iyang serta berada pada posisi di antara Gunung Semeru dan Gunung Raung. 

Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini. Puncak yang terkenal bernama Puncak Rengganis/ Welirang (topografichen Dienst 1928). 

Sedangkan puncak tertingginya berada pada jarak ± 200 m di arah selatan puncak Rengganis. 

Puncak tertinggi ini bernama Argopuro dan ditandai dengan sebuah tugu ketinggian (triangulasi).

Kawasan Yang-Argapura
Gunung Argopuro mempunyai kawasan:
  1. Hutan Dipterokarp Bukit, 
  2. Hutan Dipterokarp Atas, 
  3. Hutan Montane, dan 
  4. Hutan Ericaceous (hutan gunung).
Wilayah Yang-Argapura
Gunung ini berada dalam wilayah 
  1. Kabupaten Probolinggo, 
  2. Kabupaten Lumajang, 
  3. Kabupaten Jember, 
  4. Kabupaten Bondowoso, dan 
  5. Kabupaten Situbondo.
dengan puncak Rengganis ada di wilayah Kabupaten Jember. 

Di kawasan Puncak Rengganis konon menuqqrut cerita masyarakat sekitar bermukim Dewi Rengganis, adik dari Nyi Roro Kidul.

Kisah Hilangnya Toriq
Sebelumnya diberitakan, seorang pelajar di Bondowoso hilang saat melakukan pendakian di Pegunungan Argopuro sisi timur. Empat pelajar yakni Syafril, Pungky, Toriq dan Riski melakukan pendakian ke Bukit Piramid yang ada di Desa Ardisaeng, Pakem.

Namun saat turun terjadi kabut tebal. Tiga orang berhasil turun. Sementara satu orang bernama Toriq tidak tampak bersama mereka.

Seorang pelajar di Bondowoso dikabarkan hilang saat melakukan pendakian di Pegunungan Argopuro sisi timur. Hingga pagi ini pencarian keberadaannya masih dilakukan. 

Data yang dihimpun menyebut, kejadian berawal saat 4 pelajar, yakni Safril, Pungky, Toriq, dan Riski, bermaksud akan melakukan pendakian ke Bukit Piramid yang ada di Desa Ardisaeng, Pakem, Minggu (23/6/2019).

Namun, saat turun terjadi kabut tebal. Tiga orang berhasil turun ke bawah. Sementara satu orang bernama Toriq tidak tampak bersama mereka.

Kapolsek Curahdami, AKP Budi Handoko membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya masih akan melakukan pengecekan di lapangan terkait kepastian lokasi hilangnya pelajar tersebut.
Keluarganya memang melapor ke kami bahwa Toriq itu belum pulang. Tapi bukit piramid itu kan ada di Pakem. Makanya, kami akan koordinasi dulu dengan Polsek Pakem.
terangnya.

Informasi lain didapat, setelah beredarnya kabar ada siswa hilang tersebut, upaya pencarian kemudian dilakukan BPBD Bondowoso bersama masyarakat setempat sejak sore hingga malam harinya.

Mereka melakukan penyisiran ke tempat-tempat yang dicurigai hilangnya pelajar tersebut dengan menggunakan peralatan seadanya dan bergantian naik ke atas bukit.

Proses pencarian pelajar yang hilang di Bukit Piramid hingga hari ke-9 belum membuahkan hasil. Bahkan beredar video di Youtube, jika Toriq Risky Maulidan (16) disembunyikan makhluk halus di bukit tersebut.

Sebuah akun youtube bernama Wong Ndeso mengunggah video tentang fenomena tersebut. Video itu sudah ditonton lebih 20 ribu kali. Video itu seperti menggambarkan ritual pemanggilan makhluk gaib yang disebut penunggu hutan di bukit tersebut.

Simak Video berikut ini:
Melalui mediasi salah seorang relawan, dalam pengakuannya Toriq dibawa oleh makhluk gaib ke atas bukit. 
Tolong tunjukkan di mana keberadaan Toriq, kita tidak ada niat yang lain-lain ke sini hanya untuk mencari Toriq.
terang salah seorang tokoh supranatural dalam percakapannya di video.

Sontak, sang mediator mengaung seperti suara harimau mencoba untuk melawan para supra natural itu. Namun, amukan si mediator bisa dikendalikan. Si mediator mengatakan kalau Toriq berada di atas, di antara kayu-kayu.

Ya...ya Toriq ada di atas, di sana di kayu-kayu itu.
terang mediator itu sambil menunjuk arah. Mediator tersebut juga tampak seperti orang kesurupan.

Sementara kerja keras tim gabungan dari BPBD, Polres, TNI dan relawan dari komunitas Suara Rakyat Bondowoso (SRB) terus ditambah. Pencarian terus meluas hingga sampai ke puncak gunung dan tebing.

Sesuai SOP SAR, operasi memang dihentikan. Selanjutnya dilakukan pemantauan dan monitoring.
kata Komandan Tim SAR Basarnas Pos Jember, Jefri kepada wartawan, Selasa (2/7/2019).

Meski begitu, kata Jefri, Tim SAR bisa saja akan turun lagi jika memang ada tanda-tanda keberadaan korban. Basarnas siap akan membuka kembali operasi SAR.

Toriq hilang setelah sebelumnya melewati kabut tebal.

Salah seorang teman korban, Pungky bercerita, mereka berempat sempat terhadang kabut tebal saat turun pada Minggu (23/6) sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka turun setelah mengurungkan niat berburu sunset.

Semula kami berencana berburu sunset. Tapi karena kabut tebal, kami langsung turun.
kata Pungky saat dimintai keterangan di Posko SAR, Senin (24/6/2019).

Ia turun bersama Riski dan Toriq. Sementara teman satuya, Syafril tidak ikut melanjutkan pendakian karena tidak kuat.

Kami bertiga, saya, Toriq, dan Riski. Syafril menunggu di bawah. Pas kami turun itu kabutnya memang sangat tebal.
tambah Pungky.

Dalam perjalanan turun, Pungky dan Riski mengikuti Toriq yang ada di depan. Saat berada pada sisi yang medannya curam, keduanya sempat bertanya pada Toriq tentang arah jalan.

Saya sempat tanya, jalannya lewat mana. Dia jawab, agar ngikuti jalur kiri. Di situ kami bertiga sempat jatuh terpeleset, tapi berhasil pegangan rumput.
terang Pungky yang baru lulus SMP.

Karena Riski tertinggal di belakang, imbuhnya, ia memperlambat langkah dengan maksud menunggu Riski. Sedangkan Toriq melanjutkan perjalanan.

Begitu sampai di bawah, mereka bertanya pada Syafril tentang keberadaan Toriq. Namun Syafril bilang bahwa Toriq belum turun.

Mereka lalu memutuskan menunggu sembari berteriak-teriak memanggil nama Toriq. Karena hingga pukul 17.30 WIB Toriq tak juga muncul, mereka akhirnya mengabarkan kejadian itu pada keluarganya.
Photo: Thoriq Riski Maulidan siswa SMP IV Bondowoso, Jawa Timur yang dinyatakan hilang di Pengunungan Argopuro masih terus dicari.
☆☆☆☆☆
Alcuni giovani percepiscono il luogo dove vivono come una prigione. Decidono quindi di scoprire cosa c'è al di là dell'oceano e acquistano una barca con l'intento di fuggire. 
Alla vigilia della partenza, all'insaputa di tutti, un uomo si presenta sul molo e riesce a farsi ingaggiare come marinaio in cambio di un passaggio.
"Last cut. Ultimo taglio" è un film thriller del regista Marcello Avallone con John Savage, Sabrina La Leggia, Tomas Arana, Xavier Burbano, Erich Wildpret, Veronika Logan, Alejo Felipee e Verónica Román.

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT