Coretan Biografi Hj. Kristiani Herrawati, S.IP.

Hj. Kristiani Herrawati, S.IP. (lahir di Yogyakarta, Indonesia, 6 Juli 1952 – meninggal di Singapura, 1 Juni 2019 pada umur 66 tahun), atau lebih dikenal dengan nama Ani Yudhoyono, adalah Ibu Negara Republik Indonesia sejak 20 Oktober 2004hingga 20 Oktober 2014. Ia adalah istri dari Presiden Indonesia keenam, Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono.
Foto resmi kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono.

Lahir pada 6 Juli 1952, anak ketiga dari tujuh bersaudara pasangan Letnan Jenderal (Purn) Sarwo Edhie Wibowo dan Hj. Sunarti Sri Hadiyah. Menikah dengan SBY pada tanggal 30 Juli 1976, ketika SBY baru saja dilantik menjadi Perwira TNI dan menjadi lulusan terbaik.

Ia sempat kuliah Jurusan Kedokteran di Universitas Kristen Indonesia, tetapi pada tahun ketiga meninggalkan bangku kuliah karena pindah untuk mengikuti Ayahnya yang ditunjuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan. Setelah pulang ke Indonesia, ia menikah dengan SBY. Ani melanjutkan kuliahnya di Universitas Terbuka dan lulus dengan gelar Sarjana Ilmu Politik pada tahun 1998.

Pernah memegang jabatan Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat,ia juga aktif dalam kegiatan sosial di Persit Kartika Chandra Kirana (Persatuan Istri Tentara), Dharma Pertiwi, dan Dharma Wanita selama SBY menjabat sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada era Pemerintahan Abdurrahman Wahid dan Menteri Koordinator Politik dan Keamanan era Pemerintahan Megawati Soekarnoputri.

Ani Yudhoyono meninggal dunia pada 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura akibat kanker darah yang ia alami sejak 2 Februari 2019.
☆☆☆☆☆
SBY Menangis Terharu Saat Salami Penyambut Jenazah Ani Yudhoyono di Halim
Jenazah Istri Presiden Ke-6 RI, Ani Yudhoyono tiba di KBRI Singapura pada Sabtu, 1 Juni 2019 sore. Jenazah langsung dibawa ke Masjid Isiqamah dan langsung disalatkan. Saat tiba di KBRI Singapura, Jenazah Ani Yudhoyono ditandu oleh SBY dan kedua putranya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono.

Jenazah Ani Yudhoyono tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menggunakan pesawat Hercules. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menangis haru saat menyalami para pejabat yang menyambut kedatangan jenazah istrinya.

Pesawat yang membawa jenazah Ani Yudhoyono tiba di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/6/2019) sekitar pukul 22.08 WIB. SBY dan kedua putranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas turun dari pesawat.

Di lokasi tampak menyambut para pejabat dan tokoh negara. Tampak ikut menyambut yakni Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, mantan Wapres Boediono, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menko Polhukam Wiranto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Di lokasi terlihat pula Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj, dan eks Kapolri Jenderal (Purn) Sutarman. Mereka menyalami Susilo Bambang Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhies Baskoro Yudhoyono yang turun dari pesawat.

SBY yang mengenakan kemeja lengan panjang warna putih dan peci warna hitam tampak terharu saat menyalami dan mendapat ucapan dukacita. Air matanya tampak menetes. 
Jenazah Ani akan disambut secara militer di lokasi oleh tiga matra TNI yakni TNI AD, AU dan AL. Setelah itu jenazah akan diberangkatkan ke rumah duka di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. 

Ani Yudhoyono meninggal dunia hari ini di National University Hospital Singapura pukul 11.50 waktu setempat akibat kanker darah. Ani akan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Minggu (2/6) besok dengan prosesi pemakaman secara militer. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi inspektur upacara pemakaman.
E-FLASH

Haru! Isi Surat Ani Yudhoyono untuk SBY

Mendiang Ani Yudhoyono punya sepenggal surat kenangan romantis dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Membuat haru, Ibu Ani minta maaf kepada SBY soal penyakit yang dideritanya.

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT