Jenis Jimat Yang Dibawa Peserta Tes CPNS 2018 Di Madiun

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Jenis Jimat Yang Dibawa Peserta Tes CPNS 2018 Di Madiun
Sesuai dengan jadwal yang dientukan, tes SKD CPNS 2018 di Asrama Haji Kota Madiun diikuti oleh enam kota/ kabupaten wilayah eks-Keresidenan Madiun, yakni peserta dari Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, dan Pacitan.

SKD tersebut digelar secara bertahap dari tiap-tiap daerah yang berlangsung sejak tanggal 26 Oktober hingga 17 November 2018.

Ada yang tak lazim saat tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 di Madiun, Jawa Timur. 
Sejumlah peserta kedapatan membawa jimat saat mengikuti ujian yang digelar di Asrama Haji, Senin (5/11). 

Barang berupa jimat itu ditemukan petugas saat melakukan penggeledahan. Jimat itu kemudian diamankan panitia sebelum para peserta masuk ke ruangan tes.

Ada belasan jimat yang ditemukan. 
Di antaranya berupa kayu, kertas bertuliskan rajah yang dilipat, kain putih, plastik berisi kunir dan kedelai, hingga rambut. 

Benda tersebut disimpan para peserta di kerah baju, sepatu, saku, dan ada juga yang diselipkan di baju.

Dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan dipercaya dapat menjauhkan diri dari segala kesialan, maka beberapa orang menjadikan suatu benda sebagai jimat. 

Dengan jimat tersebut, mereka berharap segala hal yang dilakukannya akan berhasil, seperti yang dilakukan oleh beberapa peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Madiun ini.

Beberapa peserta tes CPNS kedapatan membawa jimat oleh tim panitia seleksi saat hendak melakukan ujian Computer Assisted Test (CAT). 

Walaupun ketahuan membawa jimat, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan, mengatakan:
Bahwa pihaknya tidak akan mengeluarkan peserta yang membawa jimat asalkan tidak mengganggu peserta lainnya.

Pihak BKN hanya akan mengeluarkan atau bahkan bisa mempidanakan peserta yang membawa alat komunikasi atau sejenisnya yang bisa menguntungkan peserta. 

Berikut adalah 5 jenis jimat yang ketahuan dibawa oleh para peserta tes CPNS di Madiun.

1. Kayu
Untuk mendapatkan jimat kayu, tenyata tidak sesulit yang dibayangka, terdapat banyak kios yang menjual barang-barang antik untuk jimat maupun ritual. 
Menurut pengakuan salah satu penjual, mereka yang membeli barang dagangannya adalah paranormal, dan kegunaan dari barang-barang tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari pengusir bala hingga kelulusan ujian, tergantung dari penggunanya.

2. Besi tua

Jimat yang tergolong keras dari segi fisiknya ini juga berhasil ditemukan oleh para petugas yang melakukan penggeledahan, dan akhirnya disita selama tes berlangsung. 
Jimat-jimat tersebut disembunyikan oleh peserta di kerah baju, celana dalam, bahkan tali bra.

3. Kain Putih
Jimat lainnya berupa kain putih panjang yang digunakan untuk membungkus sesuatu. 
Seperti pada tes CPNS tahun lalu, jimat kain tersebut digunakan untuk membungkus botol kecil berwarna merah.

4. Bawang
Jimat yang saat itu berhasil ditemukan oleh tim panitia tes CPNS adalah bawang putih. 
Benda ini ditemukan dalam keadaan tertusuk oleh jarum peniti. 
Panitia berhasil menyita belasan jimat lainnya yang berupa bahan makanan lain, misalnya plastik berisi kacang kedelai, irisan kuning, hingga kacang hijau.

5. Kertas
Kalau ini adalah jimat yang paling umum ditemukan. Biasanya, kertas tersebut ada yang berisi doa-doa, maupun ada pula yang berisi simbol-simbol yang memiliki arti tertentu.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT