Kunci Kebahagiaan Hidup Ala Bitter Coffee Park

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Kunci Kebahagiaan Hidup Ala Bitter Coffee Park
Semua manusia ingin hidup bahagia, berbagai cara dilakukan hanya untuk mencapai kebahagiaan, namun bahagia itu tidak akan datang dengan sendirinya melainkan butuh proses dan usaha yang maksimal untuk mendapatkannya, harta bukanlah jaminan bahagia, tetapi bahagia itu datang dari dalam diri kita.

Kebahagiaan atau kegembiraan adalah suatu keadaan pikiran atau perasaan yang ditandai dengan:
  • kecukupan hingga kesenangan, 
  • cinta, 
  • kepuasan, 
  • kenikmatan, atau 
  • kegembiraan yang intens. 

Berbagai pendekatan filsafat, agama, psikologi, dan biologi telah dilakukan untuk mendefinisikan kebahagiaan dan menentukan sumbernya.

Para filsuf dan pemikir agama telah sering mendefinisikan kebahagiaan dalam kaitan dengan kehidupan yang baik dan tidak hanya sekadar sebagai suatu emosi. 

Definisi ini digunakan untuk menerjemahkan eudaimonia (Bahasa Yunani: εὐδαιμονία) dan masih digunakan dalam teori kebaikan.

Meskipun pengukuran langsung derajat kebahagiaan masih menjadi tantangan, beberapa peneliti telah mengembangkan alat untuk melakukan hal itu, misalnya dengan The Oxford Happiness Questionnaire

Para peneliti juga telah mengidentifikasikan beberapa hal yang berhubungan dengan kebahagiaan: 
  • hubungan dan interaksi sosial, 
  • status pernikahan, 
  • pekerjaan, 
  • kesehatan, 
  • kebebasan demokrasi, 
  • optimisme, 
  • keterlibatan religius, 
  • penghasilan, dan
  • kedekatan dengan orang-orang bahagia lain.

Hati yang bersih disertai perilaku yang baik adalah jaminan seseorang itu bahagia.
Berikut kunci untuk mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat ala Bitter Coffee Park:
Hilangkan perasaan benci dalam hati
Rasa benci adalah salah satu penyakit hati, orang akan merasa benci apabila sesuatu yang dilihatnya tidak berkenan dimatanya. Benci dibolehkan dalam agama, tetapi hanya untuk perbuatan yang tidak baik, jika sesuatu atau orang yang berbuat kebajikan, kita tidak boleh membencinya karena kita sendiri yang akan terbawa dalam suasana hati yang tidak tenang.
Jangan suka mengeluh
Dalam hidup ini kita tidak boleh mengeluh dengan apa yang sudah ada pada kita, belajarlah bersyukur karena setiap pemberian yang kita dapatkan adalah nikmat yang Tuhan berikan.
Selalu berprasangka baik
Jangan berprasangka buruk terhadap orang lain, karena kita tidak tahu bagaimana isi hati seseorang, walau pun zahirnya buruk belum tentu dengan hatinya, maka selalu berprasangka baik terhadap teman, sahabat dan orang-orang yang ada di sekeliling kita.
Rendah hati
Sikap rendah hati adalah contoh hidup yang sederhana, janganlah menyombongkan diri, berbangga dengan harta dan jabatan, karena itu semua hanyalah titipan sementara buat kita.
Mudah memaafkan
Saling memaafkan adalah contoh toleransi yang harus dijaga, jangan pernah berdendam sesama saudara, sahabat dan tetangga. Karena dendam bukanlah jalan akhir dari sebuah perselisihan. Dengan saling memaafkan hidup menjadi rukun dan damai.
Hindari permusuhan
Jangan pernah mencari musuh dalam hidup ini karena orang yang mempunyai musuh akan selalu dibayangi dengan perasaan tidak tenang. Carilah kawan sebanyak-banyaknya maka perasaan bahagia akan datang dengan sendirinya.
Perbanyak bersedekah
Harta yang ada pada kita adalah titipan, dalam harta kita ada hak orang lain yang harus kita salurkan, bersedekahlah seikhlas hati kepada yang membutuhkan, karena bahagia mereka adalah kebahagiaan kita juga.
Selalu tersenyum
Hadapi hidup ini dengan senyuman, walaupun banyak cobaan hidup yang kita hadapi kita harus tabah dan sabar karena itu semua adalah takdir yang harus kita jalani, berilah senyuman walaupun pahit. Maka rasa bahagia akan terpancar dari wajah kita.
Tidak dengki dan iri hati
Jangan pernah dengki dan iri hati terhadap sesama manusia, orang yang mempunyai penyakit ini selamanya hidup tidak akan tenang, jika kita ingin seperti mereka berusahalah dengan sungguh-sungguh, mereka bisa kitapun harus bisa.
Itulah beberapa kunci hidup bahagia ala Bitter Coffee Park, semoga bermanfaat terutama bagi Bitter pribadi dan bagi Sahabat Bitter semua, semoga menjadi renungan dan introspeksi diri agar hidup ini bahagia dunia dan akhirat.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT