Keajaiban Mandi Malam

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Keajaiban Mandi Malam
Mandi malam, selama ini dianggap membawa penyakit bagi tubuh kita. Ada yang mengatakan orang yang sering mandi malam akan rentan terkena rematik.

Namun, tidak selamanya mandi malam buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Sahabat Bitter tentu sering mendengarkan nasihat dari orang tua yang melarang kita untuk mandi di malam hari dengan alasan mampu membuat kita terkena masalah rematik. 

Padahal, banyak orang bekerja atau melakukan banyak aktivitas hingga malam hari yang merasa harus mandi karena badannya terasa gerah dan lengket. Beruntung, pakar kesehatan justru menunjukkan jika mandi malam ternyata memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Apa Saja Keajaiban Dari Mandi Malam???
Terkecuali di hari yang sangat dingin, mandi malam akan membuat badan Sahabat Bitter menjadi lebih segar, apalagi jika Sahabat Bitter banyak melakukan aktivitas yang membuat Sahabat Bitter berkeringat dan terkena debu atau banyak kotoran. 

Dengan badan yang segar, kita tentu akan lebih nyaman dan segera tertidur dengan cepat dan nyenyak. 

Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika tidur yang berkualitas akan mendukung kesehatan tubuh menjadi lebih baik.

Jika mandi malam ternyata sangat dianjurkan bagi mereka yang memiliki asma, alergi, hingga masalah ruam-ruam pada kulit. Hal ini dikarenakan mandi malam akan membuat kita terbebas dari berbagai debu, kotoran, hingga polusi yang menempel pada kulit dan rambut Sahabat Bitter. 

Padahal, hal-hal tersebutlah yang bisa memicu kambuhnya alergi dan asma. Beliau menyebutkan jika berbagai polusi, debu, dan kotoran tersebut haruslah dibilas dengan air dan sabun hingga bersih untuk mencegah masalah kesehatan ini muncul.

Tidak hanya debu, kotoran, hingga polusi, dengan mandi malam Sahabat Bitter juga akan membersihkan tubuh dari berbagai bahan kimia layaknya lotion, parfum, atau make-up yang jika dibiarkan, bisa meresap pada kulit dan menimbulkan masalah kesehatan layaknya ruam-ruam dan jerawat pada kulit.

Mandi malam dengan air hangat dengan alasan kita bisa membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Air hangat sendiri dikenal cukup efektif meredakan pikiran yang stres dan penat akibat dari aktivitas sehari-hari. 

Hal ini tentu akan membuat Sahabat Bitter bisa tidur dengan lebih cepat dan lebih nyenyak.

Mandi di malam hari membuat badan menjadi segar kembali dan karena aktivitas yang dilakukan seharian penuh dapat membuat tubuh lemas dan penat akan lebih membuat tubuh segar karena air di malam hari lebih dingin dibandingkan dengan air di pagi hari.

Jika Sahabat Bitter mengalami dahar tinggi. Selain dengan obat herbal darah tinggi, Sahabat Bitter juga dapat mengatasinya dengan mandi malam hari. Mandi pada saat malam hari juga baik untuk dapat mencegah naiknya tekanan darah tinggi, akan tetapi juga tetap tidak dianjurkan apabila dilakukan setiap hari.

Apabila Sahabat Bitter mengalami insomnia atau susah tidur, akan lebih baik untuk mencoba mandi dengan air hangat sebelum tidur, karena dapat menjadikan tidur lelap.

Meskipun mandi malam dapat menyegarkan tubuh, namun banyak orang yang beranggapan bahwa mandi malam dapat membahayakan kesehatan.

Berikut adalah sedikit penjelasan MITOS bahaya mandi pada malam hari:
MENYEBABKAN PENUAAN  DINI
Mitos
Banyak yang mengatakan bahwa Mandi Malam dapt menyebabkan Penuaan Dini, itu dikarenakan air dingin di malam hari dapat mengganggu metabolisme tubuh, dan hal ini akan dapat memberikan pengaruh yang nyata terhadap kulit dan menyebabkan kulit menjadi keriput.
Fakta
Tidak ada sumber secara ilmiah yang mengatakan bahwa mandi malam mempercepat penuaan. Justru dengan mandi malam dapat membuat awet muda dikarena pada saat mandi, sel-sel kulit mati akan lebih cepat diganti dengan sel baru. Dengan demikian tubuh akan terlihat lebih fress dan segar. Kulit yang kendor pun akan lebih kencang.

MENYEBABKAN PARU-PARU BASAH
Mitos
Banyak yang beranggapan bahwa mandi malam hari menyebabkan penyakit paru–paru basah, namun hal ini memang benar adanya, dengan suhu yang dingin dan juga air yang dingin adalah penyebabnya. Biasanya penderita akan mengalami susah bernafas, batuk berdahak, dan juga menggigil.
Fakta
Pori-pori tidak akan menyerap air dan mengirimnya ke paru-paru dimana dapat membuat air masuk kedalam paru-paru.

MENYEBABKAN ASAM URAT
Mitos
Mandi air dingin di malam hari memang memberi efek segar bagi tubuh. Namun apabila dilakukan terlalu sering akan menyebabkan asam urat, karena air dingin tersebut bisa membuat nyeri pada sendi. 
Fakta
Padahal, air dingin justru dapat mengurangi rasa nyeri itu sendiri

MENYEBABKAN DEMAM
Mitos
Pada saat malam hari panas dalam tubuh mengalami peningkatan, hal ini tentu juga membuat pori-pori pada tubuh terbuka. Apabila mandi menggunakan air dingin maka akan berbahaya bagi tubuh.

Pori-pori yang terbuka dapat menyerap air dingin. Tubuh akan mengalami kondisi di mana tubuh panas-dingin akibat panas tubuh yang meningkat dan bercampur dengan suhu pada tubuh yang rendah yang disebabkan oleh air dingin yang di pakai pada saat mandi.
Fakta
Pendapat tersebut jelas salah, karena dengan mandi malam dapat menurunkan Suhu Tubuh secara alami.

MENYEBABKAN NYERI PADA OTOT
Mitos
Mandi malam hari membuat kebanyakan orang mengalami nyeri otot. Hal ini terjadi karena pori-pori dalam tubuh terbuka dan air dingin pada malam hari masuk melalui pori –pori.
Fakta
Justru air dingin dapat mengurangi resiko cidera pada otot-otot dikarenakan aktivitas yang dimana secara tidak langsung dapat memulihkan cidera otot dengan cepat.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT