Big Match Beradu Gengsi! Persebaya Surabay vs Mitra Kukar - 22 September 2018

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Big Match Beradu Gengsi! Persebaya Surabay vs Mitra Kukar - 22 September 2018

Sebagai tuan rumah, Persebaya menargetkan poin penuh agar tidak bisa keluar dari papan bawah. Saat ini tim Bajul Ijo menghuni peringkat ke-14 klasemen sementara. Raihan tiga poin alias kemenangan bakal mengerek posisi mereka.

Ambisi untuk bangkit disuarakan pelatih Persebaya, Djadjang Nurdjaman. Djanur, sapaan sang pelatih, ingin memperbaiki rekor kandang setelah kalah 0-2 dari PS Tira pada pekan ke-21 (11/9/2018).
"Jujur penampilan Persebaya sebelumnya di kandang jauh dari harapan. Mengingat situasi seperti ini, kami harus meraih tiga poin melawan Mitra kukar agar bisa bersaing di papan tengah dan mungkin papan atas," kata pelatih yang akrab disapa Djanur.

Misi balas dendam juga tertuang dalam pertemuan ini. Sebelumnya, Mitra Kukar pernah menggasak Persebaya dengan skor 3-1 pada putaran pertama (29/9/2018).

Namun, bukan hal yang mudah buat Bajul Ijo meladeni Mitra Kukar. Klub berjulukan Naga Mekes itu punya pemain depan berkualitas pada diri Fernando Rodriguez, yang merupakan top scorer sementara Liga 1 dengan 15 gol.

Di sisi lain, Persebaya justru tengah terpuruk setelah gagal menang dalam tiga pertandingan terakhir Liga 1. Paling gres, mereka hampir menang melawan Sriwijaya FC di Palembang (16/9/2018), namun malah berakhir 3-3.

"Penampilan di Palembang merupakan indikasi kami bisa bermain baik lagi. Jadi, untuk ke depan, coba untuk fokus lagi dan konsentrasi. Melawan Mitra Kukar, mereka memiliki materi pemain bagus mumpuni pada top scorer Rodriguez," ucap Djanur.

"Kalau kami ingin meraih tiga poin, pemain harus kerja keras dan memiliki tekad yang luar biasa. Kami sudah siap, pemain yang sebelumnya cedera sudah siap juga, seperti Fandry Imbiri," imbuh mantan pelatih Persib Bandung dan PSMS Medan itu.

Susunan Pemain:
Persebaya:
Miswar Saputra; Abu Rizal Maulana, Fandry Imbiri, Onorionde Kughebe John, Ruben Sanadi, Misbakus Solikin, Rendi Irwan, Muhammad Hidayat, Osvaldo Haay, David da Silva, Irfan Jaya.
Pelatih: 
Djadjang Nurdjaman

Mitra Kukar: 
Yoo Jae-hoon; Andre Agustiar, Mauricio Aparecido Leal, Saepulloh Maulana, Rendy Siregar, Bayu Pradana, Danny Guthrie, Hendra Bayauw, Septian David Maulana, Anindito Wahyu Erminarno, Fernando Rodríguez
Pelatih: 
Rahmad Darmawan

Persebaya Surabaya sementara unggul 3-0 atas Mitra Kukar pada babak pertama lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-23 di Gelora Bung Tomo.

Dua gol dari Persebaya Surabaya sukses dicetak oleh David da Silva di babak pertama.

Saat kick-off laga, Persebaya yang tampil di depan ribuan Bonek langsung melakukan tekanan.

Pada menit kedua, Irfan Jaya mengancam dengan tendangan keras, sayang sepakannya masih melambung.

Memasuki menit keenam, Irfan Jaya kembali mendapatkan peluang, sayang tendangan kerasnya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Mitra Kukar, Yoo Jae-hoon.

Kemudian, Mitra Kukar akhirnya membuat ancaman pada menit ke-16 lewat Septian David Maulana, tetapi bisa ditepis oleh kiper Miswar Saputra.

Persebaya terus menerus melakukan tekanan, Fandry Imbiri melakukan sundulan pada menit ke-26 dan bola masih melambung tipis di atas mistar gawang.

Akhirnya, Persebaya berhasil memecahkan telur pada menit ke-30 lewat David da Silva yang tidak terkawal di area kotak penalti.

Dewi Fortuna kembali berpihak kepada Persebaya setelah pada menit ke-36 sukses mendapatkan hadiah penalti.

David da Silva yang menjadi algojo sukses menyarangkan bola ke sisi kiri gawang Mitra Kukar.

Akhirnya, skor 2-0 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga wasit meniupkan peluit akhir babak pertama.
Di babak kedua, Persebaya tak menurunkan tensi serangan. Hanya butuh tiga menit bagi tim besutan Djajang Nurjaman untuk menambah gol ketiganya. Kali ini, Misbakus Solikin yang menjadi mimpi buruk bagi Yoo Jaehoon setelah sepakannya tak mampu dihentikan kiper asal Korsel tersebut.

Namun pada menit 53, Persebaya dipaksa bermain dengan 10 orang setelah Fandry Imbiri mendapat kartu merah dari wasit. Fandry dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap gelandang Mitra Kukar, Bayu Pradana.

Kondisi itu kemudian dimanfaatkan oleh Mitra Kukar untuk memperkecil ketertinggalan pada menit 55. Menfaatkan bola rebound, Hendra Adi Bayauw melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tak mampu dihalau oleh Miswar Saputra, kedudukan berubah menjadi 3-1.

Namun pada menit 59, David kembali membuat suporter bergemuruh setelah gol ketiganya tak mampu dibendung oleh Yoo Jaehoon. Mendapat umpan dari Miswar Saputra, David melewati dua bek Mitra Kukar sebelum menghujamkan bola tepat di sisi kanan gawang.
Belum puas dengan empat gol, Persebaya tak menurunkan serangan. Pada menit 70, David da Silva memberikan umpan kepada Irfan Jaya yang berdiri bebas di depan gawang Mitra Kukar. Tapi Yoo Jehoon mampu menahannya.

Memasuki menit 81, Mitra Kukar mendapat dua peluang mengejar ketertinggalan melalui Andre Agustiar setelah mendapat umpan cungkil dari Fernando Rodriguez, tapi sentuhannya terlalu deras.

Begitu pun tendangan backheel Septian David belum mengenai sasaran. Laga berakhir dengan kedudukan 4-1.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT