Biografi Raphael Guillermo Eduardo Maitimo

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Biografi Raphael Guillermo Eduardo Maitimo
Raphael Guillermo Eduardo Maitimo, atau yang lebih dikenal dengan Raphael Maitimo (lahir di Rotterdam, Belanda, 17 Maret 1984; umur 34 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Indonesia.

Raphael Maitimo lahir dan besar di negeri Belanda dari orang tua keturunan Minangkabau. Pemain dengan tinggi badan 180 cm dan berat 77 kg itu menempati posisi gelandang dalam timnya.

Pada tahun 2002-2003 dia pernah bermain di klub sepak bola Feyenoord, Rotterdam, Belanda, sebagai pemain yunior dari klub itu. 

Sebagai atlet sepak bola profesional, dia pernah bermain di FC Dordrecht pada tahun 2004–2005, lalu pada tahun 2005–2009 pindah ke SC Feyenoord AV. 

Sepanjang tahun 2009–2010 dia bermain di Beijing Institute of Technology FC, China, sebelum pindah ke klub sepak bola dari Bali, Bali De Vata FC sepanjang tahun 2011–2012.

Raphael Maitimo masuk dalam skuat Indonesia pada Piala Suzuki AFF 2012 di bawah asuhan pelatih Nil Maizar. Sempat terjadi kegusaran karena belum siapnya dokumen naturalisasi dirinya disaat-saat terakhir sebelum pertandingan pertama melawan Laos pada turnamen itu. 

Namun tepat sehari sebelum pertandingan akhirnya semua dokumen yang dinanti itu-pun selesai, sehingga Raphael-pun bisa memperkuat Timnas Indonesia pada laga pertama tersebut dan bahkan dia mencetak 1 gol pada pertandingan itu.
Dia membuat debut internasional untuk tim nasional Indonesia pada 25 November 2012 di Piala AFF 2012 melawan Laos. 

Dia juga mencetak gol internasional dalam debut pertamanya menyamakan kedudukan 1-1, dan pada akhirnya Indonesia meraih hasil imbang 2-2.
Cidera Otot Pasca Pertandingan Persebaya VS PSSI 
Maitimo mengalami cedera ini setelah tampil melawan PSIS Semarang (22/7/2018). 

Pemain bernomor punggung 99 di Persebaya itu mengalami masalah pada beberapa bagian ototnya. 

Cidera pada ototnya itu mengalami kerusakan sehingga butuh waktu lama untuk penyembuhan.

Setelah itu, dia absen dalam empat pertandingan beruntun Bajul Ijo di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak.

Sejak bergabung Persebaya, gelandang berusia 34 tahun itu baru membukukan dua penampilan. Masing-masing menang 2-0 atas PSMS Medan (18/7/2018) dan kalah 0-1 dari PSIS.

Jika satu pekan lagi sembuh, Maitimo bisa diturunkan saat libur kompetisi sudah berakhir. 

Laga terdekat Persebaya adalah saat menjamu PS Tira di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, 11 September 2018.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT