Gebyar HUT RI Ke-73 Di Wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya Bersama H. Budi Leksono, SH.

Hay Sahabat Bitter, kali ini Bitter Coffee Park akan mengajak Kalian Ngobrol ala Obrolan Warung Kopi tentang:
Gebyar HUT RI Ke-73 Di Wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya Bersama H. Budi Leksono, SH.
Tanggal 17 Agustus selalu menjadi momen yang sangat berharga bagi Bangsa Indonesia. 73 tahun lalu tepatnya di tahun 1945,  Indonesia resmi menjadi negara yang merdeka. Anugerah yang paling besar ini patut untuk selalu dikenang dan disyukuri setiap tahunnya.

Menjelang Hari Kemerdekaan seluruh pengurus RW.02 Kel. Jepara Surabaya dan Para Ketua RT yang terlibat didalamnya menyusun agenda rutin yang biasanya dilakukan oleh Warga RW.02 Kel. Jepara Surabaya adalah kerja bakti membersihkan kampung. Kegiatan mengecat pagar, membersihkan selokan, memperbaiki jalan, dan juga  memasang bendera adalah beberapa contoh tradisi 17 Agustus di Indonesia yang tidak lekang oleh waktu. Bahkan tradisi ini dijadikan ajang perlombaan untuk menciptakan kampung yang bersih, sehat, dan indah sehingga semua warga RW.02 Kel. Jepara Surabaya melakukannya dengan semangat kebersamaan.

Dalam memperingati HUT RI Ke-73 ini, Di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya juga mengadakan Kegiatan, seperti:

  1. KERJA BAKTI ANTAR RT DI WILAYAH RW. 02 KEL. JEPARA SURABAYA.
  2. LOMBA KEBESIHAN KAMPUNG ANTAR RT DI WILAYAH RW. 02 KEL. JEPARA SURABAYA.
  3. JALAN SEHAT UNTUK SELURUH WARGA RW.02 KEL. JEPARA SURABAYA.
  4. ACARA PUNCAK PANGGUNG HIBURAN.
Kegiatan tersebut berdasarkan keputusan Panitia 17-an di Wilayah RW. 02 Kel. Jepara Surabaya dengan Nomor Surat dari Ketua RW. 02 02 Kel. Jepara Surabaya dengan:
Nomor: 02/ SK/ RW.II JEPARA/ 2018
Kegiatan tersebut dapat terselenggara atas dukungan H. BUDI LEKSONO, SH selaku anggota DPRD Tk-II yang terus mendorong kegiatan positif dengan mendukung nilai-nilai yang terkandung dalam UUD’45 dan Norma-Norma PANCASILA.

Dimana, wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya dengan aneka perbedaannya tetap menjunjung KE'BINEKA TUNGGAL IKA'AN.
Photo Bapak H. Budi Leksono, SH
☆☆☆☆☆
Fungsi Dan Tujuan Dari Kegiatan tersebut bagi warga RW.02 Kel. Jepara Surabaya menurut H. Budi Leksono, SH adalah:

KERJA BAKTI ANTAR RT.01 s/d RT.19 DI WILAYAH RW. 02 KEL. JEPARA SURABAYA
Hari Minggu pada tanggal 05 Agustus 2018 Pukul 06.30 WIB

Hari minggu pada tanggal 05 Agustus 2018 Pukul 06.30 WIB, di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya dilaksanakan kerja bakti. Kerja bakti berupa membersihkan lingkungan, melancarkan aliran selokan atau got, merapikan tanaman, membetulkan penerangan jalan, atau membangun fasilitas publik tertentu. Tentu saja hal ini sangat positif, lingkungan menjadi bersih, sehat dan terang.

Kerja bakti pada umumnya adalah salah satu wujud kehidupan bertetangga karena ini dilakukan oleh lingkungan tetangga tertentu, misalnya RT atau RW. Banyak kemuliaan diperoleh dari kehidupan bertetangga, termasuk melalui kerja bakti ini.

Di lingkungan perkotaan, kerja bakti bagi sebagian orang mungkin hal biasa. Ini yang membuat mereka tidak tertarik datang, atau berpikir kurang memberi manfaat. Itu sebabnya mereka itu berpikir mungkin ada hal lain yang lebih bermanfaat, misalnya mengisi waktu dengan membaca, olahraga, melihat acara TV, berlibur atau acara keluarga.

Berbeda dengan kerja bakti di lingkungan seperti di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya. Ada motivasi lain untuk mengikuti kerja bakti. Motivasi itu karena murni ingin membantu lingkungan, atau untuk kegotongroyongan dan manfaat sosial.

1. Sisi Positif Kerja Bakti Bagi Warga RW.02 Kel. Jeoara Surabaya
SILATIRAHMI
Mungkin saja antar tetangga tidak tersedia waktu cukup untuk bertemu. Kesibukan kerja membuat silaturahmi tidak berjalan. Dengan kerja bakti, mereka jadi saling bertemu dan mengetahui kabar masing-masing. Mengobrol tentang sekolah anak, pekerjaan, atau tentang rencana atau ide ke depan terkait lingkungan.

Justru mengobrol dan silaturahmi ini sering lebih ramai dan menghibur, sambil memberi semangat untuk bekerja bakti. Sering ada saja yang melontarkan candaan untuk membuat suasana segar. Hal ini menciptakan rasa saling mengenal, kebersamaan dan kegotongroyongan.

KEKOMPAKAN
Di pemukiman seperti di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya, kerja bakti tidak diberi surat undangan. Hanya cukup woro-woro dari masing-masing RT di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya, dan yang berhalangan hadir dapat berpartisipasi menyumbang minuman atau kue.

2. Pemberdayaan Kerja Bakti Bagi Warga RW.02 Kel. Jeoara Surabaya
Kerja bakti adalah salah satu bentuk dari kehidupan bertetangga di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya. Kepedulian seseorang dalam kerja bakti demikian terlihat jelas dalam uraian di atas. Ada kebersamaan, silaturahmi, berbagi, berkontribusi yang berorientasi sosial. Juga yang pasti adalah manfaat kebersihan lingkungan, selain manfaat yang diperoleh secara individual.

Manfaat sosial lainnya adalah untuk meningkatkan kewaspadaan sosial bertetangga. Silaturahmi dalam kerja bakti dapat memonitor seseorang, misalnya sedang keluar kota, berhalangan atau sakit. Dengan demikian warga di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya dapat mengondisikan, memberi bantuan atau pertolongan.

Khususnya di lingkungan kota, dengan kehidupan modern yang makin individual, tidak jarang ada saja rumah tangga yang tidak mau berinteraksi. Dalam banyak hal, tetangga yang tertutup ini memiliki masalah. Melalui silaturahim hasil kerja bakti, dapat mendeteksi hal-hal yang mencurigakan, kemiskinan, tindakan kriminal, atau gangguan sosial lainnya.

Manfaat positif kerja bakti perlu diberdayakan. Kiranya hal ini dapat diagendakan secara terstruktur oleh desa, RW atau RT. Yang lebih penting adalah inisiatif warga, karena mereka paling mengenal kondisi lingkungan dan antisipasi permasalahannya.

Kerja bakti sebelum musim penghujan bertujuan untuk mengantisipasi genangan atau melihat saluran drainase. Kerja bakti setelah musim penghujan untuk mengantisipasi wabah penyakit misalnya DB, atau lainnya.
Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka jangan menyakiti tetangganya.
(HR Bukhari)
Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap sahabatnya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap tetangganya.
(HR Tirmidzi)

Photo Kegiatan Kerja Bakti Di Lingkungan RW.02 Kel. Jepara Surabaya




LOMBA KEBESIHAN KAMPUNG ANTAR RT.01 s/d RT.19 DI WILAYAH RW. 02 KEL. JEPARA SURABAYA
Hari Rabu pada tanggal 15 Agustus 2018 Pukul 16.30 WIB s/d Selesai.

Lingkungan yang merupakan tolak ukur untuk peningkatan taraf hidup di perkotaan.  Berawal dari pola pikir masyarakat Kota Surabaya yang  juga penduduk heterogen dimana masih kurangnya pemahaman akan kepedulian terhadap lingkungan sendiri.

Lomba kebersihan pada Hari Rabu pada tanggal 15 Agustus 2018 Pukul 16.30 WIB s/d Selesai, di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya antar RT di wilayah RW.02 Kel. Jepara Surabaya, adalah sebuah event yang diadakan setiap tahun oleh warga setempat dalam menyambut hari kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan lomba ini dimaksudkan untuk merubah perilaku dan pola pikir serta menumbuhkan kesadaran masyarakat RW.02 Kel. Jepara Surabaya untuk menggalakkan budaya hidup bersih untuk pembangunan wilayah perkotaan di sektor lingkungan hidup.

Lomba yang diadakan mulai tahun 2009 oleh Ketua RW.02 Kel. Jepara Surabaya, ini membawa dampak yang amat sangat baik bagi kehidupan masyarakat, mulai dari segi lingkungan, kehidupan sosial bermasyarakat, tingkat perekonomian hingga munculnya para penggiat/ pahlawan lingkungan.

Pelaksanaan penilaian tim juri telah memunculkan lokasi wilayah dimana dirasa sebagai lokasi yang kondisinya jauh lebih baik dari peserta lain.













JALAN SEHAT UNTUK SELURUH WARGA RW.02 KEL. JEPARA SURABAYA
Hari Minggu pada tanggal 19 Agustus 2018 Pukul 06.00 WIB s/d Selesai.

Dalam memperingati Hut RI, salah satu kegiatannya adalah Jalan Sehat. Perhelatan Jalan Sehat ini diikuti oleh warga RW.02 Kel. Jepara Surabaya,

Jalan Sehat merupakan media berkumpul, olahraga ringan yang menyehatkan serta sangat efektif dalam membangun komunikasi dan kebersamaan.

Kekompakan dan kebersamaan merupakan modal dasar yang sangat penting dalam mencapai visi dan misi warga RW.02 Kel. Jepara Surabaya, yaitu sebagai salah satu wilayah pusat Kota Surabaya.

Untuk menyemangati partisipasi peserta, panitia telah menyiapkan berbagai door prize yang sangat manarik, antara lain, kulkas, sepeda gunung dan lain sebagainya.

ACARA PUNCAK PANGGUNG HIBURAN
Hari Sabtu pada tanggal 25 Agustus 2018 Pukul 19.00 WIB s/d Selesai.

Pentas seni adalah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu atau kelompok dan berisikan empat unsur, yaitu:
  1. Unsur waktu, 
  2. Unsur ruang, 
  3. Unsur tubuh seniman, dan 
  4. Hubungan seniman dengan penonton. 
Begitu sepertinya makna dari kedua kata tersebut jika dipersempit.














Dengan adanya acara puncak ini, sebagai wadah kreativitas waraga RW.02 Kel. Jepara Surabaya.
☆☆☆☆☆

No comments:

Post a Comment

Obrolan yang baik bukan hanya sebuah obrolan yang mengkritik saja, tetapi juga memberi saran dan dimana saran dan kritik tersebut terulas kekurangan dan kelebihan dari saran dan kritik.

BERIKAN OPINI SAHABAT BITTER TENTANG TULISAN TERSEBUT